window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

First Drive Mobil Listrik Toyota C+Pod, Bisa Jadi Rival Kuat Wuling Air ev?

Prasetyo · 10 Jun, 2023 15:01

Toyota C+Pod Indonesia

Toyota C+Pod merupakan mobil listrik dari Jepang yang sebenarnya sudah sejak tahun lalu hadir di Indonesia.

Tapi micro car ini hanya bisa dinikmati masyarakat dengan sistem sewa di Bali dan Medan, Sumatera Utara.

PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak menjual massal kendaraan tanpa bahan bakar minyak (BBM) tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Toyota Rilis C+pod, Mobil Listrik Mungil Seharga Rp230 Jutaan

Toyota C+Pod logo

Sudah diluncurkan di Jepang sejak 25 Desember 2021

Padahal pihak Toyota Motor Corporation (TMC) pada 25 Desember 2021 silam pernah mengumumkan kalau C+Pod akan dipasarkan diseluruh dunia.

Sebenarnya menarik jika memang C+Pod dijual di dealer resmi Toyota dengan sistem Spot Order.

Sehingga masyarakat bisa punya pilihan sebuah mobil listrik mungil untuk kebutuhan mobilitas harian diperkotaan.

Apalagi kalau harganya bisa di bawah Rp300 juta, mengingat di segmen ini cuma ada Wuling Air ev, yang ternyata sukses besar dipasaran.

Baca juga: Wuling Hongguang Mini EV atau Toyota C+ POD yang Paling Cocok Buat di Indonesia?

Dimensi Toyota C+Pod Kecil Tapi Lapang di Dalam

Toyota C+Pod Dimensi

Panjang tubuhnya tak sampai 2,5 meter

Walau cuma buat turis di Bali dan Medan, namun akhirnya bisa mendapat kesempatan mencoba mobil listrik berkapasitas dua penumpang ini.

Lokasi pengujiannya di test track area XEV Center milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang ada di kawasan Karawang, Jawa Barat.

Secara dimensi, C+Pod lebih mungil dibanding Air ev, karena panjang tubuhnya tak sampai 2,5 meter dengan wheelbase juga kurang dari 1,8 meter.

Toyota C+Pod Interior

Layout dasbornya sederhana

Tapi posisi duduk sebagai pengendara atau penumpang cukup nyaman, lantaran cuma berkonfigurasi dua tempat duduk, legroom mobil ini jadi bisa lapang.

Kaca besar di depan juga memberikan area pandangan yang luas, sayangnya jendela samping masih model bukaan manual yang cukup merepotkan kalau harus di turun atau naikkan.

Perbandingan Dimensi
  Toyota C+Pod Wuling Air ev
Panjang 2.490 mm 2.974 mm
Lebar 1.290 mm 1.505 mm
Tinggi 1.550 mm 1.631 mm
Jarak sumbu roda 1.780 mm 2.010 mm
Ukuran roda 155/70/R13 145/70 R12

Baca juga: Duel Microcar Listrik: Toyota C+Pod vs Wuling Air ev, Siapa Lebih Unggul?

Impresi Berkendara

Toyota C+Pod baterai

Baterainya cuma sanggup menempuh jarak 150 km

Untuk memulai berkendara dengan C+Pod, maka wajib menekan terlebih dulu pedal rem, lantas memencet tombol Start/Stop Engine berwarna biru yang ada di bawah konsol tengah dasbor.

Tidak ada tuas transmisi atau knop putar untuk mengganti posisi gigi, namun peranannya berupa tiga tombol dibagian tengah dasbor yang diwakili huruf "R" untuk mundur, "N" untuk Netral, dan "D" untuk melaju.

Jadi tekan tombol D lantas angkat kaki dari pedal rem, dan injak pedal gas, maka Anda akan melaju bersama Toyota C+Pod.

Toyota C+pod transmisi

Tombol-tombol transmisinya

Mobil ini dibekali motor listrik magnet permanen yang bisa menghasilkan tenaga 9,2 kW atau setara dengan 12,5 PS dengan torsi puncak 56 Nm.

Tidak istimewa memang, namun sudah cukup kalau hanya penggunaan jarak dekat seperti mengantar jemput anak sekolah, pergi ke supermarket, atau sekedar ke kantor yang jarak dari rumah tak terlalu jauh.

Namun perlu diperhatikan, meski posisi duduknya nyaman, tetapi putaran kemudi mobil ini dirasa agak berat, padahal ban yang digunakan hanya berukuran 155/70 R13.

Tetapi bantingan suspensinya cukup empuk, pas lah buat dipakai untuk mobilitas harian.

Toyota C+Pod panel instrument

Meter clusternya sudah full digital dengan indikator daya baterai

Walau demikian, C+Pod memiliki baterai yang sanggup membuat mobil melaju sejauh 150 km dalam sekali cas.

Kalah jauh memang dengan Air ev yang baterainya bisa smapai 300 km sekali cas dari kondisi 100% hingga benar-benar kosong.

Tetapi kalau mobil ini dipakai buat pergi pulang ke kantor yang jaraknya 10 km, dengan kondisi macet, maka mobil bisa dicas setiap 5-6 hari sekali.

Gimana, menarik untuk berharap Toyota C+Pod dipasarkan resmi di Indonesia?

@autofun.indonesia Nyobain mobil listrik termurah, Rp85 juta aja! #reviewmobil #mobillistrik #mobillistrikmurah #mobilbaru ♬ Bad saxophone instrumental music - OSAMU IRIE

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Wuling Air EV Standard Range 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia