window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bekas Kini di Bawah Rp50 Juta, Ini 7 Keunggulan Daihatsu Taruna

Enda · 11 Mei, 2023 08:00

Keunggulan Daihatsu Taruna

Daihatsu Taruna jadi pilihan menarik bagi kalian yang sedang mencari mobil keluarga dengan harga bekas terjangkau. Memiliki tampilan macho ala mobil SUV, untuk harga bekas Daihatsu Taruna kini berada di angka Rp40 jutaan.

Oh iya, Daihatsu Taruna pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1999. Mobil ini diproduksi hingga tahun 2006 sebelum digantikan oleh Terios. Taruna sendiri hadir dalam dua model, sasis panjang dan pendek. Untuk mesinnya memiliki 3 pilihan, yakni; 1.600 cc HD-C karburator, 1.600 cc HD-E injeksi, dan 1.500 cc HE-E Electronic Fuel Injection (EFI) yang meluncur di akhir-akhir masa baktinya.

Sebagai pesaing Toyota Kijang Rangga yang sanggup menampung 7 orang sekaligus, apa sih keunggulan dari Daihatsu Taruna?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Bapaknya Terios, Ini 5 Kekurangan Daihatsu Taruna yang Bikin Gagal Dilirik

1. Suspensi Daihatsu Taruna Terbilang Empuk

Keunggulan Daihatsu Taruna

Bantingan Daihatsu Taruna nyaman

Keunggulan pertama yang dimiliki Daihatsu Taruna ada pada bagian suspensinya. Meski masuk dalam kategori kendaraan SUV, melalui forum beberapa pemilk menuturukan bahwa Taruna memiliki bantingan yang terasa cukup nyaman bila dibandingkan Terios.

Sekedar informasi, jenis suspensi yang digunakan untuk bagian depannya memakai Double Wishbone independen dan Rigid Axle pada roda belakangnya.

2. Fitur Mewah di Zamannya

Keunggulan Daihatsu Taruna

Bicara soal fitur, untuk sebuah mobil keluarga Daihatsu Taruna terbilang mewah pada masanya. Seperti yang bisa dilihat didalamnya mobil ini sudah dilengkapi power steering, power window, electric mirror, sistem audio 1DIN dan AC double blower. Dengan fitur yang dimiliknya tersebut setidaknya dapat memberikan rasa nyaman kepada para penggunanya ketika sedang dalam melakukan perjalanan.

3. Plat Body Tebal

Keunggulan Daihatsu Taruna

Keunggulan berikutnya yang dimiliki Daihatsu Taruna yakni plat body yang digunakan. Tidak seperti mobil sekarang ini, Taruna memiliki plat bodi yang tebal sehingga terkesan begitu kokoh dan tidak mudah penyok.

Baca juga: Perbandingan Daihatsu Taruna vs Toyota Kijang Rangga, MPV Berbaju SUV

4. Tampilan Modern dan Gagah

Keunggulan Daihatsu Taruna

Daihatsu Taruna OXXY

Khusus tipe OXXY, mobil ini memiliki tampilan eksterior yang terlihat modern, gagah dan mewah. Seperti yang bisa dilihan untuk bagian fasadnya mendapat tanduk di bumper serta adanya foglamp.

Selain itu pada sisi sampingnya terdaoat wheel arch yang dibuat seolah menyambung dengan sentuhan warna silver. Tak hanya itu, mobil ini juga mendapatkan foot step serta side moulding di pintu Untuk lingkar rodanya menggunakan velg alloy 16 inci palang lima.

5. Ground Clearance Tinggi Cocok Digunakan Off-road Ringan

Keunggulan Daihatsu Taruna

Daihatsu Taruna digunakan off-road

Kalian yang memiliki budget terbatas namun gemar berpetualang bersama keluarga, menjatuhkan pilihan pada Daihatsu Taruna merupakan pilihan yang tepat. Masuk dalam golongan mobil SUV, ground clearance mobil ini tergolong tinggi. Hal itu membuat jarak antara bodi terendah dengan tanah cukup jauh. Sehingga saat mobil melewati jalan berbatu atau off-road ringan, bagian bawahnya tidak dengan mudah terbentur batu atau benda lainnya.

6. Spare Part Tersedia Dimana-mana

Keunggulan Daihatsu Taruna

Populasi Daihatsu Taruna kini sudah mulai jarang dijumpai di jalan. Meski begitu kalian masih bisa dengan mudah mendapatkan spare part bahkan di daerah terpencil. Tak hanya itu, harga suku cadang yang ditawarkan juga terbilang cukup terjangkau sehingga tidak akan merogoh kocek terlalu dalam.

7. Perawatan Gampang

Keunggulan Daihatsu Taruna

Mesin 1.500 cc HE-E Electronic Fuel Injection (EFI) 

Terakhir keunggulan yang dimiliki Daihatsu Taruna yakni perawatannya yang mudah khususnya mesin dengan teknologi injeksi. Kalian hanya cukup mengganti oli secara teratur, menguras air radiator secara berkala, mengecek minyak rem dan oli power steering, serta melakukan tune up guna mendapatkan performa yang maksimal.

Baca juga: Daihatsu Taruna Oxxy, Alternatif Terios yang Murah Meriah Buat Mudik

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil