window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bekas Mulai Rp80 Juta, Apa Perbedaan Daihatsu Terios TS dan TS Extra?

Enda · 17 Nov, 2022 08:30

Perbedaan Daihatsu Terios TS dan TS Extra

Kehadiran Daihatsu Terios di Indonesia pada tahun 2006 disambut baik oleh para pecinta otomotif. Hal tersebut dikarenakan Terios dianggap sangat cocok digunakan sebagai mobil keluarga selain durabilitas yang tinggi, juga memiliki tampilan macho.

Bicara variannya, mobil ini hadir dalam empat tipe, yakni; TS, TS Extra, TX dan TX Adventure. Sebagai tipe terendah, apa sih bedanya Daihatsu Terios TS dan TS Extra? Supaya tidak salah beli, simak perbedaan keduanya berikut ini.

Baca juga: Punya Tampilan 'Konservatif', Daihatsu Terios Konde Lebih Menarik Dari Terios Baru

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Daihatsu Terios TS Terlihat Lebih Polos

Perbedaan Daihatsu Terios TS dan TS Extra

Daihatsu Terios TS

Secara tampilan Daihatsu Terios TS tampak lebih sederhana bila dibandingkan dengan TS Extra. Meski sama-sama menggunakan velg besi 15 inci, untuk TS Extra sudah dilengkapi wheel dop sehingga tampilannya tidak terlalu polosan.

Tak hanya itu pada buritannya tipe kedua dari bawah Terios sudah ditambahkan cover ban serep di belakang yang membuatnya terlihat sedikit mewah.

Meski Terios TS Extra mendapat tambahan wheel dop serta cover ban serep di belakang, untuk sistem pencahayaan keduanya sama-sama mengandalkan bohlamp halogen multi reflektor dan belum mendapatkan foglamp di bumpernya.

Oh iya, untuk spion kedua varian pengaturannya masih dilakukan secara manual dari luar dengan artian tidak tersematkan fitur electric mirror. Pada bagian belakangnya, kedua tipe tidak dilengkapi spoiler, high mount stoplamp dan wiper belakang yang dapat digunakan untuk membersihkan kaca belakang secara otomatis ketika fitur dijalankan.

Fitur Daihatsu Terios TX Extra Lebih Lengkap

Perbedaan Daihatsu Terios TS dan TS Extra

Interior Terios TS Extra

Seperti tampilan luarnya, untuk interiornya Daihatsu Terios TS juga lebih sederhana bila dibandingkan dengan TS Extra.

Bawaan pabrikan, Daihatsu Terios TS hanya mendapatkan head unit single din dengan dua buah speaker di depan. Tidak seperti TS, varian satu tingkat diatasnya sudah dibekali head unit 2-din dengan empat buah speaker.

Pada plafon di baris keduanya, Daihatsu Terios TS maupun TS Extra memiliki gundukan namun bukan AC double blower. Dengan begitu keduanya hanya mengandalkan AC single blower di depan untuk menyalurkan udara sejuk hingga baris belakang. Hanya mengandalkan AC di depan, tipe terbawahnya dirasa kurang nyaman terlebih saat digunakan berkendara di siang hari karena tidak mampu mendistribusikan udara sejuk secara merata.

Perlu diketahui untuk baris ketiganya baik varian TS maupun TS Extra tidak mendapatkan head rest. Tidak adanya sandaran kepala di baris ketiga tentu membuat penumpang paling belakang merasa mudah lelah ketika berpergian cukup lama.  

Meski terasa sangat sederhana, Terios TS berhasil tersematkan power steering serta power window di empat kacanya.

Baca juga: Sejarah Daihatsu Terios Konde di Indonesia, Pelopor Segmen Low SUV Tanah Air

Fitur Keselamatan Terios TS dan TS Extra Sama

Perbedaan Daihatsu Terios TS dan TS Extra

Menyoal fitur keselamatan, Terios TS dan TS Extra sudah mengandalkan rem cakram di depan dan rem tromol di belakang. Meski begitu, untuk sistem pengeremannya belum dilengkapi dengan fitur ABS maupun EBD yang dapat mencegah ban terkunci ketika melakukan pengereman secara tiba-tiba. 

Selain itu, keduanya juga belum disematkan dual airbag dan auto door lock. Dari segi keamanan, kedua tipe tidak mendapatkan alarm system kecuali central lock bawaan pabrikan.

Transmisi Matic Tidak Ada di Tipe Paling Bawah

Perbedaan Daihatsu Terios TS dan TS Extra

Daihatsu Terios TS dan TS Extra dibekali mesin 1.495 cc berkodekan 3SZ-VE DOHC VVT-I Electronic Fuel Injection 4 silinder segaris ini mampu menghasilkan tenaga 109 PS @6.000 rpm dan torsi maksimal mencapai 145 Nm @4.400 rpm. Untuk tipe TS mesin yang digunakan dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan. Berbeda dengan TS biasa, TS Extra ditawarkan opsi transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Sedikit menarik kesimpulan, generasi pertama Terios TS dengan TS Extra memiliki perbedaan pada penggunaan wheel dop serta cover ban cadangan di belakang. Untuk bagian dalamnya, TS Extra memperoleh tambahan head unit 2-din dengan empat speaker di semua pintu.

Baca juga: Varian TX Daihatsu Terios Konde Lebih Layak Dipilih Dibandingkan TS, Kenapa?

Enda

Senior Writer

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil