Harganya Turun Jauh Ketimbang Diesel, Pajero Sport V6 Bisa jadi Opsi SUV Selain Fortuner Bensin

Evan · 12 Okt, 2021 08:00

Harganya Turun Jauh Ketimbang Diesel, Pajero Sport V6 Bisa jadi Opsi SUV Selain Fortuner Bensin 01

Sejak diluncurkan pertama kali tahun 2009, kesuksesan Pajero Sport bermesin diesel sudah tidak perlu diragukan lagi.

Terbukti dari penjualan total Medium SUV satu ini yang paling banyak berasal dari Indonesia, sekitar 89.000an unit, menurut keterangan resmi. Data tersebut merupakan milik Mitsubishi Motor Corporation (MMC) pada periode tahun 2015 hingga Januari 2021.

Meski varian berjenis diesel diterima konsumen dengan cukup positif, namun banyak yang kurang akrab dengan varian bensinnya, yakni bermesin V6 MIVEC 3.000cc. Sempat dijual pada tahun 2014, popularitas mesin bensin semakin turun tiap tahunnya, sehingga di-discontinue bersamaan dengan Pajero Sport ganti generasi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Harganya Turun Jauh Ketimbang Diesel, Pajero Sport V6 Bisa jadi Opsi SUV Selain Fortuner Bensin 01

Mulai dijual tahun 2014

Padahal mobil ini bisa menjadi alternatif bagi konsumen yang lebih suka atau terbiasa dengan kendaraan menggunakan mesin bensin.

Memasuki akhir tahun 2021, harga bekas Pajero Sport bensin semakin terjangkau, lebih tepatnya dibawah Rp270 Juta. Dibandingkan Fortuner bensin di tahun yang sama, Pajero V6 bisa jadi pilihan, apalagi soal mesinnya yang powerful.

Baca juga:Tampangnya Makin Gagah, Ternyata Segini Konsumsi BBM Mitsubishi Pajero Sport

Desain Tampilan Luar Old Pajero Sport Tak Lekang Usia

Harganya Turun Jauh Ketimbang Diesel, Pajero Sport V6 Bisa jadi Opsi SUV Selain Fortuner Bensin 02

Desain masih gagah hingga saat ini

Jika dilihat dari luar, Pajero Sport bensin hampir tak ada bedanya dengan versi diesel. Fascia depan kelihatan garang, minim dengan lekukan-lekukan yang lekat pada SUV masa kini. Grilnya masih belum menggunakan desain dynamic shield, meski begitu kelihatan sangat cocok dengan lampu depan yang menyatu.

Tak lupa headlamp washer ikut ditonjolkan dari bemper bagian depan, fitur yang jarang digunakan tapi bakal penting ketika offroad.

Harganya Turun Jauh Ketimbang Diesel, Pajero Sport V6 Bisa jadi Opsi SUV Selain Fortuner Bensin 03

Spion dan handle sewarna bodi di tipe V6

Dari sisi samping, bentuk yang mengotak terinspirasi dari Pajero seri lawas, lengkap dengan footstep untuk membantu ketika naik. Overfender membuat dimensi mobil terlihat lebih besar, sesuatu yang dihilangkan Mitsubishi di generasi selanjutnya.

Di area kolong, pelek ukuran 17 inci bermotif palang enam menjadi pilihan, yang identik dengan kepunyaan varian Exceed diesel.

Harganya Turun Jauh Ketimbang Diesel, Pajero Sport V6 Bisa jadi Opsi SUV Selain Fortuner Bensin 04

Dari belakang cuma beda emblem

Berbicara soal pembeda dengan versi bensin, emblem DID yang terletak diatas dudukan lampu sein sekarang berubah menjadi bertuliskan V6, mengindikasikan di balik kapnya bukan mesin sembarangan. 

Begitu juga dengan permainan warna, semua bagian ornament krom digantikan oleh warna bodi kendaraan, seperti pada spion dan handle pintu.

Harganya Turun Jauh Ketimbang Diesel, Pajero Sport V6 Bisa jadi Opsi SUV Selain Fortuner Bensin 05

Emblem V6 3.0 jadi pembeda

Bagian buritan Pajero Sport bensin tidak berubah dibandingkan versi diesel, berkesan sangar dan tangguh berkat penggunaan body cladding hitam khusus di area bemper. Juga sebagai penunjuk, Mitsubishi kemudian mengganti emblem Dakar dengan V6.

Dimensi Pajero Sport V6
Panjang 4.695 mm
Lebar 1.815 mm
Tinggi 1.840 mm
Wheelbase 2.800 mm
Ground Clearance 215 mm
Berat 1.915 kg-2.055 kg
Pelek dan Ban 265/65 R17

Interior Menawarkan Fungsionalitas Ketimbang Estetik

Harganya Turun Jauh Ketimbang Diesel, Pajero Sport V6 Bisa jadi Opsi SUV Selain Fortuner Bensin 06

Interior spartan, lebih kearah fungsional

Generasi pertama Pajero Sport baik diesel maupun bensinnya, masih menggunakan dashboard yang sama dengan Triton, sehingga perasaan kabinnya tidak jauh dari kesan mobil pekerja. Soal material hampir semuanya plastik keras, kecuali di beberapa area yang disentuh tangan seperti doortrim dan tutup armrest.

Untungnya Mitsubishi sudah memberikan kombinasi jok kulit berwarna coklat yang mewah, sekaligus menjadi pembeda dari versi diesel, berwarna hitam.

Kelengkapan standar di Pajero Sport bensin meliputi Headunit 7 inci dengan support FM, AM, DVD, USB,Bluetooth dan navigasi. Ada juga single zone climate zone AC yang telah menggunakan fitur auto, lengkap hingga arah semburan, meskipun masih knop putar.

MID terletak diatas layar hiburan, memudahkan pengemudi melihat informasi seputar pengendaraan. Tak lupa sunroof yang jadi fitur mobil mewah juga turut dihadirkan.

Harganya Turun Jauh Ketimbang Diesel, Pajero Sport V6 Bisa jadi Opsi SUV Selain Fortuner Bensin 07

Tentunya dengan fitur mobil mewah sunroof

Sebagai standar keselamatan, Mitsubishi memberikan dua buah airbag depan, sabuk pengaman dengan pretensioner, Body Reinfored Impact Safety Evolution (RISE), Antilock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Fitur-fitur keselamatan aktif seperti ADAS sayangnya belum tersedia.

Baca juga:Mitsubishi L300 Vs Isuzu Panther, Mana yang Paling Cocok untuk Usaha Sehari-hari?

Mesin V6 6B31 Jadi Primadona Meskipun Agak Boros

Harganya Turun Jauh Ketimbang Diesel, Pajero Sport V6 Bisa jadi Opsi SUV Selain Fortuner Bensin 08

Mesin V6 MIVEC 3.000cc

Sudah pasti konsumen pembeli Pajero Sport bensin mengincar apa yang ada dibalik kap bonnetnya, yakni mesin V6 berkode 6B31. Dengan teknologi variable katup Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control (MIVEC) SOHC berkompresi 10,5:1 , dipercaya mampu mengakomodir penggunaan bahan bakar agar lebih efisien.

Efeknya adalah pengiriman tenaga yang halus khas mesin V6, juga tidak berisik saat idle seperti saudaranya.

Dipasangkan dengan transmisi otomatis INVECS II 5 percepatan yang didukung Sportronic, mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 220 PS pada 6.250 rpm dan torsi maksimum di angka 281 Nm pada 4.000 rpm. Angka ini lebih besar dari versi diesel, meski soal keluaran torsi jauh di bawah.

Harganya Turun Jauh Ketimbang Diesel, Pajero Sport V6 Bisa jadi Opsi SUV Selain Fortuner Bensin 09

Pakai transmisi 5 speed dengan Triptonic

Keunggulan lainnya mesin ini dapat menenggak Premium jika dibutuhkan, dan dalam keadaan standar jika menggunakan RON dibawah 95, otomatis mesin langsung dapat menyesuaikan. Teknologi ini sangat penting bagi suatu daerah yang lebih banyak asupan bahan bakar bensin ketimbang solar.

Cuma soal konsumsi BBM, Pajero Sport bensin tampaknya harus bertekuk lutut, karena dari beberapa pengujian media otomotif, hanya mencatatkan angka 8 km/liter.

Spesikasi Mesin Pajero Sport V6
Mesin 3.000cc MIVEC
Konfigurasi V6, 24 Valve
Tenaga Maks 220 PS
Torsi Maks 281 Nm
Sistem Bahan Bakar EFI
Bahan Bakar Bensin
Konsumsi BBM 5-8km/liter kombinaso
Kapasitas Tangki BBM 70 liter

Penyakit Umum Pajero Sport Bensin

Harganya Turun Jauh Ketimbang Diesel, Pajero Sport V6 Bisa jadi Opsi SUV Selain Fortuner Bensin 10

Ketahui penyakit Pajero Sport bensin 

Sama seperti varian diesel, Pajero Sport bensin juga memiliki beberapa penyakit umum yang sering dikeluhkan oleh pengguna, berikut beberapa diantaranya.
1.Kaki-kaki sering bermasalah
Bisa datang dari Steering Shaft yang aus. Umumnya generasi pertama Pajero Sport paling sering terkena masalah ini. Cara penanggulangan cukup mengganti baru yang harganya dibanderol sekitar Rp1 jutaan.

2.Rotor Disc Bergetar
Ditandai dari pengereman yang mengalami getaran hingga ke setir. Bisa melakukan bubut disc rem atau penggantian satu unit rotor dan kampas rem baru.

3.Mesin Ngelitik
Bisa jadi banyak penyebab, tetapi kebanyakan karena kualitas bahan bakar. Jika kerak di pembakaran belum terlalu banyak, bisa dengan servis rutin dan carbon cleaning di bagian injector dan ruang bakar.

Baca juga:Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Xpander untuk Bertahan Melawan Avanza - Xenia Baru

Harga Semakin Terjangkau, Mulai dari tahun 2014

Harganya Turun Jauh Ketimbang Diesel, Pajero Sport V6 Bisa jadi Opsi SUV Selain Fortuner Bensin 11

Hanya dijual dua tahun

Pajero Sport bensin sempat dijual mulai dari tahun 2014 hingga 2015 akhir. Jumlah yang terbatas jadi rebutan calon pembeli.

Lakukan test drive terlebih dahulu sebelum memberikan tanda jadi, lakukan juga pengecekan surat-surat dan buku servis berkala. Berikut harga bekasnya khusus wilayah Jabodetabek.

Harga Pajero Sport V6 
Tahun Pembuatan Harga Bekas
Pajero Sport V6 2014 Rp240 Juta-Rp250 Juta
Pajero Sport V6 2015 Rp255 Juta-Rp265 Juta

Kesimpulan

Jika anda sedang mencari SUV ladder frame dan menginginkan versi bensin, Pajero Sport V6 bisa jadi pilihan ketimbang Fortuner bensin.

Selain dibekali mesin yang jauh lebih bertenaga, kelengkapan mobil ini juga jauh lebih baik dan dibekali dengan harga bekas yang tidak berbeda jauh dengan Fortuner bensin.

Baca juga:Kelebihan dan Kekurangan Eclipse Cross 2021, Model Baru Nanti Apakah Bisa Laris?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru