Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Xpander untuk Bertahan Melawan Avanza - Xenia Baru

Prasetyo · 1 Okt, 2021 12:02

Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi Xpander

Kehadiran Mitsubishi Xpander di kelas LMPV memang menjadi fenomenal. Bagaimana tidak, mobil tujuh penumpang ini langsung ada di jajaran mobil terlaris di Indonesia. Tapi tentunya dibalik semua kesuksesan itu, tetap ada kelebihan dan kekurangan Xpander dari beberapa sisi.

Bagi yang telah memiliki pasti paham betul tentang kelebihan dan kekurangan Xpander. Namun kalau Anda baru berniat meminang kendaraan tersebut, maka tepat rasanya membaca artikel ini hingga habis.

Karena kami akan mengupas apa saja plus minus Mitsubishi Xpander termasuk kelebihan dan kekurangan Xpander Cross yang masih satu "keluarga" Xpander.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Daftar Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Terbaru
Mitsubishi Xpander Mitsubishi Xpander Cross
Tipe Harga Tipe Harga
GLS M/T Rp237.900.000 Xpander Cross M/T Rp276.500.000
GLS A/T Rp248.900.000 Xpander Cross A/T Rp286.500.000
Exceed M/T Rp246.400.000 Premium Package A/T Rp299.500.000
Exceed A/T Rp257.000.000 Rockford Fosgate Black Edition Rp312.650.000
Sport M/T Rp265.000.000    
Sport A/T Rp275.000.000    
Ultimate A/T Rp278.900.000    
Rockford Fosgate Black Edition M/T Rp273.900.000    
Rockford Fosgate Black Edition A/T Rp283.800.000    

Baca juga : Bukan Cuma Sebagai Mobil Keluarga, Mitsubishi Xpander Juga Jadi Mobil Reli

Keunggulan Mitsubishi Xpander

1. Desain Stylish

Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi Xpander -1

Secara desain, Mitsubishi Xpander memiliki paras yang terlihat lebih futuristik dibanding kompetitornya. Mitsubishi menyebutnya dengan desain Dynamic Shield, yang kini tema tersebut menjadi identitas utama pada seluruh lini produk Mitsubishi secara global.

Berbekal desain yang modern tersebut, maka akan timbul rasa percaya diri yang meningkat bagi para pemilik mobil Xpander. Apalagi mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, biasanya mencari mobil bertampang stylish demi turut menunjang status sosialnya.

2. Suspensi Nyaman

Mobil yang pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2017 ini juga bukan hanya unggul dari segi penampilan. Tetapi Mitsubishi juga telah membekali Xpander dengan tingkat kenyamanan yang mumpuni. Bukan hanya di sisi pengemudi, namun juga seluruh penumpang.

Kenyamanan sekaligus kenikmatan berkendara ini didapat berkat platform serta setting suspensi yang ternyata terinspirasi dari sedan fenomenal mereka, yakni Lancer Evolution.

3. Fitur Keamanan Cukup Lengkap

Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi Xpander -3

Meski bermain di kelas entry level, namun Mitsubishi tidak kompromi dengan sisi keselamatan di Xpander. Misalnya seluruh rangka bodi pakai teknologi Reinforced Impact Safety Evolution yang sudah lebih kokoh.

Kemudian ada juga Dual SRS Airbags, Hill Start Assist, Anti-lock Braking System, Active Stability Control, Pedestrian Protection, sampai Emergency Stop Signal.

4. Banyak Fitur Pemanja Pengemudi

Xpander juga bukan hanya dipersenjatai dengan fitur keamanan yang melimpah. Tetapi untuk meningkatkan kepuasan berkendara, Mitsubishi juga telah membenamkan beberapa fitur yang memanjakan pengemudi.

Contohnya keberadaan cruise control yang bisa membuat pengemudi mengatur kecepatan mobil secara konstan, tanpa perlu menginjak pedal gas. Fitur ini akan sangat membantu manakala berkendara di jalan lurus yang lenggang, misalnya di tol Trans Jawa.

Baca juga : Bingung Pilih Mobil Keluarga? Ini Perbandingan Spesifikasi Mitsubishi Xpander Vs Kompetitor

5. Kompartemen Melimpah

Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi Xpander -4

Menyandang gelar sebagai mobil keluarga masa kini, Mitsubishi Xpander juga telah dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang memadai. Kantung-kantung penyimpanan untuk menyimpan barang bawaan tersebar diseluruh kabin.

Mulai dari untuk meletakkan botol minuman, ponsel, majalah atau buku hinga tempat penyimpanan uang koin. Bahkan Xpander juga punya ruang penyimpanan-penyimpanan tersembunyi lainnya.

Apabila barang bawaan Anda tidak cukup diletakkan di bagasi, maka Anda bisa melipat kursi pada baris ketiga dan kedua untuk menambah ruang penyimpanan beragam barang ukuran besar, seperti koper ukuran besar, sepeda, tas golf atau stroller bayi.

6. Mesin Bertenaga

Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi Xpander -5

Mengenai mesin yang digunakan pada Mitsubishi Xpander, prinsipal telah membekali mobil ini dengan mesin berkode 4A91 empat silinder segaris dengan teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control).

Performa yang dihasilkan Xpander mampu menggapai daya hingga 104 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm. Capaian tenaga ini dirasa lebih dari cukup untuk kebutuhan di perkotaan dan sesekali berlibur ke luar kota bersama keluarga.

Baca juga : Perbandingan Spesifikasi Honda BR-V Vs Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Unggul?

Kekurangan Mitsubishi Xpander

1. Interior Kurang Mewah

Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi Xpander -6

Interior yang dihadirkan oleh Mitsubishi Xpander tidaklah selaras dengan nuansa eksteriornya yang snagat trendy. Meski di luar tampil begitu modern, namun interior Xpander masih menggunakan bahan yang kurang mewah.

Material plastik keras membungkus seluruh dasbor dan trim pintu, meskipun digunakan aksen kayu. Dengan penggunaan bahan seperti itu akan sangat terlihat status Xpander sebagai MPV Low End. Tentunya Anda bisa melakukan upgrade modifikasi di bagian ini supaya kabin makin nyaman dan terlihat lebih wah.

2. Transmisi Belum CVT

Kekurangan berikutnya yang menurut kami mengganggu adalah transmisi. Namun, bukan persoalan performa transmisi yang membuat kami memberikan nilai kelebihan dan kekurangan Xpander. Tetapi melihat jenis transmisi yang digunakan dan varian yang kurang lengkap.

Ketika kompetitornya sudah mulai beralih memakai transmisi CVT, Mitsubishi masih betah dengan transmisi otomatis biasa. Kemudian pada varian paling tinggi yaitu Ultimate juga tidak disediakan pilihan varian transmisi manual.

Baca juga : Perbandingan Biaya Servis Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander

Kelebihan dan Kekurangan Xpander Cross

Kelebihan dan Kekurangan Xpander -7

Mitsubishi Xpander Cross sebenarnya masih satu platform dengan Xpander. Cuma Xpander Cross masuk kategori LSUV 7 penumpang. Dan karena masih serupa, maka kelebihan dan kekurangan Xpander juga sebenarnya jadi kelebihan dan kekurangan Xpander Cross.

Walau begitu tetap ada hal tambahan lain yang pernting untuk Anda pertimbangkan kalau malah ingin memilih Xpander cross dibanding Xpander.

1. Desainnya Lebih Kekar

Meskipun sama-sama mengadopsi tema Dynamix Shield, tetapi perawakan Xpander Cross lebih kekar dibanding Xpander. Sehingga mereka penyuka mobil-mobil dengan tampilan lebih macho, sangat cocok memlih Xpander Cross.

2. Bodi Lebih Tinggi

Karena berjenis SUV, maka Mitsubishi menciptakan ground clearance atau jarak bodi ke aspal pada Xpander Cross lebih tinggi dari Xpander. Jika Xpander punya ground clearance 205 mm, maka di Xpander Cross berubah jadi 225 mm.

3. Bobot Mobil Lebih Berat

Ini mungkin jadi kekurangan Xpander Cross. Adanya tambahan aksesoris yang tak ditemui pada Xpander, termasuk pemakaian velg diameter 17 inci, pasti membuat berat total kendaraan bertambah. Ini akan berimbas pada konsumsi BBM Xpander Cross yang bisa lebih boros dari Xpander.

Itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan Xpander serta Xpander Cross sebagai bahan pertimbangan kalau Anda ingin membeli mobil ini.

Baca juga : Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz Vs Mitsubishi Xpander, Siapa Paling Irit?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Xpander GLX M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru