window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Komponen yang Wajib Ganti Pada Mobil Toyota Anda Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik Lebaran

Prasetyo · 4 Apr, 2024 17:01

persiapan mobil mudik lebaran

Berbagai persiapan wajib dilakukan sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran menggunakan mobil pribadi. Apalagi mengingat saat musim mudik Lebaran, waktu tempuh perjalanan biasanya jauh lebih lama dibanding hari-hari biasa.

Tentunya melakukan pengecekan menyeluruh disertai perbaikan jika diperlukan, adalah upaya guna menjaga kondisi mobil tetap optimal saat dipakai mudik ke kampung halaman, hingga kembali ke daerah asal.

Mudik Lebaran menggunakan mobil Toyota juga terasa begitu menyenangkan. Lantaran saat ini Toyota memiliki beragam model kendaraan lang lengkap mulai dari mesin bensin, diesel, Hybrid Electric Vehicle (HEV), sampai Battery Electric Vehicle (BEV).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk model Toyota bermesin bakar internal yang memiliki efisiensi bahan bakar cukup baik ada Agya, Calya, Avanza, Yaris, Yaris Cross, Vios, Rush, Raize, Fortuner, Voxy hingga Land Cruiser.

Sementara untuk pilihan kendaraan HEV ada Kijang Innova Zenix Hybrid, Yaris Cross HEV, Corolla Cross HEV dan Corolla Cross GR Sport HEV, Corolla Altis HEV, Camry HEV, Alphard HEV ditambah Vellfire HEV yang paling baru.

Di segmen kendaraan listrik murni terdapat Bz4X, crossover listrik dengan tampilan futuristik yang juga menawarkan kenyamanan serta gaya berkendara fun-to-drive.

Ingin mudik Lebaran menggunakan mobil Toyota, berikut ini persiapan yang harus dilakukan supaya perjalan terasa nyaman dan aman.

Baca juga: Biar Kinclong Terus Saat Musim Pancaroba, Pilih ke Salon Mobil Atau Perawatan di Rumah?

1. Pengecekan dan Pengisian Air Radiator

mobil mudik lebaran

Lakukan perawatan berkala untuk memastikan kondisi mobil fit dibawa mudik

Sebagaimana yang diketahui radiator pada mobil berfungsi untuk menjaga  suhu mesin agar tidak overheat. Sistem pendingin radiator sendiri mengandalkan air untuk melepaskan panas.

Karena memiliki peran yang sangat krusial, maka radiator wajib dilakukan pengecekan sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran. Pada radiator memiliki tabung air atau reservoir yang mana terdapat batas minimum dan maksimum takarannya.

Jangan membiarkan air berada di bawah batas minimum karena akan menimbulkan masalah. Pastikan cairan pendingin radiator berada di garis batas maksimum supaya tidak mengganggu sistem kerja radiator yang dapat mengakibatkan mesin overheat.

Cara lain yang bisa dilakukan yakni mengecek kondisi radiator guna memastikan tidak adanya kebocoran serta celah yang tersumbat. Tak lupa mengecek kondisi selang, tutup radiator, serta mengganti cairan radiator terlebih jika lama tidak dilakukan penggantian. 

mobil mudik lebaran

Sebaiknya gunakan Radiator Coolant daripada air keran

Untuk mobil Toyota, pemilik bisa menggunakan TMO Radiator Coolant. Cairan pendingin mesin ini dirancang secara spesifik sesuai kebutuhan mesin mobil Toyota.

Seperti halnya titik didih coolant yang lebih tinggi dari air biasa dan memiliki formula anti endapan lumpur dan lumut. Termasuk menjaga radiator dari potensi bahaya laten karat yang berbahaya. Alhasil, mesin dapat beroperasi dengan baik di suhu idealnya.

Supaya lebih mudah, aman, dan nyaman, silakan manfaatkan layanan servis berkala bengkel resmi Toyota dalam perawatan radiator kendaraan. Pemilik bisa menggunakan TMO Radiator Coolant dengan performa sesuai spesifikasi mobil Toyota di Indonesia supaya daya tahan mesin terjaga.

2. Penggantian Oli Mesin

mudik lebaran

Periksa kondisi oli melalui dipstick

Sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran, persiapan yang umumnya dilakukan yakni mengecek dan mengganti oli mesin. Adapun oli mesin untuk mobil Toyota yang direkomendasikan tentu saja TMO Engine Oil.

Sebagai wujud nyata komitmen Toyota untuk selalu menawarkan produk-produk dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau sesuai kebutuhan pelanggan, Toyota memiliki TMO Full Synthetic Engine Oil, yaitu TMO 5W-30 SN GF-5 New Formula yang tersedia dalam kemasan 1 Liter dan 4 Liter.

TMO 5W-30 SN GF-5 New Formula merupakan varian ke-2 tertinggi dari rangkaian produk TMO Engine Oil untuk mobil berbahan bakar bensin. Oli ini cocok untuk kendaraan seperti CH-R, CH-R Hybrid, Zenux Hybrid, Corolla Altis, Fortuner, Nav-1, Voxy, Hi-Ace, Hilux, Innova, Limo, Sienta, Vios, Yaris, Avanza & Veloz, Etios, Raize, Rush, dan Transmover.

Ada pula TMO LITE 0W-20 SN GF-5, varian dari TMO yang tergolong Full Synthetic, dimana varian ini adalah varian yang terbaik yang mendukung penghematan bahan bakar dan kemampuan kebersihan mesin yang maksimal. 

 

TMO LITE 0W-20 SN GF-5 juga memiliki viskositas terbaik di kelasnya yaitu 0W-20, yang tertinggi di line up TMO saat ini. Hadir dengan kemasan 3,5 Liter, pas untuk mobil Toyota yang memiliki kapasitas oli mesin sama dengan atau kurang dari 3,5 Liter seperti; Agya, Calya, Veloz, Raize, Sienta, Yaris, dan Rush. 

Varian oli mesin untuk mobil Toyota lainnya yakni TMO 10W-30SL, TMO Diesel 15W-40 Cl-4, TMO Gasoline 10W-40 SN, yang bisa disesuaikan dengan spesifikasi dan rekomendasi pabrikan.

Baca juga: Rekomendasi Oli Mobil Toyota Terbaik Buat Agya, Avanza Sampai Innova Zenix

3. Pengecekan dan Perbaikan Sistem Pengereman

mobil mudik lebaran

Kalau kampas rem sudah tipis, sebaiknya langsung diganti baru

Sistem pengereman pada mobil merupakan hal yang paling krusial. Dengan pengereman yang optimal maka memudahkan pengemudi ketika melakukan deselerasi.

Untuk itu sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran mobil diharuskan dilakukan pengecekan dan perbaikan pada sistem pengereman. Pengecekan dan perbaikan untuk mobil Toyota bisa dilakukan di bengkel resmi.

Pada Lebaran tahun ini Toyota menyiapkan hingga 310 point services dan Toyota Mobile Service (TMS) di seluruh Indonesia yang terdiri dari 13 Toyota Posko Siaga dan 297 Toyota Bengkel Siaga.

Selain sistem pengereman, tak lupa juga pemilik mobil Toyota melakukan pengecekan pada bagian kaki-kaki meliputi; tie rod, rack steer, ball joint, link stabilizer, bushing, shockbreaker, roda dan tekanan ban supaya perjalanan mudik Lebaran semakin nyaman selamat sampai tujuan. 

4. Periksa Kondisi Kelistrikan

mobil mudik lebaran

Cek kondisi aki denga alat ukur yang akurat

Sistem kelistrikan mobil kapan pun bisa bermasalah. Kerusakan sistem kelistrikan pada mobil Toyota bisa saja terjadi akibat masa pakai, modifikasi, serta gigitan hewan pengerat seperti tikus.

Rusaknya sistem kelistrikan bisa menurunkan performa mobil akibat korsleting dan menyebabkan kebakaran.

Untuk komponen kelistrikan pada mobil sendiri meliputi; alternator atau dinamo ampere yang menyuplai arus listrik, wiper, lampu, power window, dan audio, serta aki. 

Pemilik mobil Toyota bisa melakukan pengecekan sistem kelistrikan ke bengkel resmi terdekat dengan ditangani langsung oleh para teknisi yang terlatih dan bersertifikasi. 

Baca juga: Sering Mati Tiap Dua Tahun, Begini Cara Gampang Menjaga Kondisi Aki Mobil Agar Awet Lebih dari 3 Tahun

5. Penggantian Filter

mobil mudik lebaran

Selain filter oli, perhatikan juga kondisi filter udara mesin dan filter kabin

Sebagaimana fungsinya filter bertugas untuk menyaring debu atau kotoran supaya tidak ikut terbawa dengan udara bersih.

Di mobil untuk filter sendiri terdapat beberapa bagian, mulai dari filter udara, filter bahan bakar, filter oli dan filter AC. Untuk penggantian filter sendiri bisa berpatokan pada buku pedoman pemilik kendaraan.

Mengenai filter udara, ada baiknya bagian ini diganti setiap 20.000 km, filter bahan bakar di 40.000 km, filter oli 15.000 km (3 kali penggantian oli mesin), dan filter AC setiap 6 bulan sekali.

Itu tadi setidaknya 5 komponen mobil yang wajib dilakukan pengecekan dan kalau perlu dilakukan penggantian biar perjalanan mudik jadi aman dan nyaman.

@autofun.indonesia Sedikit tips agar mudik lebih hemat, sekaligus selamat! #reviewmobil #mobilbaru #mudiklebaran #mudik #tipsmobil #tipsmudik ♬ Mozart Minuet with violin(815356) - 松本一策

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil