window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Tips Memilih Tempat Sewa Mobil Buat Mudik Lebaran Biar Aman dan Nyaman di Perjalanan

Prasetyo · 1 Apr, 2024 08:01

sewa mobil mudik lebaran

Memilih tempat sewa mobil mudik Lebaran memang gampang-gampang susah, mengingat saat ini cukup banyak pihak penyedia jasa rental kendaraan bermotor.

Tempat rental mobil ini bukan cuma tersebar di Jakarta maupun juga bermunculan di sejumlah kota-kota besar lainnya, yang umumnya masuk wilayah kawasan wisata atau daerah tujuan mudik.

Ya, mudik lebaran di Indonesia mungkin menjadi pergerakan populasi manusia terbesar dari satu daerah ke daerah lainnya yang terjadi tiap tahun.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Alasannya beragam, ada yang memang itu menjadi kesempatan satu-satunya untuk bertemu dengan seluruh keluarga di kampung halaman, ada pula yang hanya sekedar memanfaatkan waktu libur guna berkunjung ke daerah tertentu.

macet mudik lebaran

Diprediksi jumlah pemudik tahun ini meningkat drastis dibanding Lebaran tahun lalu

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyebut jumlah pemudik Lebaran 2024 diprediksi mencapai 136,7 juta. 

Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 5-6 persen dari Hari Raya Idul Fitri tahun lalu sekitar 123 juta pemudik.

Sementara itu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan potensi pergerakan masyarakat secara Nasional selama musim libur Lebaran sebanyak 193,6 juta orang aau mencapai 71,7% dari jumlah penduduk Indonesia.

Tentunya jika kalian juga hendak melakukan mudik tahun ini, maka harus mempersiapkan dengan matang segala kebutuhan, termasuk alat transportasinya.

Kalau jumlah anggota keluarga yang hendak dibawa mudik lebih dari 4 orang, memilih alat transportasi umum seperti bus memang kurang efektif.

Mengingat harga tiket bus jelang Hari Raya Idul Fitri biasanya meningkat hingga 2 kali lipat, belum lagi ketersediaan kursi, dan juga risiko berdesakan saat hendak menaiki bus tersebut.

mudik lebaran

Mudik dengan menggunakan mobil pribad masih jadi pilihan

Jika kalian masih memiliki anak-anak yang masih kecil, tentunya ini akan memberikan rasa tidak nyaman.

Sementara kalau mau membeli mobil baru, rasanya sudah tidak mungkin untuk digunakan ke kampung halaman, mengingat unit mobil baru umumnya dikirim setelah STNK dan plat nomor diterbitkan pihak kepolisian, dan itu memakan waktu lebih kurang 12 hari kerja.

Sementara Hari Raya Idul Fitri sudah kurang dari 10 hari lagi, maka rasanya tidak mungkin mudik pakai mobil baru.

Lantas gimana kalau tahun ini belum punya mobil pribadi? Solusinya bisa sewa mobil mudik.

Nah sebelum memutuskan mau pakai mobil mudik yang mana, ketahui dulu tips memilih tempat rental mobil yang terbaik berikut ini.

Baca juga: Persiapan Mudik Pakai Mobil Pribadi, Jangan Lupa Cek Dulu Bagian Kaki-kaki

1. Cari Tahu Penyedia Rental Mobil yang Terpercaya

sewa mobil mudik lebaran

Ada banyak jasa penyedia rental mobil mudik Lebaran

Tentunya ada banyak sekali tempat penyedia jasa peminjaman kendaraan bermotor baik yang harian, mingguan, atau bulanan.

Mungkin di sekitar kantor atau kediaman kalian juga ada beberapa diantaranya.

Namun sebelum memutuskan mau pakai penyedia rental mobil yang mana, sebaiknya cari dulu latar belakang pihak penyedia sewa mobil tersebut.

Kalian harus yakin, kalau pihak ini merupakan lembaga yang kredibel demi menjamin tidak ada hal-hal yang merugikan saat proses peminjaman kendaraan.

Untuk mengetahuinya, kalian bisa lakukan pencarian di internet, forum-forum online, sosial media atau bertanya dengan teman maupun keluarga.

Penyedia jasa sewa mobil terbaik biasanya memiliki unit kendaraan yang dalam kondisi sangat terawat.

Selain itu kendaraan yang disewakan itu umumnya telah diasuransikan, sehingga jika terjadi kerusakan, kecelakaan, atau kehilangan, si penyewa tidak dibebankan ganti rugi dalam jumlah besar.

2. Jangan Ragu Lakukan Perbandingan Harga

sewa mobil mudik lebaran

Harga sewa biasanya dibedakan dari jenis kendaraanya

Setiap jasa penyedia peminjaman unit mobil mudik tentunya memiliki tarif sewa yang berbeda-beda tergantung jenis kendaraannya.

Untuk mobil-mobil hatchback seperti Toyota Yaris atau Honda Jazz umumnya sedikit lebih murah dibanding mobil 7 penumpang semacam Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, maupun Hyundai Staria.

Kemudian harga sewa LMPV ini juga lebih murah dibanding kalian menyewa SUV 7 penumpang layaknya Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport.

Disini kalian harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang disisihkan untuk sewa kendaraan itu.

Jangan memaksakan menyewa kendaraan yang mewah dengan harapan terlihat prestisius saat dipakai pulang ke kampung halaman, padahal kalian harus mengeluarkan uang melebihi kemampuan yang sudah disiapkan.

Sebaliknya, jangan juga langsung tergiur penyedia rental mobil yang menawarkan harga murah, karena mungkin saja mereka menyembunyikan kekurangan dari kondisi kendaraan yang disewakan.

Baca juga: Jarang Pulang Saat Lebaran, Isuzu Ajak Sopir Mudik Gratis, Begini Syaratnya

3. Pilih Kendaraan yang Sesuai Kebutuhan

sewa mobil mudik lebaran

Kalau mudiknya cuma keluarga inti, mobil sedan atau hatchback juga cukup

Poin ini sebenarnya berkaitan dengan pertimbangan harga tarif rental mobil yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Untuk memutuskan mobil mudik apa yang bakal kalian pilih, maka harus melihat dari anggaran yang tersedia dan kebutuhannya.

Kalau keluarga yang akan ikut mudik hanya terdiri dari Ayah, Ibu, dan dua anak yang masih di bawah 15 tahun, rasanya mobil jenis hatchback cukup untuk dipakai mudik.

Sementara kalau ada 1-2 anggota keluarga lain di luar keluarga inti yang ikutan mudik, maka kalian bisa pilih mobil jenis LMPV.

Tetapi jika memang jalur mudik yang akan dilewati cukup jauh dan kontur jalannya tidak selalu beraspal serta akan banyak melewati perbukitan atau pegunungan, maka boleh pilih SUV-SUV besar.

Tapi tentu saja perhatikan pula besaran dana yang akan dihabiskan untuk penyewaan kendaraan-kendaraan ini.

Semakin mewah mobil yang akan disewa, maka semakin tinggi juga pengeluaran kalian untuk budget mobil mudik.

4. Periksa dengan Teliti Kondisi Mobil

sewa mobil mudik lebaran

Jangan smapai mobil mogok di jalan

Meskipun ini cuma sewa, tetapi ada baiknya lakukan pemeriksaan secara menyeluruh sebelum memutuskan mobil apa yang akan dipakai buat perjalanan mudik Lebaran.

Pemeriksaan ini sebenarnya juga bagian dari tahapan persiapan sebelum berangkat mudik, untuk memastikan kendaraan yang bakal digunakan siap mengantarkan kalian pergi dan pulang kembali ke titik tujuan.

Karena itulah kalian bisa lakukan pemeriksaan pada kondisi aki mobil apakah tegangannya masih cukup baik, lalu cek juga air radiatornya apakah gunakan air keran atau cooling sesuai rekomendasi pabrikan, serta periksa juga kondisi minyak rem dan air wiper.

Jangan lupa juga cek bagian lampu-lampu apakah menyala normal semua, lantas panel-panel instrumen dicek apakah semuanya berfungsi dengan baik, serta periksa kondisi ketebalan tapak ban.

Jangan sungkan pula bertanya dengan pihak penyedia rental tentang fitur-fitur di kendaraan tersebut, misalnya dari perangkat head unit, AC, apakah ada sunroof, atau apakah ada cruise control.

Kalau kalian kurang paham tentang mobil, maka sebaiknya ajak teman atau keluarga yang memahami hal tersebut, serta lakukan test drive sebelum yakin untuk menggunakan unit mobil mudik yang dipilih.

Langkah-langkah tersebut dilakukan guna meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan saat perjalanan mudik.

Baca juga: Cek 6 Komponen Ini Sebelum Mobil Dipakai Mudik Lebaran, Gak Wajib ke Bengkel Kok!

5. Tentukan Durasi Penyewaan Mobil Mudik

sewa mobil mudik lebaran

Pastikan pihak penyewa juga menyediakan asuransi kendaraan

Selain berdasarkan jenis kendaraannya, tarif rental mobil biasanya dibedakan juga dari durasi penyewaan dan sistem sewa yang diberikan.

Untuk durasi penyewaan, ada yang memberikan waktu sewa per 12 jam, ada yang menyediakan penyewaan mobil per hari, ada juga yang sistem sewa per minggu.

Dari beberapa penelusuran yang kami lakukan, untuk tarif sewa per 12 jam mulai dari Rp600 ribuan, sementara untuk tarif rental mobil per hari antara Rp700.000 sampai Rp2 jutaan tergantung jenis kendaraan.

Untuk penyewaan selama musim mudik Lebaran, kalian bisa tentukan cukup 5-6 hari.

Sementara jika mau sewa selama sebulan, pastinya tarif yang diberikan jadi lebih mahal.

Selain waktu, ada juga sistem sewa mobil mudik lepas kunci atau berikut sopir.

Untuk sistem sewa mobil lepas kunci biasanya tarifnya lebih murah dibanding yang berikut sopir, namun konsekuensinya tarif sewa tersebut belum termasuk isi BBM dan tol.

Sebaliknya, untuk tarif sewa mobil dengan sopir, umumnya sudah termasuk BBM dan tol, sehingga kalian bisa lebih hemat.

6. Sebaiknya Pesan Jauh-jauh Hari

sewa mobil mudik

Ada yang sistem lepas kunci ada yang berikut sopir

Hal yang perlu diperhatikan kalau mau menentukan mobil mudik dengan sistem sewa adalah jangan lakukan pemesanan mendekati hari keberangkatan.

Jika kalian sudah merencanakan mudik di H-5 Hari Raya Idul Fitri maka ada baiknya kalian sudah melakukan booking mobil rental maksimal sejak H-10.

Sebab menjelang Lebaran, umumnya harga sewa mobil melonjak tajam, selain itu jumlah kendaraan yang tersedia juga sudah terbatas lantaran telah disewa oleh orang lain.

7. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

sewa mobil mudik

Mendekali Lebaran, biasnaya unitnya makin terbatas

Saat hendak menyewa kendaraan, umumnya pihak penyedia jasa rental mobil meminta beberapa persyaratan dokumen pribadi kalian.

Misalnya Fotocopy SIM, KTP, dan Kartu Keluarga yang masih berlaku, serta nantinya akan dibuat surat perjanjian sewa menyewa sesuai kendaraan, durasi penyewaan dan sistem sewanya untuk kalian tandatangani di atas materai.

Setelah semua ditandatangani, jangan lupa untuk meminta kunci serta STNK dari mobil yang kalian sewa itu, untuk dipegang selama melakukan perjalanan mudik.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil