Honda Civic Ferio, Sedan Harga Rp60 Jutaan yang Gayanya Gak Ketinggalan Zaman

Yongki Sanjaya · 20 Sep, 2022 20:00

Honda Civic Ferio, Sedan Harga Rp60 Jutaan yang Gayanya Gak Ketinggalan Zaman 01

Tren mobil sedan kini semakin meredup, dan begitu kontras dengan dekade 90an yang begitu populer dan jadi masa keemasannya. Dahulu, hampir tiap merek begitu menjagokan sedan, salah satunya Honda melalui Civic Ferio.

Civic Ferio yang hadir pada 1996 hingga 2000 menjadi salah satu sedan yang cukup memenyita perhatian. Salah satu kelebihan dari Civic Ferio adalah tampilan eksterior yang tidak membosankan. Melihat silsilahnya, sedan ini menggantikan Honda Civic Genio yang diniagakan sejak 1990 sampai 1995, sehingga karakter desainnya masih ada sedikit kemiripan. 

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Viral! Honda Civic Excellent 80 Berbody Brio Dijual Cuma Rp35 Juta, Intip Detailnya

Tidak Sampai 10 Unit Honda Civic Type R Siap Jadi Rebutan, Tertarik untuk Membelinya?

5 Alasan Honda Civic Estilo Harganya Kini Selangit, Hatchback Langka Bahan Gorengan Kolektor

Civic Ferio adalah generasi keenam dengan kode rangka EK. Ferio menjaga agar karakter dari Civic yang modis dan sporty tak hilang. Pada aspek performa, spesifikasi mesin mobil jadi lebih bertenaga serta desain lebih aerodinamis serta gagah.

Civic Ferio kala itu menjadi andalan Honda untuk melawan mobil sekelas, seperti halnya Toyota New Corolla, Mitsubishi Lancer CK4, dan Mazda Familia. Buat kalian yang mencari sedan dengan budget tak terlalu mahal dengan gaya modern, Civic Ferio perlu masuk radar intai. Sedan ini harga pasarannya mulai Rp60 jutaan untuk kondisi layak, hingga Rp100 jutaan yang kondisinya nyaris sempurna. 

Honda Civic Ferio, Sedan Harga Rp60 Jutaan yang Gayanya Gak Ketinggalan Zaman 01

Desain ekterior yang modis lantas menjadi kanvas menarik untuk para modifikator mobil kala itu. Tak heran bila kini cukup sulit menemukan Honda Civic Ferio bekas yang masih orisinal, karena pemilik sebelumnya cukup banyak melakukan modifikasi.

Hal yang cukup menarik dari sosok Civic Ferio ini ialah menjadi  model Civic pertama yang dilengkapi dengan teknologi katup variabel legendaris milik Honda, yaitu Variable Valve Timing and Lift Electronic (VTEC). Nah, apa saja hal menarik lain dari sosok Civic Ferio ini? Berikut ini ulasannya yang lebih mendalam.

Honda Civic Ferio, Motuba yang Modis dan Fun to Drive

Honda Civic Ferio, Sedan Harga Rp60 Jutaan yang Gayanya Gak Ketinggalan Zaman 02

Civic Ferio adalah primadona pada masanya, bahkan gayanya yang stylish masih cocok dipakai anak muda. Mobil ini selain murah, memenuhi ekspektasi yang  menginginkan kendaraan dengan konsumsi bahan bakar irit, pengendalian baik, dan nyaman.

Ukuran Honda Civic Ferio ini proporsional, dengan dimensi P 3.995 mm x L 1.615 mm x T 1.385 mm. Untuk sisi panjang dan lebarnya, Ferio lebih kecil dibanding Toyota Corolla, Mitsubishi Lancer, dan Mazda Familia. Namun demikian Ferio masih unggul untuk dimensi tinggi kendaraan, yang secara logika bisa menghasilkan headroom lebih baik di dalam kabinnya.

Mobil ini memang minim lekukan yang agresif, dengan sudut membulat warisan dari Civic Genio. Desain  gril dan headlamp yang dibuat lebih besar. Kisi-kisi udara masuk di bawah bumper depan tetap dipertahankan tapi bentuknya dibuat melebar, dan kaki-kakinya memakai pelek 14 inci.

Honda Civic Ferio, Sedan Harga Rp60 Jutaan yang Gayanya Gak Ketinggalan Zaman 03

Mesin selalu menjadi sorotan penting bagi Honda untuk Civic, tak terkecuali Civic Ferio. Honda menyematkan mesin berkapasitas 1.6 liter, D16Y5, 4 silinder segaris 16 katup SOHC, berpadu transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Produksi daya dari sedan ini cukup besar, yaitu 125 hp pada 6.400 rpm dan torsi maksimal 148 Nm pada 5.500 rpm. Tenaga mesin tersebut tentunya sudah cukup besar untuk mesin 1.600 cc era 1990-an

Salah satu daya pikat dari Civic Ferio adalah ketangguhan mesin serta konsumsi bahan bakar yang efisien. Tenaga yang besar tadi rupanya tak membuat Civic Ferio rakus minum bensin. Konsumsi BBM-nya berkisar antara 11-13 km/liter.

Interior Honda Civic Ferio, Lega dan Cozy Sebagai First Car Mobil Keluarga

Honda Civic Ferio, Sedan Harga Rp60 Jutaan yang Gayanya Gak Ketinggalan Zaman 04

Civic Ferio memiliki kapasitas lima bangku penumpang, dengan kondisi orisinal joknya dilapisi bahan kain atau fabric. Bagian dasbor memiliki layout yang sederhana dengan lapisan soft touch. Fitur hiburannya memakai head unit single DIN dan kisi-kisi Air Conditioner (AC) dikelompokkan dalam satu cluster yang berada di tengah-tengah.

Pengaturan AC masih manual lebih tepatnya model tuas geser, termasuk untuk pengaturan besar kecilnya kipas dan arah semburannya. Karena masuk kategori motuba, fitur airbag dan sensor parkir jelas belum tersedia di Civic Ferio. 

Meskipun jadul, namun interiornya lumayan lega dengan posisi duduk mengemudi agak di bawah. Kursi belakangnya pun memiliki ruang kaki yang cukup luas, dan mampu mengakomodir tiga orang duduk di bangkunya. Bila ingin beralih dari roda dua dengan budget terbatas, namun ingin punya mobil yang stylish dan cukup lega untuk keluarga kecil, maka Civic Ferio mungkin ideal.

Kelemahan Honda Ferio, Rusak Karena Usia Pakai

Honda Civic Ferio, Sedan Harga Rp60 Jutaan yang Gayanya Gak Ketinggalan Zaman 05

Sebagai sebuah mobil yang usianya mencapai 25 tahun, maka kondisi beberapa komponen bakal mengalami penurunan kemampuan. Kesalahan perawatan pun bisa juga membuat Ferio ini mengalami masalah.

Salah satu kekurangan dari Civic Ferio bekas adalah pada bagian radiator dan water pump mampet akibat karat. Ini disebabkan pemilik mobil tidak menggunakan water cooant untuk radiatornya, melainkan pakai air keran biasa.

Selanjutnya, kekurangan Honda Ferio adalah pada bagian komponen kaki-kakinya. Bukan karena buruknya kualitas komponen, namun karena faktor usia pakai. Umumnya bagian bushing arm, ball joint dan bagian karet-karet yang aus dan getas karea usia pakai.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru