window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Viral! Honda Civic Excellent 80 Berbody Brio Dijual Cuma Rp35 Juta, Intip Detailnya

Enda · 2 Feb, 2022 20:00

Honda Civic Excellent body Brio

Honda Civic Excellent body Brio (Youtube: Paijo Zelasco)

Jagat dunia maya kembali dihebohkan dengan postingan sebuah video melalui kanal Youtube Paijo Zelasco, dimana sebuah Honda Civic Excellent lansiran tahun 1980 menggunakan body Brio dijual hanya Rp35 Juta.

Sampai artikel ini dibuat, channel Youtube dengan 47,3 ribu subscriber dan sudah ditonton sebanyak 32.524 kali yang tayang secara perdana pada 31 Januari 2022 tersebut, mendapat banyak komentar pujian.

“Modifikasi nyeleneh tapi saya ikut bangga,” tulis akun DMR Car Audio Tasikmalaya.

“Ide kreatip banget,” timpal rahmat 0311.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

“Pajak nya murah, penampilan kekinian…joss,” kata Aris Wijaryanto.

“Keren mas mesin boleh tua hoby ya tetap muda,” balas Iwan Saskia

“warga +62 memang kreatif,” sambung Autongapak

“Wah..... Masuk iku pak ekoo... Buat mejeng,” imbuh Eyank Suriba.

“Misal ada trouble mesin dijalan pihak mekanik kaget mesinnya tahun 80 an,” tambah Yohanes Wuryanto.

Spesifikasi Honda Civic Excellent yang Menggunakan Body Brio

Honda Civic Excellent body Brio

Mesin bawaan Honda Civic Excellent body Brio (Youtube: Paijo Zelasco)

Sebagai informasi, Honda Civic Excellent 1980 menggunakan body Brio generasi pertama tersebut, merupakan generasi kedua Civic di Tanah Air yang diperkenalkan pada tahun 1979 hingga 1983. Bicara mengenai jantung pacu yang digunakan, mobil tersebut tersematkan mesin bensin CVCC 4-silinder segaris berkubikasi 1.488 cc dengan peroleh tenaga sebesar 69 PS yang dikawinkan transmisi manual.

Untuk kalian ketahui, sebenarnya generasi kedua Civic juga ditawarkan pilihan mesin 1.335 cc bertenaga 57 PS serta tambahan opsi transmisi semi otomatis dengan sebutan Hondamatic.

Khusnul, selaku pemilik Civic Excellent berbody Brio menjelaskan bahwa dirinya mendapatkan mobil ini dari saudaranya di Karawang.

“Dapat Civic modif Brio ini dari kakak saya, saya beli Rp35 juta karena dia butuh dana saat itu. Dulu pajaknya jalan, sekarang mati. Mati 3 tahun 4 jalan,” katanya.

Lebih lanjut Khusnul mengatakan, mobil ini dari Karawang dibawa ke Cipiring, Kendal, Jawa Tengah dikendarai lewat jalan tol dan tidak mengalami kendala sedikitpun.

“Kalau ada yang minat, mobil ini dijual Rp35 juta nego. Mobil ini saya jual karena sedang ada kebutuhan lain. Kalau beli bisa langsung perpanjang balik nama, karena surat-surat lengkap akur,” ucapnya.

Melihat lebih dekat, Honda Civic Excellent dengan body Brio ini awalnya adalah Brio bekas laka di bagian depan. Kakak dari Khusnul sendiri mendapatkan body brio ex laka tersebut dari rongsokan mobil yang hendak ditimbang kiloan.

Kemudian Brio bekas laka tersebut dibuang bagian depannya kemudian diisi dengan bagian depan Civic Excellent punya nya mulai dari kaki-kaki, cakram, hingga dudukan mesin. Untuk sistem pengkabutan bahan bakarnya sendiri masih memakai karburator yang dirubah menggunakan kepunyaan Mio yang dianggap lebih hemat bahan bakar.

Baca juga: Bukan Cuma Berubah dari RWD Jadi FWD, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza 2022

Eksterior

Honda Civic Excellent body Brio

Tampilan depan Honda Civic Excellent body Brio (Youtube: Paijo Zelasco)

Melihat tampilan luar, Honda Civic Excellent 1980 ini benar-benar terlihat seperti Brio pada umumnya. Setelah pemasangan mesin dan kaki-kaki, bagian fascia Brio generasi pertama kembali dipasang dengan meliputi bonnet, fender, grill, lampu serta bumper. Untuk lingkar rodanya sendiri mengaplikasikan velg kepunyaan Kia Picanto yang dilabur warna silver.

Honda Civic Excellent body Brio

Tampilan belakang Honda Civic Excellent body Brio (Youtube: Paijo Zelasco)

Pewarnaan body, mobil ini dicat ulang dengan warna hijau menyesuaikan keterangan warna mobil Civic Excellent yang ada di STNK. Untuk jenis yang digunakan sendiri mengaplikasikan warna hijau metallic Brio lansiran 2012-2013 dengan status CBU.

Interior

Honda Civic Excellent body Brio

Area kokpit Honda Civic Excellent body Brio (Youtube: Paijo Zelasco)

Honda Civic Excellent 1980 yang dikamuflase menggunakan body Brio ini untuk bagian dalamnya mengaplikasikan kepunyaan Brio. Seperti yang bisa dilihat, didalamnya sudah dilengkapi power window di kursi depan, dan head unit layar sentuh. Untuk sistem pendingin udaranya, mobil ini hanya mengandalakan kipas angin yang diletakan di plafon dekat dengan lampu kabin.

Honda Civic Excellent body Brio

Interior Honda Civic Excellent body Brio (Youtube: Paijo Zelasco)

Karena basicnya adalah Honda Civic Excellent 1980, mobil ini juga belum menggunakan power sterring dan remnya yang sedikit dalam.

Baca juga: Toyota Voxy 2022 Sudah Mendarat di Indonesia, Bisa Order Mulai Sekarang

Sekilas Mengenai Honda Brio Generasi Pertama

Honda Civic Excellent body Brio

Honda Brio generasi pertama

Honda Brio pertama kali diperkenalkan di Tanah Air oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada Agustus 2012. Saat itu, Honda Brio 2012 yang berstatus Completely Built Up (CBU) Thailand untuk harga baru tipe teratasnya dibandrol Rp170 juta.

Supaya bisa dapat mengisi segmen low cost green car (LCGC), satu tahun setelah peluncuran perdana, pada 11 September 2013 HPM kembali memperkenalkan Brio yang diketahui merupakan garapan dalam negeri.

Saat itu Honda Brio buatan dalam negeri ditawarkan Rp117 juta untuk tipe E yang diketahui merupakan tipe termahalnya.

Honda Civic Excellent body Brio

Mesin Honda Brio 1.3

Honda Brio berstatus CBU Thailand yang melantai di Indonesia pada 2012, diketahui hadir dengan tiga tipe, yakni A, S dan E. Ketiganya ini dibenamkan mesin L13A 1.3L i-VTEC SOHC 1.339 cc yang mana mampu melecutkan tenaga hingga 100 PS @6.000 rpm dengan torsi 127 Nm @4.800 rpm.

Sedangkan Honda Brio 2013 buatan dalam negeri, disematkan mesin L12B berkapasitas 1.198cc SOHC i-VTEC yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 88 PS @6.200 rpm serta torsi puncak 110 Nm @4.900 rpm.

Baik Brio 1.3L dan 1.2L lansiran 2013 yang ada di Indonesia ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan.

Mengenai fitur unggulan, Honda Brio 2012 berstatus CBU lebih lengkap dibandingkan Brio 2013 garapan dalam negeri. Seperti yang bisa kalian ketahui, Brio 2012 berhasil mendapatkan fitur berupa Anti-lock Braking System (ABS) yang berfungsi ketika terjadi penguncian roda saat pengereman mendadak, serta Electronic Force Distribution (EBD) yang berfungsi untuk mendistribusikan pengereman sesuai dengan beban kendaraan.

Honda Civic Excellent body Brio

Fitur keselamatan Honda Brio 2012 lebih lengkap

Disisi lain, mobil ini juga memperoleh teknologi Honda G-Force Control (G-CON) + ACE yang bertugas sebagai peredam saat terjadi benturan, serta melindungi kabin penumpang saat bertabrakan. Untuk memberikan perlindungan secara lebih, Dual SRS Airbag juga terpasang di posisi pengemudi dan penumpang bagian depan.

Sebagai tambahan, varian CBU nya ini juga mendapatkan Deffoger di kaca belakang, Tilt Steering, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Pedestrian Protection, Security Alarm, serta Immobilizer Anti-Theft System.

Tidak seperti Honda Brio 2013, untuk bisa masuk dalam segmen kendaraan LCGC dengan harga terjangkau, mobil ini mendapatkan penyunatan fitur. Dimana Brio 2013 hanya mendapatkan fitur berupa Dual SRS Airbags, Rangka body G-CON + ACE, sabuk keselamatan pretensioner dengan load limiter, Pedestrian Protection, Security Alarm serta immobilizer.

Baca juga: Mirip Tapi Lebih Murah Sampai Rp53 jutaan, Ini Perbedaan Honda Brio Satya dan Brio RS

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil