window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Industrinya Makin Maju, Modifikasi dan Aftermarket Kini Jadi Bagian Gaya Hidup di Indonesia

Adit · 29 Jan, 2022 18:39

Industrinya Makin Maju, Modifikasi dan Aftermarket Kini Jadi Bagian Gaya Hidup di Indonesia 01

  • Pihak NMAA akan kembali mengelar pameran modifikasi di JCC Senayan, Jakarta.
  • Industri modifikasi di Indonesia terus berkembang pesat.

Modifikasi adalah bagian yang termasuk dalam industri otomotif di Indonesia. Biasanya para pemilik kendaraan merasa tidak puas dengan kondisi standar mobil atau mtoor miliknya. Untuk itulah mereka menambah sejumlah aksesoris atau melakukan proses modifikasi lain.

Kondisi ini yang membuat industri aftermarket turut menjamur. Adanya permintaan dari pemilik kendaraan guna mempercantik penampilan tunggangannya, membuat industri aftermarket otomotif Tanah Air pun semakin berkembang.

Pihak National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) pun melihat par apelaku industri modifikasi dan aftermarket ini harus dirangkul agar semakin kreatif dan terus tumbuh. Karena itulah gelaran Indonesia Modification Expo (IMX) 2022 direncanakan yang akan kembali dihelat pada 1-2 Oktober mendatang di Hall A JCC Senayan, Jakarta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menurut Founder NMAA, Andre Mulyadi dunia modifikasi otomotif maupun aftermarket erat kaitannya dengan gaya hidup. Karena itulah dalam pameran tersebut akan memasukkan unsur otomotif 70 persen dan 30 persen lifestyle. "Juga ada keseruan baru dari diecast yang akan berkolaborasi, sesuai tema tahun ini The Indonesian Kalcer," katanya.

Baca Juga: Makin Mewah, Modifikasi Toyota Sienta Bisa Bercita Rasa Lexus

Lewat Modifikasi Indonesia Bisa Mendunia 

Industrinya Makin Maju, Modifikasi dan Aftermarket Kini Jadi Bagian Gaya Hidup di Indonesia 01

Teknologi industri aftermarket otomotif Indonesia semakin berkembang

Ketua Dewan Komite NMAA Bambang Soesatyo juga mengatkan dukungannya pada industri modifikasi, dalam upaya memperkuat industri otomotif nasional. Dunia modifikasi menurut dia bisa menjadi pintu bagi Indonesia semakin mendunia lewat karya-karya yang dapat dinikmati orang banyak. 

"Bisnis modifikasi dan aftermarket ini ke depan makin menggairahkan dan membuka ruang lebar bagi kreativitas anak muda kita. Di 2045 yang kita tahu 387 juta penduduk dominasinya anak muda, yang kita tahu mereka memiliki kendaraan maunya dimodifikasi, ini tantangan, tangkap peluang itu," katanya.

Baca Juga: Daihatsu Rocky Ternyata Bisa Diajak Offroad, Cuma Modifikasi Bagian Ini

Modifikasi Otomotif Lekat dengan Gaya Hidup Kekinian

Lebih lanjut Andre menjelaskan modifikasi otomotif baik mobil atau pun motor kerap dikaitkan dengan konten lifestyle dan hobi.Bahkan tak jarang ajang modifikasi juga masuk ke acara sneakers, kustom diecast, pameran seni, bahkan hingga ke NFT area. 

Industrinya Makin Maju, Modifikasi dan Aftermarket Kini Jadi Bagian Gaya Hidup di Indonesia 02

Salah satu karya modifikator lokal terbaik

Ia pun berharap pameran yang akan dilaksanakan Oktober 2022 mendatang bisa menjadi momentum awal menyambut industri kreatif dari dunia modifikasi Indonesia kembali bergairah di tahun ini. 

Baca Juga: Awas Ketipu, Ini Bukan Mercedes-Benz G63 Brabus Tapi Suzuki Jimny Modifikasi

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil