Makin Mewah, Modifikasi Toyota Sienta Bisa Bercita Rasa Lexus

Yongki Sanjaya · 16 Des, 2020 20:00

Tren dunia modifikasi cukup beragam, ada yang kejar performa atau cuma merombak penampilan. Beberapa waktu yang lalu, beredar foto yang viral di sosial media Instagram dan Facebook sosok Toyota Sienta dengan wajah Lexus. Adalah Faizal Valey, sosok kreatif di balik modifikasi ini.

Seperti kita ketahui, Lexus adalah sub brand Toyota untuk segmen premium. Beberapa modelnya adalah upgrade dari mobil kelas atas di Toyota, seperti dari Crown atau Alphard. Nah, supaya Toyota Sienta ikut naik kasta maka Faizal Valey dari Valdi Customs secara eksklusif merancang bemper Sienta bergaya Lexus.

Ini adalah kali kedua Valey bersama dengan Andry dari Ghizmotech merancang bemper kit Lexus untuk Sienta. Karena pada tahun lalu ia juga membuat bemper kit yang terinspirasi Lexus. Untuk versi pertama yang disebut Lexus 1.0 ini mengambil inspirasinya dari Lexus RX.

"Ini buatan kita sudah versi kedua. Untuk eksterior design kita kembangkan Sienta 1.0 dan Sienta 2.0. Untuk yang pertama ambil basis dari Lexus RX dan yang kedua diambil referensi dari series Lexus LS," jelas Andry dari Ghizmotech pada Autofun.

Lebih lanjut, Andry menyebut kalau proses membuat bemper dan grill ini benar-benar dari nol. Sekarang ini Andry sedang menyiapkan produksi untuk Sienta 2.0 yang meluncur pada Januari 2021 mendatang. Dalam merancang master product dari Sienta 2.0 ini butuh waktu hingga 7 minggu.

Body Kit Toyota Sienta Rasa Lexus Tersedia Eksklusif

Saat ini Lexus mengusung desain grille pada kendaraan mereka yang disebut dengan ‘Spindle Grille’. Bentuk grille yang memanjang kebawah dengan garis lekukan yang tajam. Lekukan grillnya bergaya aksen huruf X sehingga menyiratkan kesan agresif, modern, dan mewah. 

Dalam menggarap bemper Sienta bergaya Lexus ini, Valey pun menginginkan adanya eksklusivitas. Untuk Sienta 1.0 sebelumnya, cuma membuat sebanyak tujuh buah saja. Prosesnya masih handmade sehingga Valey menganggapnya sebagai karya seni otomotif. 

"ini hand made, tidak melalui proses injection mold. Jadi jatuhnya ke art ya, baiknya kita buat limited sesuai keinginan desainernya (Valey). Selain itu, karena kena dampak Covid di awal tahun," jelas Andry yang juga ikut membidani Sienta 1.0.

Hasilnya pun sudah ditebak, Sienta jadi kelihatan lebih mewah dan premium. Untuk bahan dasarnya, bemper ini memakai fiberglass. 

Namun, Andry mengaku ada rencana supaya grillnya memakai bahan alumunium. Ada marking tanda tangan si pemilik mobil juga supaya lebih prestisius.

"Ada rencana grille-nya kita buat dengan Pengecoran Alluminum dengan finishing Anodize. Kemudian dibubuhi dengan laser marking tanda tangan pembeli," ungkapnya.

Untuk versi 2.0 ini lekukannya lebih halus supaya menguatkan kesan elegan. Grille besar yang menyambung dari front headlight hingga bagian bawah front bumper. Karakter tegas dengan garis tajam menjadi ciri khas desain Lexus pada saat ini.

Harga Paket Body Kit Toyota Sienta Ala Lexus

Untuk paket bemper depan ini Andry menyebut bila harganya nanti dijual Rp 6 juta. Tidak usah khawatir soal warna, karena saat pemesanan ini sudah tinggal pasang sesuai cat mobil si pembeli.

Sekarang ini, Valdi Customs sedang menyiapkan versi final produksi yang akan tersedia pada Januari 2021 mendatang. Untuk menjaga eksklusivitasnya, Andry menyebut kalau bemper ala Lexus ini cuma tersedia sebanyak 34 unit saja.

"Kalau sudah final produksi, kapasitas kami perbulan bisa 17 unit. Untuk sienta lexus 2.0 ini kami akan membuat limited hanya 34 unit," bebernya.

Modellista Jepang, Pelopor Tren Lexus Style di Mobil Toyota

Mobil Lexus memang memiliki desain grill mewah dan eksklusif yang sering menjadi sumber inspirasi bagi untuk modifikasi desain muka di mobil khususnya Toyota. 

Tren Lexus Style ini sempat naik daun saat Modellista merancangnya untuk Toyota Fortuner. SUV bongsor ini cangkok gaya khas gril milik Lexus LX dengan spindle grill.

Kemudian ada lagi karya dari Wald International, rumah modifikasi asal Jepang kembali membuat kreasi body kit untuk Toyota Alphard. Konsepnya mengikuti style dari Lexus LM300h. 

Kesimpulan 

Tren modifikasi dengan gaya Lexus ini sebenarnya bukanlah hal baru. Namun, baru Valdi Customs sebagai modifikator lokal yang benar-benar serius menggarap bemper kit dengan gaya Lexus. Rumah modifikasi yang berlokasi di daerah Cikunir, Bekasi, memilih Sienta sebagai 'kanvas' untuk mengaplikasikan karyanya. 

Harga yang dipatok oleh Valdi Customs ini Rp 6 juta. Memang angka tersebut sedikit mahal bagi sebagian orang, namun Valdi Customs ini juga menyiapkan bemper Lexus style ini secara eksklusif. Jadi, cuma 34 unit saja yang tersedia sehingga modifikasi ini cukup istimewa. 

 

Komentar