Perbandingan Toyota Great Corolla (Greco) vs Honda Civic Genio, Icon Sedan Gaul 90-an

Yongki Sanjaya · 13 Agu, 2021 13:00

Perbandingan Toyota Great Corolla (Greco) vs Honda Civic Genio, Icon Sedan Gaul 90-an 01

Era 90-an memang menjadi era keemasan bagi para pabrikan mobil yang mengeluarkan mobil sedan. Ini karena karena permintaan masyarakat yang tinggi untuk mobil sedan pada waktu itu. Dari sekian banyak model, Toyota Great Corolla alias Greco vs Honda Civic Genio menunjukkan rivalitas yang sengit.

Sebab, keduanya berada pada segmen yang sama namun dengan karakter pengguna yang sedikit berbeda. Greco ini cenderung lebih banyak dimiliki oleh kalangan berusia mapan (di atas 40 tahun). Sedangkan Civic Genio adalah simbol sedan anak muda kaya raya saat itu.

Era 90-an mobil sedan lebih populer ketimbang MPV atau minibus sekaligus sebagai simbol status kemapanan. Kedua sedan tersebut mempunyai desain bodi long lasting, artinya tidak ada kesan tua meskipun keduanya adalah mobil tahun 90-an. Untuk bandrol harga bekas yang ditawarkan juga tak jauh berbeda.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Popularitas kedua sedan ini bisa tetap dikenal sampai sekarang karena mengusung desain yang berkarakter kuat, dan tidak ketinggalan zaman. Selain itu, ketersediaan suku cadangnya masih mudah dicari, bahkan hingga di kota-kota kecil.

Lantas, apa sih perbedaan menarik dari kedua model ini? Mari kita ulas lebih mendalam sosok Greco dan Genio ini.

Honda Civic Genio, Sedan Legendaris dan Jadi Andalan Mendiang Nika Ardilla

Perbandingan Toyota Great Corolla (Greco) vs Honda Civic Genio, Icon Sedan Gaul 90-an 01

Kamu yang anak 90-an pasti sudah tak asing dengan sosok penyanyi perempuan asal Bandung yaitu Nike Ardilla. Ya, penyanyi yang wafat di tahun 1995 ini adalah salah satu pembesut Civic Genio.

Sudah sejak awal, Civic Genio ini hadir sebagai mobilnya anak muda. Genio merupakan generasi kelima dari Civic, yang diproduksi dari tahun 1992 sampai 1995. 

Memang, Genio ini menjadi mobilnya anak muda era 90-an dengan ukuran yang compact dan desain membulat. penampilan begitu sporty dan aerodinamis, modal dasar sebagai sedan dengan konsep sporty. Evolusi desainnya termasuk radikal dengan meninggalkan kesan kotak yang sempat populer pada 70 hingga 80-an.

Perbandingan Toyota Great Corolla (Greco) vs Honda Civic Genio, Icon Sedan Gaul 90-an 02

Honda Genio menggantikan posisi Honda Grand Civic yang memiliki desain mengotak. Sedan ini menggunakan mesin SOHC 4valve non VTEC berkapasitas 1600cc (1590cc) 4 silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 120HP dan torsi 144Nm.

Tenaga mesin Civic Genio pada saat itu menjadi yang terbesar di kelasnya. Material blok mesin aluminium juga menjadi salah satu andalan Honda dalam menciptakan mobil yang efisien bertenaga besar.

Civic Genio, Sedan 90-an dengan Fitur Modern

Perbandingan Toyota Great Corolla (Greco) vs Honda Civic Genio, Icon Sedan Gaul 90-an 03

Civic Genio mempertahankan semua keunggulannya mulai dari awal muncul di tahun 1992 sampai berakhir di tahun 1995. Fitur Genio termasuk lengkap dan modern pada masanya, karena tidak mengalami downgrade saat masuk ke Indonesia.

Dengan tenaga yang besar, maka Honda memberikan Rem cakram di keempat roda dan velg alloy sehingga menegaskan kesan sporty pada Civic. Ini juga membuat Genio sebagai satu-satunya sedan 1.600 cc yang menerapkannya rem cakram di semua roda.

Tidak cuma itu, kaki-kaki didukung sistem suspensi double wishbone yang mampu memberikan kestabilan dan kelincahan dalam berkendara.

Perbandingan Toyota Great Corolla (Greco) vs Honda Civic Genio, Icon Sedan Gaul 90-an 04

Power steering, power window, central lock dan child lock untuk keamanan penumpang anak kecil, hingga seat belt atau sabuk pengaman bahkan untuk jok belakang menjadi standar fitur. Sistem audio bawaan mobil juga sudah sangat baik karena mengandalkan head unit Alpine dan AC memakai merk Sanden jenis rotary. 

Toyota Great Corolla, Sedan Nyaman Andalan 'Bapak-bapak'

Perbandingan Toyota Great Corolla (Greco) vs Honda Civic Genio, Icon Sedan Gaul 90-an 05

Bila membandingkan karakter antara Greco vs Genio, maka pengguna Greco ini biasanya dari kalangan usia yang lebih mapan. Artinya, Corolla lebih banyak digunakan oleh kalangan bapak-bapak saat itu, walau tak sedikit juga anak muda yang memakainya. 

Ini karena konsep Great Corolla mengambil langsung dari Lexus, jelas kenyamanan jadi salah satu keunggulan utama sedan ini. Greco menggunakan sistem suspensi McPherson Strut independen untuk bagian depan dan belakang yang settingan bantingannya empuk. 

Konstruksinya yang sederhana membuat Greco ini mempunyai kaki kaki yang bandel dan sangat mudah dan murah untuk diperbaiki. Namun, kelemahan sistem suspensi ini membuat handling Greco tidak sebaik Genio atau Lancer yang memakai double wishbone.

Bagaimana dengan fiturnya? 

Toyota Great Corolla, Sedan Motuba dengan Fitur Sederhana

Perbandingan Toyota Great Corolla (Greco) vs Honda Civic Genio, Icon Sedan Gaul 90-an 06

Untuk ukuran mobil sedan kelas menengah, Greco ini fitur-fiturnya pun masih sederhana. Sebut saja head unit single din, AC dengan tombol arah semburan, dan heater. 

Setirnya pun masih sangat jadul dengan model empat palang namun sudah dilengkapi dengan tilt steering. Sayangnya belum dilengkapi airbag untuk fitur keselamatan. Namun Greco sudah dilengkapi dengan fitur retract kaca spion, sehingga kamu nggak perlu repot menutup kaca spion saat melewati jalan sempit. 

Mesin dan Durabilitas Toyota Great Corolla, Seperti Apa Kehebatannya?

Perbandingan Toyota Great Corolla (Greco) vs Honda Civic Genio, Icon Sedan Gaul 90-an 07

Salah satu yang membuat Toyota Great Corolla ini diminati banyak orang adalah mesinnya yang bandel. Greco dibekali mesin berkode 4A-FE dengan kapasitas 1.600 cc dengan tenaga 115 hp pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 147 Nm di 4.700 rpm. 

Tenaganya cukup besar saat melihat volumetric silinder dan tahun pembuatan mobilnya, meskipun kalah sedikit dari Genio. Kelebihan mesin 4A-FE ini sudah terasa nyaman saat digunakan pada rpm rendah.

Perbandingan Toyota Great Corolla (Greco) vs Honda Civic Genio, Icon Sedan Gaul 90-an 08

Bicara soal durabilitas, Greco jelas tak diragukan lagi karena unit bekasnya lebih mudah ditemui ketimbang Genio. Greco masih banyak berseliweran dalam kondisi sehat, karena alasannya sederhana, Greco mesinnya masih asli buatan Jepang. 

Dibanding mobil lainnya atau yang sejenis Greco lebih bandel dan kuat, karena penggunanya dulu kebanyakan dari kalangan bapak-bapak yang jarang memodifikasi untuk balapan. Apabila mengalami kerusakan, Greco juga lebih mudah diperbaiki karena suku cadang yang gampang dan lebih murah. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Honda Civic International Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru