Harga Bekas Menggiurkan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Soluna

Enda · 22 Nov, 2021 14:30

Toyota Soluna

Kelebihan dan kekurangan Toyota Soluna

Menilik sedikit sejarahnya, Toyota Soluna pertama kali diproduksi pada 1994 oleh Toyota Motor Thailand sebagai sedan sub kompak dengan harga terjangkau. Di Tanah Air, Soluna diperkenalkan pada tahun 1997 yang saat itu juga berhadapan langsung dengan rival sejawatnya, yakni Timor S515, Hyundai Accent dan juga Honda City Type-Z.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, penjualan Toyota Soluna di Indonesia dihentikan pada 2002. Sebelum didiscontinue, Soluna sempat mengalami satu kali penyegaran pada tampilan luar serta beberapa di bagian dalamnya.

Sebagai informasi, Soluna ditawarkan dalam dua varian, yakni XLi dan GLi yang merupakan trim teratasnya. Perlu diketahui, untuk tipe Gli sudah dilengkapi dengan AC, tape, remote alarm, electric mirror, power window, central lock serta tachometer. Sedangkan varian termurahnya hanya mengandalkan AC dan radio tape.

Oh iya, untuk tipe terbawahnya, XLi sebagian besar digunakan sebagai armada taksi serta mobil operasional perusahaan. Bicara harga bekasnya, mobil ini bisa dibilang sangat menggiurkan. Bagaimana tidak, melansir salah satu situs jual beli mobil bekas, Toyota Soluna kini ditawarkan mulai dari Rp25-Rp55 jutaan.

Namun sebelum berniat untuk membelinya, simak kelebihan dan kekurangan Toyota Soluna berikut ini.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Limo Gen-2, Sedan Murah Penampilan Mewah

Kelebihan Toyota Soluna

1. Toyota Soluna Pakai Mesin 1.500 Cc yang Jarang Rewel

Toyota Soluna

Toyota Soluna dibenamkan mesin injeksi 1.5L dengan tingkat durabilitas yang tinggi

Bicara dapur pacu, Toyota Soluna tersematakan mesin 1.5 liter berkodekan 5A-FE 4 silinder segaris 16 valve dengan teknologi Twin-cam EFI yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 95 PS @5.600 rpm serta torsi puncak 124 Nm @4.800 rpm. Selain bertenaga, mesin yang digunakannya ini terbukti memiliki tingkat durabilitas yang baik. Hal ini dibuktikan pada armada taksi yang sudah menempuh jarak ratusan ribu kilometer tidak mengalami kendala bahkan ada yang tidak sampai turun mesin.

2. Konsumsi BBM Toyota Soluna Terbilang Irit

Toyota Soluna

Konsumsi BBM Toyota Soluna cukup irit

Didukung dengan sistem pembakaran Electronif Fuel Injection (EFI), konsumsi BBM Toyota Soluna terbilang cukup efisien. Dengan perbandingan rasio kompresi di angka 9.5:1, penggunaan dalam kotanya mampu menempuh jarak hingga 13 km/liter. Sedangkan luar kotanya bisa mencapai 15-16 km/liter.

3. Tarikan Enteng Karena Bobot yang Ringan

Toyota Soluna

Bobot Toyota Soluna terbilang ringan sehingga tarikannya cukup responsif

Secara bentuk, Toyota Soluna terinspirasi dari Toyota Tercel generasi 5 yang membuatnya terlihat mirip dengan sedan murah di daratan Eropa tersebut. Menurut data di atas kertas, Toyota Soluna memiliki panjang 4.120  mm, lebar 1.661 mm dan tinggi 1.349 mm. Untuk wheelbasenya sendiri berada di angka 2.380 mm.

Bicara mengenai Curb Weight atau berat kendaraan dengan segala kelengkapan orisinalnya dalam kondisi tanki bahan bakar terisi penuh (90% kapasitas, mobil ini berada di angka 909 kg. Berat kendaraan yang tidak mencapai 1 ton, membuat tingkat responsifnya terasa enteng baik pada tarikan bawa maupun atasnya.

4. Handling Toyota Soluna Terasa Cukup Stabil

Toyota Soluna

Toyota Soluna cukup stabil

Untuk kontruksi suspensinya, Toyota Soluna menggunakan McPherson strut di roda depan dan torsion beam di roda belakangnya. Hal ini menjadikan Soluna cukup stabil dalam berakselerasi maupun bermanuver. Mengenai tingkat kenyamanan yang dihasilkan dari suspensinya tersebut, mobil ini bisa dibilang sedikit keras namun masih terasa nyaman.

5. Spare Part Toyota Soluna Terbilang Murah dan Mudah dalam Perawatan

Toyota Soluna

Spare part Toyota Soluna mudah ditemukan di seluruh penjuru nusantara

Kelebihan berikutnya yang ada di Toyota Soluna adalah spare partnya. Dimana untuk suku cadangnya sendiri terbilang murah dan mudah ditemukan. Apabila spare part yang dicari tidak ada, kalian bisa menggunakan persamaannya dengan mobil lain seperti Starlet ataupun Corolla.

Mengenai perawatannya, mobil ini juga terbilang mudah. Yang terpenting rajin untuk melakukan tune up, mengecek kondisi busi, mengganti oli secara teratur, serta mengecek air radiator.

Baca juga: Tengok Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terrano, SUV Macho dengan Harga Bekas Terjangkau!

Kekurangan Toyota Soluna

1. Toyota Soluna Lemah di Kaki-kaki Bagian Depan

Toyota Soluna

Toyota Soluna lemah di kaki-kaki depan

Setelah mengulas kelebihan, kini saatnnya membahas mengenai kekurangannya. Permasalahan yang kerap kali menimpa pemilik mobil ini adalah kaki-kaki bagian depan. Timbulnya suara ‘gluduk’ pada mobil ini dikarenakan karet bushing di swing arm sudah mulai mulai getas, karet ball joint pecah, serta karet tie rod yang jebol yang sudah termakan usia.

2. Kabin Terasa Sempit

Sebagai sedan sub-kompak, mobil ini terasa kurang nyaman ketika dimuati lima orang sekligus. Hal ini dikarenakan ruang kabinnya sendiri tidak cukup luas serta adanya ruang fender.

3. Menggunakan Timming Belt

Harga Bekas Menggiurkan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Soluna 07

Toyota Soluna masih menggunakan timming belt

Toyota Soluna masih menggunakan timming belt untuk dapat menggerakan Crankshaft dengan Camshaft secara selaras. Penggunaan timming belt pada mobil ini wajib melakukan pergantian setiap 40.000 km – 100.000 km.

Apabila lupa melakukan pergantian, gejala yang umumnya terjadi adalah timming belt putus ketika mobil sedang digunakan. Bila itu terjadi, mesin mobil biasanya akan mati seketika akibat piston yang bertabrakan dengan klep. Selain itu, timming belt akan mudah rusak bila terkena oli, bensin, dan semacam cairan lainnya karena berbahan dasar karet.

4. Rem Kurang Pakem

Beberapa pemilik mengeluhkan soal sistem pengereman Toyota Soluna yang kurang pakem. Hal ini bisa disiasatinya dengan mengganti booster kepemilikan Toyota Starlet GT maupun Corolla.

Kesimpulan

Beberapa ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Soluna behasil kami sampaikan di atas. Untuk keluarga beranggotakan lima orang yang sedang mencari mobil dengan budget Rp25 jutaan, mobil ini masih layak untuk dipertimbangkan. Mengingat mobil ini terbilang cukup bandel, mudah dalam perawatan serta memiliki harga suku cadang yang murah.

Oh iya, untuk Toyota Soluna dengan harga Rp25 jutaan, biasanya kendaraan yang ditawarkan adalah unit ex taksi. Apabila ingin mendapatkan unit yang bukan bekas taksi, kalian bisa mempersiapkan budget lebih banyak Rp10 juta sampai dengan Rp15 juta. Sebagai informasi tambahan, untuk tipe GLi tersedia transmisi otomatis yang cocok digunakan di kota-kota besar.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Honda Freed, MPV Nyaman yang Bisa Dipertimbangkan

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Vios E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru