window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Intip Teknologi Baterai Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter yang Akan Dijual Tahun Depan

Herdi · 18 Agu, 2023 20:09

Intip Teknologi Baterai Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter yang Akan Dijual Tahun Depan 01

Mitsubishi Fuso eCanter merupakan salah satu truk listrik yang rencananya akan dipasarkan pada tahun 2024 di Indonesia, oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) selaku distributor resmi kendaraan Fuso di Tanah Air.

Namun sebelum resmi dijual, Fuso eCanter generasi terbaru turut memeriahkan gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang disebut Next Generation eCanter. 

Menurut President and CEO Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) Karl Deppen, alasan dihadirkannya Next Generation eCanter tak lepas dari pemanasan global dan polusi udara yang menjadi tantangan yang signifikan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Meluncur Tahun Depan, Sasar Pengusaha Logistik

President and CEO Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) Karl Deppen

President and CEO Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) Karl Deppen dan  President Director PT KTB Nobukazu Tanaka berpose di depan eCanter

"Sebagai OEM, MFTBC merasa memiliki tanggung jawab untuk melakukan sesuatu tentang hal ini, dan berkontribusi dalam mengurangi karbonisasi bagi industri otomotif. Di sinilah eMobility berperan," ujar Karl saat ditemui disela acara di GIIAS 2023.

Sementara itu, President Director KTB Nobukazu Tanaka, mengatakan, Next Generation eCanter untuk pertama kalinya dibawa ke Indonesia melalui acara GIIAS 2023. 

"Sebelumnya, KTB juga telah melakukan uji coba dengan eCanter dengan beberapa konsumen," ujar Tanaka.

Baca juga: Ada Edisi Ulang Tahun ke-60 Mitsubishi Fuso Canter di GIIAS 2023

Tampilan depan Fuso eCanter

Tampilan depan Fuso eCanter

Menurut dia, saat dilakukan pengujian, Fuso eCanter telah menempuh jarak kurang lebih 10.000 kilometer tanpa ada kendala yang berarti serta mendapatkan respon positif.

"Dengan teknologi canggih di Next Generation eCanter ini, kami berharap dapat lebih memberikan kenyaman bagi pengemudi dan juga berkontribusi kepada lingkungan yang lebih baik," ujarnya. 

Keunggulan Next Generation eCanter

Meski secara detail Fuso eCanter terbaru untuk pasar Indonesia belum diumbar, namun versi terbaru ini diklaim telah mengalami berbagai pembaruan baik fungsi maupun fitur.

Baca juga: Intip Kecanggihan Truk Fuso Canter Pakai Cold Chain yang Bertugas untuk PT Pos Logistisk

Tiga varian truk Fuso eCanter

Tiga varian truk Fuso eCanter

Dalam keterangannya, Next Generation eCanter dipastikan sepenuhnya bertenaga listrik sehingga bebas emisi gas buang.

Selain itu, truk ini memiliki jarak tempuh yang lebih jauh dengan akselerasi yang bertenaga, mudah dioperasikan, dan cocok untuk sektor logistik di area perkotaan, serta, distribusi lokal. 

Dengan pengembangan teknologi yang lebih canggih membuat truk ini tidak bising saat dikendarai dan telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan. 

Interior Fuso eCanter

Interior Fuso eCanter

Fuso eCanter terbaru ini juga dianggap membuat pengemudi dapat melakukan pengiriman barang dan jasa secara efisien, dan aman sekaligus dapat melindungi lingkungan.

Tidak sampai disitu, eCanter ini juga disebut sudah disematkan teknologi eAxle yaitu teknologi canggih yang hadir dengan driveline ringkas tanpa propeller shaft. 

Dengan teknologi eAxle ini pula, terdapat beberapa keunggulan antara lain biaya perawatan jadi lebih rendah, mudah diservis, halus, gesit, dan akselerasi yang mulus karena minim guncangan perpindahan gigi atau gangguan torsi, sehingga jadi lebih nyaman untuk berkendara.

Punya Tiga Ukuran Baterai

Di situs Mitsubishi Fuso

Di situs resmi Mitsubishi Fuso ada tiga varian eCanter terbaru

Diketahui eCanter ini memiliki tiga pilihan ukuran baterai, karena menyesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen. 

Model ini dilengkapi ukuran baterai dengan tiga variasi yaitu ukuran S, M dan L yang menghasilkan performa tenaga dan jangkauan kendara berbeda dalam sekali pengisian.

Adapun untuk baterai size S sejatinya dayanya hanya 41 kWh untuk menempuh jarak 70-100 km, lalu size M 83 kWh untuk jarak tempuh 120-150 km, serta size L dibebani daya 124 kWh yang dapat melaju sejauh 170-200 km.

3 Jenis baterai truk Fuso eCanter

3 Jenis baterai truk Fuso eCanter

Sementara yang dipajang di GIIAS 2023, baterai yang digunakan untuk Next Generation eCanter memiliki baterai size M. 

"Variasi pada ukuran baterai akan memudahkan pengguna menyesuaikan kebutuhannya," tulisnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia