window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Hyundai Creta Pakai Ventilated Seat, Apa Sih Keistimewaannya?

Enda · 4 Okt, 2022 13:00

Ventilated seat

Beberapa mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fiur ventilated seat. Salah satu mobil baru di Indonesia yang menggunakan fitur ini adalah Hyundai Creta varian Style dan Prime.

Dalam ventilated seat sendiri terdapat sejumlah kipas yang dapat mengalirkan udara sejuk ke pipa-pipa plastik. Selanjutnya udara tersebut dihembuskan melalui lubang pori-pori pada bagian alas dan sandaran jok.

Ventilated seat mempunyai sensor yang dapat mengeluarkan udara sejuk dan membantu kinerja AC mobil secara optimal. Fitur ini akan memberikan efek dingin pada bagian punggung dan paha dari pengemudi serta penumpang karena letaknya yang berada di dalam jok.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kondisi cuaca panas kursi berventilasi ini akan berkerja secara otomatis memberikan udara sejuk untuk dihembuskan. Saat cuaca dingin, ventilated seat mengembuskan udara hangat dengan otomatis melalui kisi-kisi pada jok.

Lantas apas sih keistimewaan lain dari ventilated seat sehingga sangat cocok untuk mobil di iklim tropis? Berikut ulasannya.

Baca juga: Ini Detil Eksterior dan Interior Wuling Alvez, Calon Rival Honda HR-V dan Hyundai Creta

1. Temperatur Suhu Jok Berjalan Secara Otomatis

Ventilated seat

Udara yang dikeluarkan ventilated seat menyesuaikan tempratur suhu

Selain dapat memberikan udara sejuk, ventilated seat juga dapat menyalurkan udara panas sehingga sangat cocok saat berkendara di wilayah pegunungan atau ketika hujan.

Untuk suhu yang dikeluarkan berkerja secara otomatis menyesuaikan temperatur suhu yang didapat. Ketika mobil berada di cuaca yang panas, maka ventilated seat secara otomatis diatur menjadi suhu dingin.

Dan sebaliknya jika berkendara dalam kondisi dingin, akan otomatis mengatur suhunya menjadi hangat untuk memberikan udara hangat pada punggung pengguna mobil. Dengan keistimewaan yang dimiliki ini pengguna akan merasa lebih nyaman setiap kali berkendara pada kondisi yang berbeda-beda.

Namun sebagai catatan, untuk menjalankan fitur ini kalian diharuskan mengaktifkannya melalui tombol yang telah disediakan.

2. Mengontrol Sirkulasi Udara

Ventilated seat

ventilated seat dapat mengontrol sirkulasi udara

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, sirkulasi udara yang diterima oleh ventilasi ini akan masuk melalui rongga-rongga jok mobil dan ditampung pada ventilated seat. Selanjutnya udara dingin maupun panas akan dihembuskan melalui rongga-rongga jok.

Saat duduk di jok mobil terlalu lama, bagian punggung maupun paha tentu akan berkeringat. Dengan adanya ventilated seat ini sirkulasi udara pada jok akan berputar sehingga punggung maupun paha akan terasa sejuk.

Baca juga: Hyundai Creta Buatan Indonesia Sudah Masuk Malaysia

3. Ventilated Seat Dapat Mengontrol Kelembaban Udara

Ventilated seat

Ventilated seat bisa mengontrol kelembaban udara

Sirkulasi udara yang berkerja pada ventilated seat tak hanya memberikan udara sejuk maupun hangat. Sirkulasi udara yang baik jug dapat mengatur kelembapan udara yang sesuai. Dengan adanya ventilated seat ini, kelembapan jok bagian punggung dan paha juga dapat lebih terkontrol.

Maka dari itu ketika udara panas, ventilated seat akan menyesuaikan kondisi dan memberikan kenyamanan bagi pengguna mobil.

4. Sirkulasi Udara Ventilated Seat Tidak Bikin Masuk Angin

Ventilated seat

Ventilated seat tidak membuat penggunanya masuk angin

Berfungsi memberikan jalur udara mulai dari masuk jok hingga keluar melalui rongga-rongga jok, ventilated seat ini akan memberikan rasa dingin dan sejuk bagi pengguna yang duduk di jok. Keistimewaannya, ventilated seat tidak menggunakan sistem pendingin udara sehingga tidak akan membuat penggunanya masuk angin.

Sebagai pesaing dari Honda HR-V, fitur unggulan Hyundai Creta bukan cuma ventilated seat saja. Didalamnya kalian bisa menjumpai fitur lainnya seperti;  pusat informasi berupa Full TFT LCD Meter Cluster 10,25 inci dengan tampilan digital sebagai akses ke berbagai pengaturan fitur kenyamanan, termasuk pengaturan warna tampilan pada panel instrument cluster, yang juga dapat berubah saat menyesuaikan mode berkendara atau driving mode.

Mengenai sistem hiburannya Creta disematkan head unit layar sentuh berukuran 8 Inci dengan berbagai fitur yang dapat terhubung ke smartphone, serta penggunaan delapan speaker BOSE Premium Sound System.

Ventilated seat

Hyundai Bluelink

Oh iya, mobil ini juga telah dilengkapi dengan Hyundai Bluelink. Sebagaimana fungsinya fitur ini dapat memberikan akses penuh kepada pemilik dengan fitur penting yang berfungsi untuk mengetahui kondisi kendaraan saat ini, seperti: menghidupkan atau mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci dan membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, dan mengetahui dimana letak kendaraan diparkir.

Demi meningkatkan kenyaman serta memberikan gaya berkendara, mobil ini ditawarkan dengan fitur panoramic sunroof, ambient mood lamp, wireless smartphone charger, dan air purifier.

Baca juga: My Own Creta: Solusi Beli Hyundai Creta Tipe Trend Tapi Dapat Spek Premium

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Creta Dynamic Black Edition 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil