window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kia Sportage Bekas, Alternatif Lain SUV Jepang Dengan Harga di Bawah Rp200 Juta

Evan · 27 Agu, 2021 14:00

Kia Sportage Bekas, Alternatif Lain SUV Jepang Dengan Harga di Bawah Rp200 Juta 01

Kia Sportage kode bodi SL

Ketika Kia Sportage generasi ketiga meluncur di Indonesia pada tahun 2011, belum banyak SUV kompak sejenis yang menawarkan fitur selengkap mobil ini. Harganya yang saat itu menyetuh angka Rp400 juta membuat banyak calon konsumen kabur karena mereka belum percaya kualitas mobil buatan Korea mampu bersaing dengan pabrikan Jepang. Satu dekade sejak kemunculannya, Kia Sportage bekas justru banyak dicari calon pembeli.

Harganya yang kini sudah dibawah Rp 200 juta bisa menjadi alternatif pilihan bagi anda yang mencari mobil SUV, namun bosan dengan merek itu-itu saja. Fitur dan kualitas Kia Sportage bekas tak kalah menarik dari produk Jepang di tahun yang sama. 

Baca Juga:KIA Seltos Diesel Terdaftar di NJKB, Segini Perkiraan Harganya Bila Meluncur di 2021

Kia Sportage Bekas, Punya Desain khas Eropa

Kia Sportage Bekas, Alternatif Lain SUV Jepang Dengan Harga di Bawah Rp200 Juta 02

Sportage generasi ketiga

Siapapun pasti kaget mendengar bahwa mobil ini diluncurkan sepuluh tahun, mengingat desain nya yang masih fresh untuk mobil di tahun 2021. Penyebab hanya satu, desain Peter Schreyer yang revolusioner.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Peter, seorang mantan kepala desain Volkswagen dibajak oleh Kia di pertengahan tahun 2006 untuk membangkitkan penjualan mobil korea yang saat itu sedang lesu. Beberapa tahun kemudian ia memperkenalkan konsep khas yang akan digunakan seluruh mobil Kia, yaitu Tiger Nose.

Kia Sportage Bekas, Alternatif Lain SUV Jepang Dengan Harga di Bawah Rp200 Juta 01

Desain Tiger Nose khas Kia

Kia Sportage termasuk salah satu mobil hasil garapan Peter. Maka tak ayal, desain mobil ini lebih ke arah Eropa daripada Asia. 

Fascia depan menampilkan gril Tiger Nose yang terlihat menonjol keluar, diikuti penggunaan lampu mirip segitiga yang memanjang hingga ke bagian bodi. Mobil ini termasuk yang pertama kali hadir dengan LED DRL, membuatnya terlihat sangat modern.

Kia Sportage Bekas, Alternatif Lain SUV Jepang Dengan Harga di Bawah Rp200 Juta 02

Minus pilar D

Ke samping desain pilar D yang dihilangkan membuatnya terlihat unik. Penambahan side moulding plastik menjadi ciri khas SUV. Di belakang, desainnya masih cukup enak dipandang mata, dengan lampu sein ditempel pada bumper.

Mesin Jadi Nilai Plus

Kia Sportage Bekas, Alternatif Lain SUV Jepang Dengan Harga di Bawah Rp200 Juta 03

Mesin cukup tangguh

Kia Sportage yang ditawarkan di Indonesia hadir dengan dua pilihan mesin yaitu 2.000cc bensin Theta II bertenaga 166 PS dan torsi 190 Nm dan mesin diesel 2.000cc R CRDi dengan 177 hp dan torsi maksimum 382 Nm.

Masing-masing dipasangkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan, atau manual 6 percepatan. Mesin ini terkenal tangguh dan cukup irit di zamannya. Sayangnya semua Sportage di Indonesia dipasarkan dengan penggerak roda depan (FWD)

Baca Juga:Lebih Dekat dengan Kia Big-Up, Pick Up Pesaing Isuzu Traga dengan Harga Lebih Terjangkau

Interior Dengan Material Mewah

Kia Sportage Bekas, Alternatif Lain SUV Jepang Dengan Harga di Bawah Rp200 Juta 04

Interior modern

Bagian terbaik dari mobil ini sudah pasti interiornya. Fitur khas mobil Eropa bisa ditemukan di mana saja, mulai dari penggunaan soft touch di doortrim dan dashboard (khusus tipe Platinum), heater, hingga pedal gas model piano.

Kia Sportage Bekas, Alternatif Lain SUV Jepang Dengan Harga di Bawah Rp200 Juta 05

Dual Panoramic Sunroof

Ada juga dual panoramic sunroof, keyless, dan AC digital untuk tipe termahal. Jok juga sudah kulit dan dengan pengaturan elektrik, suatu hal yang jarang ditemukan pada SUV Jepang pada tahun itu. Kelemahan mobil mungkin hanya head unit yang tergolong lambat, walaupun sudah ada navigasi. 

Masalah Umum Kia Sportage Bekas, Apa Saja? 

Kia Sportage Bekas, Alternatif Lain SUV Jepang Dengan Harga di Bawah Rp200 Juta 06

Periksa sebelum membeli

Bagi Anda masih ingin mau meminang Kia Sportage generasi ketiga setelah melihat review Autofun, berikut masalah umum yang sering terjadi pada model ini. Pastikan pengecekan dilakukan dengan seksama agar mendapatkan mobil sehat.

1. Kaki-kaki Sering Bermasalah, Umumnya Bushing Arm

Kia Sportage Bekas, Alternatif Lain SUV Jepang Dengan Harga di Bawah Rp200 Juta 07

Bushing lemah

Masalah ini paling sering ditemukan untuk Spotage berusia diatas 5 tahun. Karena bushing arm generasi ketiga cukup kecil, dan terbuat dari karet maka mudah sekali untuk mengeras dan timbul bunyi-bunyi. Bushing arm yang bermasalah ini meliputi bagian depan dan belakang, stabilizer dan link stabilizer.

Biaya memang tidak terlalu mahal, namun membutuhkan waktu servis yang cukup lama karena harus melepaskan roda dan lower arm.

2. Van Belt Sering Bunyi

Kia Sportage Bekas, Alternatif Lain SUV Jepang Dengan Harga di Bawah Rp200 Juta 08

Van belt sering bermasalah

Biasanya ada banyak penyebab dari masalah van belt dan sering juga dikeluhkan oleh pemilik mobil. Tetapi umumnya kerusakan terjadi pada bagian bearing yang kering dan getas. Biaya penggantiannya cukup murah sekitar Rp 100 ribu, dan jika ingin mengganti van belt sekitar Rp 450 ribu.

Tensioner merupakan barang paling mahal, dengan biaya Rp1,5 juta. Pastikan bengkel mengetahui persis bagian yang rusak, karena biayanya bervariasi.

3. AC Tidak Dingin dan Sering Mati

Kia Sportage Bekas, Alternatif Lain SUV Jepang Dengan Harga di Bawah Rp200 Juta 09

sensor AC

Karena mobil ini juga memiliki heater maka mudah sekali sensor didalamnya mengalami kerusakan. Tugas part ini sebetulnya adalah memproteksi dan mengontrol kompressor hingga hembusan AC dapat menuju kabin. Harga komponen ini cukup mahal berkisar Rp 1 juta, belum termasuk jasa perbaikan. 

Baca Juga:Bisa Tahu Arah Kiblat, Ini 5 Keunggulan Kia Sonet 7-Seater Yang Harganya Tak Sampai Rp300 juta

Harga Bekas Kia Sportage Menggiurkan

Kia Sportage Bekas, Alternatif Lain SUV Jepang Dengan Harga di Bawah Rp200 Juta 10

Harga Sportage tipe diesel cukup mahal

Setelah anda melalui pengecekan dan yakin untuk meminang mobil ini, perhatikan harga yang diberikan penjual untuk tahun mobil yang anda beli. Kia Sportage di tahun terakhir penjualannya yaitu 2015 masih terjual sangat tinggi, hampir Rp200 juta untuk tipe Diesel 2.0.

Faktor mesin juga berpengaruh pada saat membeli mobil, karena mesin diesel biasanya jauh lebih mahal dibandingkan mesin bensin. Berikut merupakan harga pasaran Kia Sportage di daerah Jabodetabek.

Trim Tahun Harga
Kia Sportage EX,LX,Platinum 2011 Rp 117 Juta - Rp 125 Juta
Kia Sportage EX,LX,Platinum 2012 Rp 126 Juta - Rp 135 Juta
Kia Sportage EX,LX,Platinum 2013 Rp 135 Juta - Rp 150 Juta
Kia Sportage EX,LX,Platinum 2014 Rp 150 Juta - Rp 170 Juta
Kia Sportage EX,LX,Platinum 2015 Rp 170 Juta - Rp 199 Juta

Kesimpulan

Kia Sportage Bekas, Alternatif Lain SUV Jepang Dengan Harga di Bawah Rp200 Juta 11

Masih layak dimiliki

Mobil SUV asal Korea ini sudah sepatutnya Anda pertimbangkan pada saat ingin mencari alternatif asal Jepang. Desainnya yang khas Eropa ditambah dengan mesin yang cukup bandel menjadi nilai tambah. Tentu ada juga penyakit mobil ini, namun bukan berarti akan menguras kantong Anda. 

Sebelum membeli perhatikan tipe yang ingin anda beli, LX merupakan trim termurah yang minim fitur. Tipe EX merupakan tipe yang cocok dari segi budget dan fitur. Jika budget Anda lebih dari cukup, silahkan ambil tipe Platinum mobil ini. Fiturnya sangat lengkap untuk mobil bekas di bawah Rp 200 Juta.

Baca Juga:Kia EV6 Jadi Mobil Listrik Pertama Kia, Siap Hadapi Hyundai Ioniq?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Kia Sportage Upcoming Version 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil