window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Bekas Sama, Kia Sportage II Lebih Menarik dari Hyundai Tucson Gen-1?

Enda · 4 Jan, 2022 20:00

Kia Sportage II vs Hyundai Tucson Gen-1

Kia Sportage II vs Hyundai Tucson gen-1
  • Kia Sportage II dan Hyundai Tucson gen-1 dibandrol mulai dari Rp60 jutaan
  • Secara tampilan Hyundai Tucson lebih proper dari Kia Sportage II

Dalam melahirkan suatu produk, pabrikan otomotif asal Negeri Gingseng, Hyundai dan Kia kerap kali berbagi platform. Hal ini juga pernah terjadi pada Kia Sportage II dan Hyundai Tucson gen-1.

Pada tahun 2005, keduanya hadir di Indonesia untuk berhadapan langsung dengan Nissan X-Trail T30, Honda CR-V dan juga Ford Escape yang bermain di segmen SUV 5-seater.

Bicara soal harga bekasnya, baik Kia Sportage II dan Hyundai Tucson gen-1 kini dibandrol dengan harga yang sepadan, di angka Rp60 jutaan. Punya harga bekas sama namun bingung antara pilih Kia Sportage II atau Hyundai Tucson Gen-1? Sebaiknya simak dulu ulasan berikut ini.

Baca juga: 4 Rahasia Mitsubishi L300 2022 Bisa Eksis Hingga Lebih Dari 40 Tahun, Mobil Baru Rasa Motuba

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tampilan Luar Hyundai Tucson Lebih Proper Ketimbang Kia Sportage II

Kia Sportage II vs Hyundai Tucson Gen-1

Tampilan luar Hyundai Tucson terkesan lebih proper

Menurut penglihatan kami, Hyundai Tucson punya tampilan lebih proper ketimbang Kia Sportage II. Hal ini dibuktikan dari masing-masing lekukan body yang diterima.

Menengok tampilan depan, keduanya sama-sama disematkan headlamp mata ‘belo’ dengan bentuk yang dinamis. Namun dari tampilan lainnya, Hyundai Tucson hadir dengan wujud yang lebih macho. Seperti yang bisa dilihat, bumpernya dibuat begitu kekar serta agresif, beda dengan Kia Sportage II dengan tampilan lebih kalem namun tetap terlihat dinamis.

Begitupun pada sisi sampingnya, Tucson juga terkesan proposional dengan over fender, side moulding serta bentuk kaca yang diterima. Melihat Kia Sportage II, SUV andalan PT KIA Mobil Indonesia (KMI) saat itu memperoleh lekukan body di atas roda yang terkesan ‘lebay’ yang justru membuatnya terlihat cingkrang. Disisi lain, mobil ini juga memiliki kaca samping di baris ketiga yang menyempit sehingga membuat visibilitas penggunanya menjadi sedikit berkurang.

Kia Sportage II vs Hyundai Tucson Gen-1

Tampilan luar Kia Sportage II terlhat sedikit aneh

Berbeda pada bagian belakang keduanya, menurut penglihatan kami Kia Sportage II justru terkesan lebih modern ketimbang Hyundai Tucson. Dimana pada buritannya tersebut Kia Sportage II memperoleh kaca yang lebar serta lampu lebih modern. Jika dilihat, tampilan bagasinya tersebut menyerupai Volvo XC90.

Menilik bagian belakang Hyundai Tucson, mobil ini punya kaca belakang bermodelkan diamond cut dengan lekukan pintu yang membulat.

Interior Kia Sportage II Punya Bentuk Lebih Modern

Kia Sportage II vs Hyundai Tucson Gen-1

Interior Hyundai Tucson

Baik Kia Sportage II dan Hyundai Tucson gen-1 memiliki tampilan interior yang menyuguhkan nuansa modern Sekaligus nyaman. Hal ini terlihat jelas dari dashboardnya yang mengaplikasikan bentuk membulat sekaligus ergonomis.

Bicara Hyundai Tucson, di bagian penumpang depan terdapat laci penyimpanan yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh berbagai kelengkapan berkendara. Pada center clusternya sendiri dibuat sedikit menyerong ke arah pengemudi dan terdapat sistem hiburan single din, pengautran AC, semburan kipas, dan beberapa tombol lainnya yang dibuat mengelompok sehingga memudahkan setiap penggunannya ketika ingin menjalankan fitur.

Demi menyuguhkan rasa nyaman dalam berkendara, mobil ini dibekali jok dengan busa tebal yang dibungkus bahan kulit. Agar posisi duduk semakin nyaman, bagian pengemudi turut diaplikasikan pengaturan tinggi rendahnya jok dan juga reclining.  

Oh iya, Hyundai Tucson gen-1 juga memiliki pengaturan pelipatan jok yang bisa dilakukan secara terpisah di baris keduanya. Dengan begitu tentunya pengguna bisa membawa barang lebih lebih banyak ketika sedang membutuhkannya.

Kia Sportage II vs Hyundai Tucson Gen-1

Interior Kia Sportage II terlihat lebih modern

Melihat bagian dalam Kia Sportage II, tampilan kokpitnya terasa jauh lebih modern ketimbang Tucson. Hal ini terlihat dari desain dashboardnya yang menerima banyak lekukan serta bentuk unik. Di bagian penumpang depan, Sportage II bukan cuma menerima laci penyimpanan, namun juga hand grip sebagai pegangan ketika melewati jalan yang ekstirm.

Sama seperti Tucson, pada center clusternya juga dibuat sedikit menyerong ke arah pengemudi dan terdapat sistem hiburan single din, pengautran AC, semburan kipas, dan beberapa tombol lainnya yang dibuat mengelompok sehingga memudahkan setiap penggunannya ketika ingin menjalankan fitur.

Agar setiap orang merasa nyaman disaat berpergian, mobil ini juga memperoleh jok dengan busa tebal yang dibungkus bahan kulit. Selain itu di bagian pengemudi dilengkapi pengaturan tinggi rendahnya jok dan juga reclining.

Baca juga: Lahir dari Rahim yang Sama, Ford Fiesta Lebih Menarik dari Mazda2?

Fitur Keselamatan Keduanya Sepadan

Kia Sportage II vs Hyundai Tucson Gen-1

Fitur keselamatan keduanya sama 

Kia Sportage II dan Hyundai Tucson gen-1 untuk fitur keselamatannya telah dilengkapi sistem pengereman cakram di semua rodanya. Di bagian depannya sendiri menggunakan model ventilated dan solid disc di roda belakang. Untuk ukuran diameter cakram yang digunakan terbilang cukup besar, sehingga mampu memberikan daya cengkram lebih luas selain tampilannya terlihat kokoh.

Pada sistem pengeremannya sendiri telah mengaplikasikan fitur Anti-lock Braking System (ABS). Dengan begitu pengemudi akan merasa lebih yakin ketika melakukan pengereman secara mendadak tanpa khawatir rem terkunci. Selain itu, keduanya juga diaplikasikan SRS airbag yang berfungsi mengurangi cedera terhadap penggunannya ketika mengalami benturan cukup kencang.

Kia Sportage II dan Hyundai Tucson Gen-1 Dibenamkan Mesin Bensin 2.0L  

Kia Sportage II vs Hyundai Tucson Gen-1

Keduanya sama-sama ditawarkan mesin bensin 2.000 cc

Soal dapur pacunya, Kia Sportage II dan Hyundai Tucson Gen-1 berhasil disematkan mesin berteknologikan CVVT (continuous variable valve timing) yang secara otomatis dapat membuka dan menutup tutup katup sesuai kebutuhan yang menghasilkan efisiensi kerja mesin.

Secara konfigurasi, mesin 4-silinder segaris, DOHC 16 valve berkapasitas 1.975 cc yang dipakai keduanya dapat memeras tenaga hingga 141 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 184 Nm @ 4.500 rpm.

Supaya dapat berjalan, Tucson hanya dipadukan transmisi otomatis 4-percepatan serta fitur tiptronic, dengan tingkat respon mesin yang bisa dibilang cukup menyenangkan. Beda dengan Hyundai Tucson, Kia Sportage II ditawarkan dua pilihan transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan dengan fitur titronic yang membantu untuk mendongkrak akselerasinya.

Sebagai informasi, selain membantu mendongkrak akselerasi fitur tiptronic juga bermanfaat dalam melakukan engine break. Oh iya, supaya mobil dapat berjalan, putaran mesin yang dihasilkan keduanya ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD)

Kesimpulan

Kia Sportage II dan Hyundai Tucson Gen-1 diciptakan menggunakan platform yang sama. Dengan begitu rasa berkendara keduanya pun tak jauh berbeda.

Bicara soal tampilan luar, menurut pandangan kami Hyundai Tucson punya bentuk yang lebih proper. Akan tetapi untuk interiornya Kia Sportage II terkesan lebih eyes-catching berkat bentuk yang diterima.

Untuk jantung pacunya, keduanya sama-sama menawarkan mesin 2.000 cc dengan tenaga yang cukup responsif. Mengenai Kia Sportage II, mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, tidak seperti Hyundai Tucson yang mana hanya disuguhkan pilihan transmisi otomatis saja.

Setelah membaca ulasan di atas dan dihadapkan dengan keduanya, kalian lebih tertarik pilih yang mana?

Baca juga: Harganya Cuma Rp60 Jutaan, Kelebihan Hyundai Tucson Gen-1 Apakah Bisa Mengobati Kekurangannya?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Tucson GLS

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil