window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

6 Pilihan Mobil Baru dengan Harga Serupa Honda Brio RS, Mulai Dari Daihatsu Sirion Hingga Toyota Avanza

Yongki Sanjaya · 8 Mei, 2023 14:00

6 Pilihan Mobil Baru dengan Harga Serupa Honda Brio RS, Mulai Dari Daihatsu Sirion Hingga Toyota Avanza 01

Facelift dari Honda Brio generasi kedua pada pekan lalu, dan harganya naik sekira Rp1,5 juta. Harga Honda Brio RS kini semakin mahal, dimana untuk New Honda Brio RS M/T dijual dengan harga Rp 233.900.000,- dan tipe RS CVT dengan harga Rp 243.900.000,-.

Di rentang harga segitu, kita sebenarnya bisa memilih banyak model lain yang tak kalah menarik. Mulai dari hatchback hingga MPV tersedia bagi masyarakat. Dengan demikian, opsi yang ada bisa dimaksimalkan agar value for money.

Dari sekian banyak merek, hanya ada tiga brand yang menyediakan kendaraan yang kisaran harganya mirip dengan Brio RS, yakni Toyota, Daihatsu, hingga Honda itu sendiri. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Misalnya kalian berlatar belakang keluarga besar, dan butuh mobil yang bisa mengangkut seluruh anggota keluarga, maka tersedia Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sebagai alternatif dari Brio RS. Untuk brand Honda, harga segitu bisa memilih Mobilio S sebagai alternatif.

Baca juga: 

Honda Brio Facelift 2023 Resmi Meluncur, Tampilan Lebih Sporty Harganya Naik Mulai Rp1,5 Juta

Harga Honda Brio 2023 Masih Lebih Murah dari Agya, Bikin Toyota Cemberut

30 Mobil Terlaris di Indonesia Maret 2023, Honda Brio Masih Tak Terkalahkan

Sementara itu bila lokasi rumah kalian penuh dengan jeglongan sewu alias makadam alias jalan keriting seperti yang dilewati Jokowi kemarin, tak ada salahnya melirik Daihatsu Rocky yang punya ground clearance tinggi.

Berikut ini deretan mobil baru yang dijual dengan kisaran harga mirip Honda Brio RS.

Mobil Toyota Seharga Brio RS

6 Pilihan Mobil Baru dengan Harga Serupa Honda Brio RS, Mulai Dari Daihatsu Sirion Hingga Toyota Avanza 01

  • Toyota Avanza 1.3 E M/T 233.100.000
  • Toyota Avanza 1.3 E CVT 247.800.000

Sebagai varian terendah, Toyota Avanza E pada sistem hiburannya menggunakan head unit floating layar sentuh 7 inci yang mendukung format USB dan Bluetooth. Terdapat layar MID untuk mengetahui informasi seputar kendaraan, AC double blower, seatbelt warning, power window, central door lock dan electric mirror.

Fitur keselamatan yang tersedia pada Toyota Avanza E MT kini tersematkan dual airbag, Vehicle Stability Control (VSA) dan Hill Start Assist (HSA). Tidak hanya itu, faktor keselamatan kini lebih diperkuat dengan adanya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA).

Toyota Agya 1.2 GR Sport MT

6 Pilihan Mobil Baru dengan Harga Serupa Honda Brio RS, Mulai Dari Daihatsu Sirion Hingga Toyota Avanza 02

  • Toyota Agya GR Sport MT Rp237.500.000

Ternyata, harga Agya GR sport masih lebih mahal daripada Brio RS facelift. Bisa dilihat kalau range harga Brio RS ini hanya sepadan dengan Agya GR Sport manual. Layout dashboard berubah total jadi lebih landai dengan sedikit lekukan tajam dibagian bawah. Head unit juga sudah model floating.

Toyota Agya GR Sport 2023 juga ganti mesin, memakai mesin berkode WA-VE dengan kapasitas 1.2-liter 3-silinder berteknologi DOHC Dual VVT-i. Mesin yang sebelumnya digunakan Raize 1.2L memiliki daya puncak 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm di putaran 4.500 rpm.

Harga Mobil Daihatsu Setara Honda Brio RS

6 Pilihan Mobil Baru dengan Harga Serupa Honda Brio RS, Mulai Dari Daihatsu Sirion Hingga Toyota Avanza 03

Untuk brand Daihatsu, tersedia beberapa model diantaranya Xenia, Rocky, dan Sirion. Adapun model Xenia yang harganya serupa dengan Brio RS yaitu tipe 1.3 R MT/R MT ADS, dan 1.3 X CVT. 

Daihatsu Xenia
Daihatsu Xenia 1.3 R MT Rp 232.350.000
Daihatsu Xenia 1.3 X CVT Rp 238.750.000
Daihatsu Xenia 1.3 R MT ADS Rp 241.450.000

PT Astra Daihatsu Motor menjadikan tipe 1.3 R MT ADS sebagai tipe menengah. Bila dibandingkan tipe standar, ada beberapa penambahan aksen body kit dan garnish merah. Tipe ini mendapat start/stop button, digital AC, steering switch dan auto retractable function. Ada lagi key free system dan outer mirror with turn lamp. 

Head unit sebesar 9-inci dengan monitor bergaya floating yang mendukung Android Auto dan Apple CarPlay untuk kemudahan konektivitas. Makin menarik karena ada Around View Camera bakal memudahkan memantau kondisi di sekitar mobil. Pada trim ADS juga ketambahan fitur ambient light, air purifier dan karpet 3D.

Daihatsu Rocky

6 Pilihan Mobil Baru dengan Harga Serupa Honda Brio RS, Mulai Dari Daihatsu Sirion Hingga Toyota Avanza 04

Rocky 1.2 X MT ADS Rp 231.150.000
Rocky 1.2 X CVT Rp 238.450.000
Rocky 1.2 X CVT ADS Rp 246.550.000

Sedikit disinggung di atas, Rocky jadi opsi ideal bagai kalian yang sering melewati jalan keriting seperti yang dilewati Jokowi kemarin. Ini karena Daihatsu Rocky yang punya ground clearance tinggi.

Untuk kenyamanan berkendara, karakter suspensi Daihatsu Rocky ini cukup stiff ketika melewai jalan yang berkontur. Sebagai informasi, untuk ground clearance Daihatsu Rocky setinggi 200 mm, sehingga lebih bisa diandalkan ketika dibawa berpegian keluar kota.  

Daihatsu Rocky 1.2 X CVT telah dibekali sistem informasi berkendara dengan layar MID 7 inch TFT dengan display interaktif yang modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch dan Interior Illumination.

Pada sistem multimedia didukung head unit touchscreen 7 inci yang support dengan smartphone connectivity. Tak hanya itu, Rocky X CVT dibekali beragam fitur seperti; audio steering switch control, AC digital, keyfree, start/stop button, alarm dan back sonar.

Daihatsu Sirion

6 Pilihan Mobil Baru dengan Harga Serupa Honda Brio RS, Mulai Dari Daihatsu Sirion Hingga Toyota Avanza 05

  • Daihatsu Sirion R CVT Rp 238.050.000

Sirion tipe tertinggi ini harga jualnya masih lebih murah ketimbang Brio RS CVT. Meskipun demikian, fitur yang ditawarkan tak kalah menarik. Daihatsu Sirion R CVT disematkan dengan head unit yang mendukung konektivitas USB, Bluetooth, Smart Link dan HDMI. 

Tak hanya itu, sistem hiburannya juga dilengkapi fitur Smart Link yang mampu terkoneksi dengan smartphone melalui aplikasi baik untuk memutar musik atau menjalankan fitur lainnya. Untuk memudahkan dalam pengaturan multimedia, setirnya telah dibekali switch control yang terhubung langsung dengan sistem hiburannya. Dukungan informasi berkendara bisa diakses melalui MID 4,2 inci. 

Daihatsu Sirion R CVT mendapatkan 4 airbags di depan, VSC (Vehicle Stability Control), traction control, ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), sensor parkir depan dan belakang, kamera parkir, ISOFIX, dan seatbelt 3 titik yang ada di model sebelumnya tetap dipertahankan. Untuk memberikan keselamatan secara lebih maksimal, Daihatsu menambahkan fitur berupa HSA (Hill Start Assist). 

Harga Mobil Honda Under Rp250 Juta

6 Pilihan Mobil Baru dengan Harga Serupa Honda Brio RS, Mulai Dari Daihatsu Sirion Hingga Toyota Avanza 06

  • Mobilio S MT Rp235.900.000

Satu-satunya model alternatif yang harganya sepadan dengan BRio RS ialah Mobilio S MT. Sebagai informasi, ini merupakan tipe terbawah Mobilio, dan jadi satu-satunya opsi yang tersisa dari Mobilio untuk sekarang ini.  Pengguna Honda Mobilio S MT tersebut sebagian besar adalah untuk konsusmen fleet dan korporasi.

Honda Mobilio tipe S tetap mengusung beragam kelebihan utama brand Honda, termasuk soal utilitas kabin yang cukup lega dan layout kursinya cukup fleksibel ketika kita butuh bawa banyak barang.

Varian terbawah model ini sudah menggunakan head unit double DIN tanpa layar sentuh. Head unitnya telah mendukung konektivitas USB Port, AM/FM Radio, Aux in, Bluetooth, dan hands free telephone. Setirnya polosan tanpa hadirnya tombol pengaturan head unit. 

Sebagai tipe terbawah, Honda Mobilo S MT sistem pendingin kabinnya sudah menggunakan pengaturan AC Digital. Menariknya lagi, Honda menyediakan AC double blower untuk kenyamanan penumpang baris kedua dan ketiga. 

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil