window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Long Trip Bersama MG HS Excite: Nyaman dan Responsif, Tapi Body Kurang Solid?

Enda · 28 Jun, 2022 09:00

First drive MG HS

Turut berpatisipasi dalam kegiatan Dare to Drive Experience MG 5 GT yang berlangsung di Bandung pada pekan kemarin, sebelum memulai perjalanan dari Jakarta rekan media telah disediakan beberapa produk flagship MG salah satunya HS yang akan digunakan selama berkegiatan di Kota Kembang.

Selama berkegiatan di sana, kami berkesempatan menggunakan MG HS Excite. Perlu diketahui, Excite merupakan trim terendah MG HS di bawah Ignite dan Magnify i-SMART. Untuk harganya saat ini MG HS Excite dibandrol Rp375,8 juta OTR Jakarta.

Dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau untuk sebuah Medium SUV kompak, berikut rasa berkendara dari varian terendah MG HS.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pandangan Mengemudi Cukup Luas

First drive MG HS

Pandangan mengemudi MG HS luas

Saat diberi kesempatan untuk menjajali MG HS Excite secara langsung, dari segi pandangan mengemudi mobil ini terasa cukup luas. Karenanya untuk kacanya depannya dibuat lebar serta dashboard melandai dengan rumah panel instrument yang tidak terlalu tinggi.

Untuk mengatur posisi duduk, pengemudi juga merasa dimudahkan dengan kehadirannya 6-way Electrically Adjustable Driver Seat yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan hanya cukup dengan menekan tombol.

Sama seperti beberapa produk lainnya yang dijual di Indonesia, MG HS Excite untuk fitur yang diletakan pada center clusternya terasa begitu ergonomis berkat desainnya yang mengelompok. Untuk sistem pengoperasiannya tuas transmisinya pun terasa mudah karena kalian cukup memajukan serta menarik mundur ke belakang.

Oh iya, untuk merasakan gaya berkendara yang lebih responsif, kalian bisa menggeser ke kanan tuas transmisi saat berada di posisi D guna mengendalikan perpindahan gigi secara manual baik untuk menambahkan atau menurunkan.

Baca juga: Adu Keren, Apakah Aksen Hitam di MG HS Midnight Black Edition Bikin Lebih Keren dari All New Honda HR-V?

Dibungkus dengan Kulit Sintetis, Jok Semi Bucket MG HS Excite Beri Sensasi Sporty

First drive MG HS

Jok MG HS menggunakan model semi bucket

Sebagai varian terendah, MG HS Excite untuk interiornya didominasi dengan warna hitam. Saat memposisikan duduk berhadapan dengan lingkar kemudi, jok semi bucket yang diselimuti bahan kulit sintetisnya terasa sedikit keras ketika kami singgahi.

Meski sedikit keras, joknya bergayakan sport tersebut masih terasa nyaman ketika digunakan berkendara berjam-jam. Juga dibungkus dengan kulit sintetis, untuk lingkar kemudinya MG HS Excite sangat pas di tangan dan ergonomis berkat adanya switch control steering.

MG HS Excite Terasa Empuk dan Stabil Saat Dipacu Dalam kecepatan Tinggi

First drive MG HS

MG HS terasa stabil saat melaju di atas 100 km/jam

Perjalanan dari MG Motor Pondok Indah menuju Nu Art Studio – Bandung, kami melewati beragam jalan mulai dari yang halus hingga berkontur. Saat melintasi jalan layang Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ), setiap melewati sambungan jembatan kami merasakan bahwa suspensinya mampu meredam dengan cukup baik.

Begitupun saat dipacu dalam kecepatan 100-120 km/jam, mobil ini masih terasa stabil saat bermanuver dengan sedikit melakukan zig-zag untuk mendahului kendaraan di depan. Namun tampaknya unit test drive yang kami gunakan sepertinya mengalami sedikit masalah. Pasalnya saat berlari di atas 100 km/jam timbul rasa getaran dari bagian belakang body.

Baca juga: MG Rilis HS 2022 di Thailand, Ada Varian PHEV Buat Hadang Honda CR-V

Sekelas SUV, Radius Putar MG HS Gampang Belok Patah 

First drive MG HS

Radius putar MG HS di angka 5,95 m

Berada di angka 5,95 m, untuk radius putarnnya MG HS terbilang kecil. Ketika kami memarkirkan kendaraan serta melakukan U turn atau putar balik, mobil ini terasa mudah sehingga kami tidak perlu mengambil ancang-ancang dari jauh dan dapat langsung kembali melakukan perjalanan.

Karena memiliki radius putar yang rendah, mengemudikan MG HS di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung pun terasa mudah.

Bermodalkan Turbo, Putaran Bawah MG ‘Ngejambak’

First drive MG HS

Bermodalkan mesin 1.5L Turbo TGI, MG HS terasa responsif pada tarikan bawah

Mengacu pada spesifikasi, MG HS dibekali dengan mesin 1.5L in-line 4 Cylinder DOHC 16 Valve Turbo TGI yang dapat memuntahkan tenaga higga 162 PS @5.600 rpm dengan torsi maksimal mencapai 250 Nm @1.700-4.400 rpm. Mengenai tingkat percepatannya, mobil ini dikawinkan dengan transmisi Twin Clutch Sportronic Transmission (TST) 7 Speeds yang kemudian disalurkan melalui penggerak roda depannya.

Guna dapat menyesuaikan keinginan gaya berkendara, mobil ini memiliki beberapa mode mengemudi, mulai dari Eco, Normal, Sport, Super Sport, & Custom.

Mengetahui tingkat repsonsif yang dihasilkan, saat berkendara secara pelan kami mencoba untuk menginjak pedal gas secara tiba-tiba. Dengan adanya dorongan turbo, yang kami rasakan mobil ini terasa ngejambak mulai dari 1.500-an rpm. Performa yang kami rasakan tersebut terbilang responsif untuk sebuah Medium SUV 5-seater, terlebih dengan dipadukannya transmisi TST 7 Speeds yang terasa galak namun halus dalam setiap perpindahannya.

Kesimpulan

Berkesempatan mengendarai MG HS varian Excite dari Jakarta menuju Bandung dalam kegiatan Dare to Drive Experience MG 5 GT beberapa waktu lalu, secara konklusi mobil ini terasa nyaman, stabil sekaligus responsif untuk sekelas Medium SUV 5-seater. Namun sayang, saat melaju pada kecepatan di atas 100 km/jam, MG HS Excite yang kami tunggangi timbul getaran dari body bagian belakang yang membuat kami secara spontan mengurangi laju kendaraan.

Baca juga: MG ZS dan MG HS Liverpool FC Limited Edition Buat The Kopites, Apa Sih Istimewanya?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2020 MG HS 1.5L Turbo Excite

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil