Sama-sama Punya Voice Command, Wuling Almaz RS Kok Bisa Kalah Canggih Dari MG HS i-SMART Magnify?

Enda · 3 Jun, 2021 18:00

Sama-sama Punya Voice Command, Wuling Almaz RS Kok Bisa Kalah Canggih Dari MG HS i-SMART Magnify? 01

Dua pabrikan otomotif asal Negeri Tiongkok yang sama-sama berada di bawah naungan SAIC (Shanghai Automotive Industry Corporation) Motor, Wuling dan MG pada tahun ini meluncurkan lini terbarunya di segmen Medium SUV. Baik Wuling Almaz RS dan MG HS i-SMART Magnify, keduanya ini diketahui berhasil disematkan teknologi mutakhir dan terdepan.

Meski sama-sama berada di bawah payung besar SAIC Motor, MG HS i-SMART Magnify saat ini ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dari saudara jauhnya tersebut. Seperti yang diketahui, MG HS i-SMART Magnify kini dibandrol Rp469.800.000 OTR Jakarta. Sedangkan Wuling Almaz RS varian teratas dengan spesifikasi yang mirip HS i-SMART dipatok Rp380.800.000 OTR Jakarta.

Salah satu alasan mengapa MG HS i-SMART Magnify dibandrol dengan harga yang lebih mahal, karena mobil ini memiliki status Completely Built Up (CBU). Sedangkan Wuling Almaz RS sendiri sudah diproduksi dan dirakit di Indonesia dengan memuat tingkat kandungan lokal mencapai 40-50%.

Penasaran ingin mengetahui lebih dekat dari keduanya? Berikut perbandingan antara Wuling Almaz RS dengan MG HS i-SMART Magnify.

Desain Eksterior Wuling Almaz RS Jauh Lebih Maskulin Dibandingkan MG HS i-SMART Magnify

Sama-sama Punya Voice Command, Wuling Almaz RS Kok Bisa Kalah Canggih Dari MG HS i-SMART Magnify? 02

Tampilan Wuling Almaz RS terkesan lebih agresif dan sporty

Memiliki tampilan yang terkesan lebih agresif dan sporty, Wuling Almaz RS diketahui kini mendapat desain grille baru, lis berkelir merah di bumper depan, lip spoiler di bawah bumper yang cukup besar, serta atap bewarna hitam yang mengindikasikan pilihan warna dual tone.

Bergeser ke bagian lainnya, velgnya kini mendapat desain baru, serta lampu belakang yang terlihat lebih pipih dibanding generasi sebelumnya.

Sama-sama Punya Voice Command, Wuling Almaz RS Kok Bisa Kalah Canggih Dari MG HS i-SMART Magnify? 03

MG HS i-SMART Magnify telihat lebih dinamis

Bicara mengenai MG HS i-SMART Magnify, mobil ini memiliki bentuk yang lebih kalem dengan tampilan yang membulat bila dibandingkan saudara jauhnya tersebut. Melihat pada fascia, HS i-SMART memamerkan kemewahan melalui star rider grille yang dinamis pada sisi depannya.

Bergeser ke bagian samping, HS i-SMART terlihat seperti SUV pada umumnya namun terlihat lebih kalem. Pada buritannya, mobil ini menampilkan kesan yang dinamis dengan dipadukannya stop lamp berteknologi LED serta bumper yang kokoh.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Wuling Almaz RS, Layak Untuk Dibeli?

Wuling Almaz RS Punya Dimensi Lebih Besar Dibandingkan MG HS i-SMART Magnify

Bermain di segmen yang sama dan ‘head to head’ secara langsung, diketahui Wuling Almaz RS memiliki dimensi yang lebih besar dari MG HS i-SMART Magnify. Berikut perbandingan dimensi keduanya.

Perbandingan dimensi Wuling Almaz RS Vs MG HS i-SMART Magnify
Keterangan Dimensi Wuling Almaz RS Dimensi G HS i-SMART Magnify
Panjang 4.655 mm 4.574 mm
Lebar 1.835 mm 1.876 mm
Tinggi 1.760 mm 1.664 mm
Jarak sumbu roda 2.750 mm 2.720 mm

Perang Fitur Wuling Almaz RS Vs MG HS i-SMART Magnify

Fitur Unggulan Wuling Almaz RS

Sama-sama Punya Voice Command, Wuling Almaz RS Kok Bisa Kalah Canggih Dari MG HS i-SMART Magnify? 04

Tampilan belakang Wuling Almaz RS telihat begitu kekar

Wuling Almaz RS dilengkapi dengan serangkaian teknologi yang terdepan di kelasnya. Mobil ini berhasil dibenamkan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Fitur WISE terbagi dalam dua fitur, yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistant System (ADAS).

Bicara soal IoV, fitur ini dapat menghubungkan pengguna terhadap kendaraan melalui aplikasi MyWuling+ pada smartphone untuk mengecek status kendaraan, menghidupkan dan mematikan mesin, serta masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu, head unit besar berukuran 10.4 inci yang digunakannya ini telah didukung perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND). Voice command ini dapat menjalankan pengoperasian wiper serta membuka tutup seluruh jendela dan empat mode pendingin udara yang terbagi menjadi mode hujan, mode segar, mode sejuk, dan mode langit.

Di dalam IoV, pengguna bisa merasakan teknologi berupa Vehicle Remote Control, Positioning and Geo-fencing, Bluetooth Key, Online Navigation, Online Music, Online Messaging.

Sama-sama Punya Voice Command, Wuling Almaz RS Kok Bisa Kalah Canggih Dari MG HS i-SMART Magnify? 05

Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) Wuling Almaz RS

Melihat ke teknologi terbarunya, Advanced Driver Assistance System (ADAS), fitur ini terbagi dalam empat kategori. Kategori pertama adalah Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Kategori selanjutnya ialah Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). Kemudian, kategori ketiga, yaitu Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Sedangkan kategori terakhir yakni Automatic Light, diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Mengenai fitur unggulan serta keselamatan lainnya, Wuling Almaz RS dilengkapi dengan panoramic sunroof, start-stop button, kamera 360 derajat, Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVH) dan Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS) yang dapat memberikan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Baca juga: Mengupas Spesifikasi Lengkap MG HS

Fitur Unggulan MG HS i-SMART Magnify

Sama-sama Punya Voice Command, Wuling Almaz RS Kok Bisa Kalah Canggih Dari MG HS i-SMART Magnify? 06

Tampilan belakang MG HS i-SMART Magnify terlihat dinamis namun terkesan kokoh

MG HS i-SMART Magnify yang baru-baru ini diluncurkan, berhasil mendapatkan fitur yang bisa dikatakan sepadan dengan rivalnya di atas. Dengan teknologi MG i-SMART, pengguna MG HS dapat lebih mudah melakukan banyak hal bahkan dari jarak jauh hanya dari ujung jarinya; mulai dari menyalakan mesin dan AC, membuka dan mengunci pintu, memantau performa dan kondisi mobil seperti status tekanan ban, status persentase bensin, hingga mengecek dan menemukan letak kendaraan.

Selain itu, para pengguna juga dapat menemukan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi sebelum melakukan perjalanan menggunakan Travel Plan. Seluruhnya dapat diakses pada sebuah aplikasi bernama MG i-SMART yang kini sudah tersedia untuk diunduh pada Google Play Store dan App Store.

Teknologi MG i-SMART pun semakin memudahkan para pengemudi sepanjang perjalanannya bersama MG HS yang kini memungkinkan mereka tetap fokus dalam berkendara. Cukup sapa mobil dengan “Hello, MG!” maka sistem kendaraan dapat membantu pengemudi untuk melakukan banyak hal hanya lewat perintah suara.

Saat berkendara di siang hari yang panas, pengemudi dapat mengatakan “temperature down” dan kendaraan akan secara otomatis menurunkan suhu AC. Apabila ingin melihat indahnya bintang dan bulan saat berkendara di malam hari, perintah “open the sunroof” akan secara otomatis membuka Electric I-MAX Panoramic Sunroof.

Sama-sama Punya Voice Command, Wuling Almaz RS Kok Bisa Kalah Canggih Dari MG HS i-SMART Magnify? 07

Head unitnya kini terhubung dengan dengan fitur Smart Connect yang salah satunya bisa menampilkan maps untuk menuju suatu lokasi yang diinginkan 

Para pengendara pun tetap dapat terhubung saat berkendara dengan adanya Smart Connect pada teknologi MG i-SMART. Mencari lokasi penting yang ingin dituju seperti tempat-tempat kekinian, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan lainnya menjadi sangat mudah karena dapat diakses langsung pada layar infotainment system dalam kendaraan.

Belum lagi aktivitas streaming musik secara online untuk menemani para pengguna MG melewati kemacetan, melihat keadaan jalanan secara real time lewat Smart Navigation, atau pun selalu update dengan informasi cuaca terkini melalui AVN Weather.

Sama seperti Almaz RS, MG HS i-SMART Magnify mendapatkan fitur ADAS yang dinamakan Smart Drive dengan menampilkan Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Lane Keep Assist (LKA), Adaptive Cruise Control (ACC) dan Traffic Jam Assist (TJA).

Selain itu ada juga Forward Collision Warning (FCW), Intelligent High-beam Control (IHC), Lane Change Assist (LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA) serta Blind Spot Detection (BSD).

Sama-sama Mendapat Mesin 1.5L dengan Dorongan Turbo, MG HS i-SMART Magnify Punya Tenaga yang Lebih Besar

Sama-sama Punya Voice Command, Wuling Almaz RS Kok Bisa Kalah Canggih Dari MG HS i-SMART Magnify? 08

Mesin 1.5L turbo MG HS i-SMART Magnify punya tenaga lebih besar dari Wuling Almaz RS

Secara dimensi, Wuling Almaz RS memang lebih unggul dari MG HS i-SMART Magnify. Ketika bicara soal jantung pacu, Medium SUV besutan MG ini lebih unggul menyoal tenaga yang dihasilkan.

Berikut table perbandingan spesifikasi mesin Wuling Almaz RS vs MG HS i-SMART Magnify.

Perbandingan spesifikasi mesin Wuling Almaz RS vs MG HS i-SMART Magnify
Keterangan Wuling Almaz RS MG HS i-SMART Magnify
Tipe mesin 1.5L In-line 4 Cylinders, DOHC DVVT With Turbocharger 1.5L in-line 4 Cylinder DOHC Valve Turbo TGI
Tenaga 142 PS @5.200 rpm 162 PS @5.600 rpm
Torsi 250 Nm @1.800-3.600 rpm 250 Nm @1.700-4.400 rpm
Transmisi CVT Twin Clutch Sportronic Transmission (TST) 7 Speeds
Sistem penggerak FWD FWD

Kesimpulan

Apabila kalian saat ini sedang mencari sebuah Medium SUV asal Negeri Tiongkok yang berhasil disematkan teknologi canggih masa kini, mungkin Wuling Almaz RS serta MG HS i-SMART Magnify bisa menjadi opsi. Dengan melihat perbandingan dari keduanya di atas, menurut kami Wuling Almaz RS lebih layak dipilih.

Selain memiliki tampilan yang jauh lebih sporty dan kekar, harga baru Wuling Almaz RS juga terbilang lebih terjangkau. Tidak hanya itu, bicara soal kapasitas tempat duduk, Almaz RS dapat dimuati hingga tujuh orang. Sedangkan MG HS i-SMART hanya dapat menampung lima penumpang saja.

Baca juga: Jadi Pendatang Baru, MG HS Apakah Lebih Irit Dari Honda CR-V?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Wuling Almaz Smart Enjoy MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru