Mengenal Daihatsu Taft 2020, SUV yang Dulu Kekar Sangar Sekarang Menciut

Adit · 6 Mei, 2022 14:01

Mengenal Daihatsu Taft 2020, SUV yang Dulu Kekar Sangar Sekarang Menciut 01

  • Inilah Daihatsu Taft terbaru, tapi nggak lagi kekar dan sangar seperti pendahulunya.
  • Tampilan dan desain Daihatsu Taft reborn lebih kecil mungil, cenderung imut.
  • Namun desainer Daihatsu tetap mempertahankan DNA-nya sebagai SUV.

Agaknya hampir semua orang Indonesia pasti mengenal Daihatsu Taft. Dia adalah SUV dengan ciri khas yang mengotak, berbadan kekar, dan berpenampilan sangar. Karena perawakannya itu SUV tersebut cocok buat diajak main tanah, mejeng di pusat perbelanjaan juga bukan masalah besar.

Mobil ini juga turut diproduksi di Indonesia mulai 1985 hingga 2007. Khususnya generasi ketiga yang tampilannya sudah dijelaskan di awal. Variannya ada Taft Rocky, Taft GT, atau Taft Hiline. Dapur pacunya pakai mesin diesel 2.800 cc. Ada juga yang bensin 1.600 cc dengan sebutan Daihatsu Feroza.

Mengenal Daihatsu Taft 2020, SUV yang Dulu Kekar Sangar Sekarang Menciut 02

Daihatsu Taft Rocky

Baca Juga: Kelebihan dan Kelemahan Daihatsu Taft Rocky, Masih Tangguh di Usia yang Hampir Sepuh

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Selepas 2007, eksistensi model SUV Daihatsu digantikan oleh Taruna, yang kini berevolusi menjadi Terios. Hanya saja menariknya, setelah 13 tahun disuntik mati, pabrikan menghidupkan kembali Daihatsu Taft pada 2020 lalu. Tapi kini dengan bentuk yang berbeda. Dulu kekar sangar, sekarang menciut nan imut. 

Spesifikasi Daihatsu Taft 'Reborn'

Selain itu model terbaru ini bukan hadir sebagai SUV tangguh, melainkan jati dirinya berubah menjadi kei car, sebutan mobil perkotaan berdimensi mini dan pakai mesin kecil di Jepang. Nama mobil tersebut juga kini merupakan singkatan dari Tall & Almighty Fun Tool, namun bentukannya dipertahankan tetap mengotak dan beraura SUV. 

Mengenal Daihatsu Taft 2020, SUV yang Dulu Kekar Sangar Sekarang Menciut 01

Daihatsu Taft 2020 kini hadir dalam format kei car

Soal dimensi Daihatsu Taft 2020 tidak jauh dari saudaranya, Daihatsu Tanto. Panjangnya 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.630 mm. Kemudian jantung mekanisnya mengandalkan mesin bensin 658 cc tanpa dan dengan turbo. Masing-masing besaran tenaganya 52 PS di 6.900 rpm/60 Nm di 3.600 rpm dan 64 PS di 6.400 rpm/100 Nm di 3.600 rpm. 

Lanjut kita bicara desainnya. Dari depan kesan tangguh coba diperlihatkan oleh desainernya. Ada grille yang tebal dan diapit oleh housing lampu yang besar. Pencahayaannya sudah LED. Di tambah bentuk bumper ibarat tameng pelindung yang menguatkan karakter petualangnya. 

Mengenal Daihatsu Taft 2020, SUV yang Dulu Kekar Sangar Sekarang Menciut 02

Meski berbentuk kei car, namun perawakannya tetap dibuat SUV

Melihat Daihatsu Taft 'reborn' dari samping, sudut tegasnya begitu terpancar. Antara kaca depan dengan kap depan berbentuk siku, bukan landai ala Daihatsu Espass untuk mengejar aerodinamika. Biar makin ala kei car crossover, ada sentuhan over fender di atas lingkar rodanya. Bentuknya tebal pula. 

Lanjut soal belakang, lagi-lagi aura petualangnya ingin diperlihatkan di sini. desainnya minimalis tapi tampak kokoh karena tarikan garis dan bentuk bodi mengotak. Lihat saja bagian bumpernya dibuat menekuk keluar, ada ornamen krom pada pintu bagasi, hingga underguard silver pada bagian tengah bawah mobil. 

Baca Juga: Sebulan Meluncur, Segini Penjualan Daihatsu Rocky di Indonesia

Mengenal Daihatsu Taft 2020, SUV yang Dulu Kekar Sangar Sekarang Menciut 03

Daihatsu Taft terbaru menggunakan mesin 660 cc

Bicara varian Daihatsu Taft, sebenarnya ada banyak. Mulai dari yang trondolan alias tipe terbawah, sampai yang termahal dan lengkap dibubuhi fitur, aksesori, maupun garnish yang membuatnya makin nyentrik di jalanan. Bahkan ada opsi 4WD atau 2WD. Semuanya menggunakan transmisi matic CVT. 

Sebagai gambaran, mari kita ulas tipe yang paling atasnya saja. Pada tipe ini, kelengkapannya pakai velg 15 inci, banyak lapisan krom seperti di handle pintu, garnish pintu bagasi, maupun grill depannya. Dilengkapi pula lampu kabut LED dan roof rail warna gelap. 

Mengenal Daihatsu Taft 2020, SUV yang Dulu Kekar Sangar Sekarang Menciut 04

Transmisi Daihatsu Taft terbaru semuanya matic CVT, dipadukan roda penggerak 4WD atau 2WD

Konsumsi BBM Tembus 25,4 km/liter!

Adapun dari interior Daihatsu Taft tipe ini, setirnya disebut pakai kulit asli, demikian pula pada knop transmisinya. Layar panel meter ditambahkan Multi Information Display (MID), hingga bubuhan silver gelap pada dashboard-nya. Jadinya terlihat lebih kalem dan tidak mencolok sih. 

Bedanya dengan tipe paling bawah, peleknya masih kaleng berkelir hitam tapi ukurannya sama 15 inci, tanpa roof rail, lampu kabut maupun ornamen krom. Sementara bagian dalam tetap dibuat minimalis tapi fungsional, serta panel meter kombinasi analog dengan MID. 

Menariknya soal fitur, dari tipe termurah sekalipun tetap dilengkapi sunroof pada sisi depan. Fitur keselamatan aktif di Daihatsu Taft juga tidak absen, sebutannya Smart Assist bahkan sampai fungsi bantuan parkir semi otomatis. Soal konsumsi BBM-nya pun irit kebangetan, bisa mencapai 25,4 km/l! Edan! 

Baca Juga: Beda Karakter, Kakek Daihatsu Rocky di Indonesia 'Lebih Liar'

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru