Beda Karakter, Kakek Daihatsu Rocky di Indonesia 'Lebih Liar'

Enda · 27 Apr, 2021 21:00

Beda Karakter, Kakek Daihatsu Rocky di Indonesia 'Lebih Liar' 01

Daihatsu Rocky 2021 dengan Rocky F78 1996

Daihatsu Rocky dengan tampilan anyar serta teknologi terbaru sebentar lagi akan secara resmi dipasarkan di Tanah Air. Diketahui sebelumnya, SUV berpenampilan kompak ini akan menggendong mesin terbaru untuk kedua variannya.

Kedua varian mesin yang ditawarkan kini memiliki konfigurasi mesin 3-silinder 1.0L turbo dan 1.2L NA yang diyakini mampu menghasilkan tingkat efisiensi bahan bakar terbaik, namun tetap memperoleh tenaga yang maksimal.

Melihat data yang dimiliki, mesin 1.000 cc nya ini menggunakan jantung pacu berkodekan 1KR-VET 3-silinder, turbocharger, VVT-i berkubikasi 996 cc, yang dapat meletupkan tenaga 98 PS @6.000 rpm serta torsi 140 Nm @2.400 - 4.000 rpm. 

Selanjutnya varian 1.2L, Daihatsu Rocky disematkan mesin terbaru dengan kode WA-VE 3-silinder segaris 12 Valve DOHC Dual VVT-i yang dapat melecutkan tenaga mencapai 88 PS @6.000 rpm dan torsi 112 Nm @4.500 rpm.

Beda Karakter, Kakek Daihatsu Rocky di Indonesia 'Lebih Liar' 02

Tampilan samping Daihatsu Rocky (Foto: webcg.net)

Bicara mengenai dimensi yang dimilikinya, menurut spesifikasi data yang kami peroleh, Daihatsu Rocky mempunyai panjang 4.030 mm, lebar 1.710 dan tinggi 1.635 serta wheelbase 2.525 mm.

Mengamati secara sekilas akan spesifikasi yang dimilikinya, Small SUV terbaru pabrikan otomotif berlogo "D" ini sangat cocok digunakan sebagai mobilitas sehari-hari di kota besar dalam menembus kemacetan.

Melihat ke belakang, Rocky sendiri sebelumnya sudah cukup populer di Indonesia sebagai SUV tangguh yang diperkenalkan pada 1980-an hingga 1990-an.

Baca juga: Sebelum Inden Melonjak, Buruan Pesan Daihatsu Rocky 2021 Mumpung PPnBM Masih 0 Persen

Awal Mula Daihatsu Rocky di Indonesia

Beda Karakter, Kakek Daihatsu Rocky di Indonesia 'Lebih Liar' 03

Daihatsu Rocky berkode F75 muncul pertama kali pada tahun 1988

Daihatsu Rocky pertama kali diperkenalkan di hadapan publik pada tahun 1988. Hadir dengan bentuk kotak yang terkesan perkasa, Rocky merupakan turunan dari Taft F69 atau yang biasa disebut Hiline, yang mana pertama kali diluncurkan pada 1986.

Hiline (varian) GTX dengan medium-wheelbase ini diketahui sebagai cikal bakal terlahirnya Rocky di Indonesia. Mengaspal pada 1988, Daihatsu Rocky dengan kode F75 memiliki atap removable yang terbuat dari resin sebagai ikoniknya. Jantung pacu yang digunakan adalah mesin diesel DL42 2.8L (2765 cc) dengan timing belt sebagai penggerak katup untuk memompa injeksi rotari yang menggantikan pompa injeksi in-line. Rocky juga mendapat tranmsisi manual 5 percepatan yang lebih tangguh.

Selain atap yang lebih tinggi, secara spesifik perbedaan Rocky dengan saudaranya, Taft ada pada sistem penggeraknya. Dimana Rocky ini hanya dihadirkan dengan sistem penggerak roda belakang (RWD) saja.

Beda Karakter, Kakek Daihatsu Rocky di Indonesia 'Lebih Liar' 04

Daihatsu Rocky berkode F78 muncul pada tahun 1996 hingga 2007

Selanjutnya pada 1996, Daihatsu Rocky kembali mendapat update. Hal yang membedakan antara Rocky terbaru dengan generasi pra-faceliftnya terlihat pada fascianya. Dimana Rocky generasi kedua memiliki wajah yang lebih modern dan exclusive sama seperti Feroza.

Tidak hanya itu, Rocky generasi terbaru yang diberi kode F78 ini juga telah memakai suspensi independen (Independent front suspension) untuk roda depan dan gardan solid dengan per keong di roda belakang. Bicara mesin yang digunakan, Daihatsu masih mempercayakan mesin diesel generasi sebelumnya, yaitu DL42 2.8L (2765 cc) dengan transmisi manual 5 percepatan. 

Selama kurang lebih 11 tahun, Daihatsu Rocky dengan kode F78 masih terus diproduksi dan dijual yang mana pada akhirnya Rocky telah disuntik mati pada 2007. Oh iya, mengetahui dimensi yang digunakan, Daihatsu Rocky lawas mempunyai panjang 4100 mm, lebar 1.660 dan tinggi 1.915 mm serta wheelbase 2.530 mm

Daihatsu Rocky Terbaru Membawa Banyak Perubahan

Beda Karakter, Kakek Daihatsu Rocky di Indonesia 'Lebih Liar' 05

Tampilan belakang Daihatsu Rocky (Foto: webcg.net)

Daihatsu Rocky terbaru bisa dipastikan akan tiba di Tanah Air pada akhir bulan ini. Pemberitaan ini semakin kuat dengan masuknya undangan resmi ke email redaksi Autofun Indonesia mengenai peluncuran virtual Daihatsu Rocky yang dilaksanakan pada pukul 09.45 – 10.45 WIB

Beda Karakter, Kakek Daihatsu Rocky di Indonesia 'Lebih Liar' 06

A.S.A. (Advanced Safety Assist)

Varian teranyar Rocky sendiri sudah disematkan fitur pintar berupa ADAS (Advance Driver Assistant System) tingkat tinggi yang mana dilengkapi fitur penggerak semi-otonom dengan sebutan A.S.A. (Advanced Safety Assist).

Fitur canggih terbaru A.S.A bekerja menggunakan sensor dari stereo camera yang mendeteksi suatu objek di sekitar mobil. Dimana A.S.A ini juga dapat menjaga dan memberikan perintah kepada pengemudi apabila sedang berada dalam kondisi yang berbahaya. Tujuan utama fitur ini tentunya untuk mengurangi dampak kecelakaan.

Mengetahui lebih dekat A.S.A pada Daihatsu Rocky, teknologi ini sudah mencakup Autonomous Emergency Braking, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Pedal Misoperation Control, dan Front Departure Alert.

Beda Karakter, Kakek Daihatsu Rocky di Indonesia 'Lebih Liar' 07

Transmisi CVT Daihatsu Rocky (Foto: webcg.net)

Bicara mengenai tingkat pengaturan percepatannya, Rocky ini dikawinkan transmisi manual 5-speed dan CVT yang ditranslasi melalui kedua roda didepannya. Transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis konvensional pada umumnya.

Apabila pada transmisi otomatis konvensional memiliki sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka transmisi otomatis jenis CVT pada mobil ini menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Baca juga: Daihatsu Rocky dan Toyota Raize Pakai Fitur ADAS, Awas Jangan Sembarangan Pakai Fitur Canggih ini!

Kemajuan teknologi tentu sifatnya akan lebih baik dari sebelumnya. Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, CVT dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. Hal ini membuat pengendara mobil bertransmisi CVT tidak merasakan perpindahan gigi.

Selain itu, pada teknologi CVT, rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi. Kelebihan lainnya, CVT bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih effektif, sehingga di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.

Beda Karakter, Kakek Daihatsu Rocky di Indonesia 'Lebih Liar' 08

Interior Daihatsu Rocky (Foto: webcg.net)

Selain itu, diinformasi bahwa Daihatsu Rocky juga akan hadir dengan tujuh varian.

  • 1.2 M MT
  • 1.2M CVT
  • 1.2 X MT
  • 1.2 X CVT
  • 1.0 R Turbocharged MT
  • 1.0 R Turbocharged CVT
  • 1.0 R Turbocharged CVT ASA (Advance Sistem Assist)

 

Kesimpulan

Setelah ‘puasa’ selama 14 tahun, Daihatsu kembali meluncurkan Rocky ke Tanah Air. Berbeda dengan Rocky sebelumnya yang terlihat sangat gahar dan cocok diajak berpetualang, varian teranyarnya ini lebih pantas digunakan di kota-kota besar sebagai mobilitas sehari-hari.

Tidak hanya karena menggunakan penggerak roda depan, Rocky juga menawarkan transmisi CVT yang lebih pantas digunakan untuk menikmati setiap perjalanan.

Baca juga: Perbandingan Power To Weight Mesin 1.2 L Toyota Raize-Daihatsu Rocky dengan Calya-Sigra, Pendatang Baru Lebih Unggul?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru