window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mobil Keluarga Rp50 Jutaan, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Honda Stream 1.7L Gen-1

Enda · 30 Mar, 2022 18:00

Kelebihan dan Kekurangan Honda Stream 1.7L Gen-1

Kelebihan dan Kekurangan Honda Stream 1.7L Gen-1

Kemunculan Honda Stream di Tanah Air pertama kali dilakukan pada tahun 2002. Mobil jenis MPV yang dibuat berdasarkan platform dari Honda Civic tersebut mampu memberikan daya tarik terhadap calon konsumennya karena memiliki rasa berkendaranya yang nyaman.

Hal ini terbukti, berdasarkan data yang diperoleh PT Honda Prospect Motor (HPM) selama periode Januari 2022 hingga Desember 2003, secara total penjualan Stream sendiri mencapai 5.979 unit. Untuk variannya Honda Stream 1.7L gen-1 yang dihadirkan hingga 2003 menawarkan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Cocok digunakan sebagai mobil keluarga, untuk pasaran harga bekasnya Honda Stream 1.7L kini ditawarkan Rp50 jutaan. Namun sebelum kalian tertarik untuk membelinya, simak lebih dulu beberapa kelebihan dan kekurangan Honda Stream 1.7L gen-1 berikut ini.

Baca juga: Mitsubishi Kuda Diesel vs Isuzu Panther, Mana Raja Diesel Sesungguhnya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan Honda Stream 1.7L gen-1

1. Honda Stream 1.7L Gen-1 Nyaman Sebagai Mobil Keluarga 

Kelebihan dan Kekurangan Honda Stream 1.7L Gen-1

Dibangun menggunakan basis Honda Civic generasi ke-7 atau yang lebih dikenal dengan nama Civic VTi, generasi pertama Honda Stream 1.7L ini untuk penggunaan sehari-hari maupun berpergian dikala weekend terasa begitu nyaman. Mempunyai tiga baris tempat duduk, mobil ini juga sangat cocok buat kalian yang memiliki jumlah anggota keluarga lebih dari lima orang.

Namun sebagai catatan, pada baris paling belakang sebaiknya hanya digunakan oleh anak-anak. Pasalnya untuk legroomnya sendiri terbilang sempit.

Dibekali Suspensi berjeniskan Toe Control Link Struts pada roda depan dan Reactive Link Double Wishbone pada roda belakang, dari segi kenyamanan lainnya mobil ini terasa stabil, empuk, serta memiliki handling yang baik ketika melakukan manuver di kecepatan cukup tinggi.

2. Tampilan Interior Mewah dan Ergonomis

Kelebihan dan Kekurangan Honda Stream 1.7L Gen-1

Interior Honda Stream 1.7L gen-1 terlihat mewah

Di zamannya interior Honda Stream 1.7L gen-1 ini terbilang mewah. Seperti yang bisa dilihat untuk area kokpitnya juga terasa begitu ergonomis dengan dilengkapi head unit single-din yang bisa diupgrade menjadi double-din layar sentuh. Tepat dibawahnya tersematkan beberapa tombol pengaturan seperti AC.

Untuk tuas transmisinya sendiri diletakan di dashboard tepat di bawah tombol pengaturan yang tentunya juga memberikan ruang gerak lebih bebas terhadap penggunannya. Supaya pengemudi tidak mudah lelah ketika berkendara cukup lama, pada joknya telah dilengkapi arm rest di sisi bagian kirinya.

Sebagai informasi, jika kalian sedang membawa barang dengan jumlah yang cukup banyak, jok baris belakangnya bisa dilipat rata dengan kabin sehingga mampu mengakomodir barang bawaan.

3. Akselerasi Cukup Baik

Kelebihan dan Kekurangan Honda Stream 1.7L Gen-1

Mesin D17A pada Honda Stream 1.7L

Mengusung mesin berkode D17A VTEC-E Lean Burn SOHC 4-silinder segaris dengan kubikasi 1.700 cc, generasi pertama Stream mampu memeras tenaga hingga 132 PS @6.300 rpm serta torsi puncak sebesar 155 Nm @4.800 rpm. Dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan yang ditranslasi ke penggerak roda depan, mengenai akselerasinya mobil ini terbilang cukup baik dan mudah untuk dikendarai.

Selain itu mesin dengan teknologi PGM-FI tersebut terbilang bandel dan mudah dalam perawatan.

4. Konsumsi BBM Tidak Begitu Boros

Mobil Keluarga Rp50 Jutaan, Berikut Kelebihan dan Kekurangan Honda Stream 1.7L Gen-1 04

Beberapa pemilik Honda Stream 1.7L gen-1 menyebutkan bahwa untuk konsumsi BBM nya mobil ini tidak terlalu boros. Kondisi mesin sehat untuk penggunaan dalam kotanya sendiri mampu menempuh jarak 10 km/liter dan 12-14 km/liter untuk pemakaian luar kota.

5. Sudah Dilengkapi ABS dan EBD

Kelebihan dan Kekurangan Honda Stream 1.7L Gen-1

Pada sistem pengeremannya Honda Stream 1.7L gen-1 untuk bagian depan menggunakan ventilated disc dan drum brkae di roda belakang. Meski begitu, remnya tersebut berhasil dipadukan dengan ABS dan EBD guna mencegah terkunci dan tergelincirnya kendaraan ketika melakukan pengereman secara mendadak.

Baca juga: Perbandingan Honda Stream vs Mitsubishi Grandis Bekas, MPV Modis dan Stylish Era 2000-an

Kekurangan Honda Stream 1.7L gen-1

1. Radius Putar Besar

Kelebihan dan Kekurangan Honda Stream 1.7L Gen-1

Radius putar Honda Stream 1.7L gen-1 besar

Kebanyakan mobil penggerak roda depan, Honda Stream 1.7L gen-1 memiliki  radius putar besar. Dengan begitu kalian harus melakukan ancang-ancang sebelum putar balik jika tidak ingin memutar setir untuk kedua kalinya.

2. AC Single Blower

Berbeda dengan 2.0L, varian 1.7L hanya dilengkapi single blower di bagian depan. Hal ini tentunya dapat mengurangi rasa nyaman berkendara khususnya penumpang di baris kedua dan ketiga.

3. Peredam Kabin Tipis

Kelebihan dan Kekurangan Honda Stream 1.7L Gen-1

Seperti kebanyakan mobil lama, peredam kabin Honda Stream 1.7L gen-1 ini terbilang tipis. Maka jangan heran apabila saat mengendarainya bisa mendengar dengan jelas suara dari luar masuk ke dalam kabin.

4. Power Steering Mudah Bocor

Kekurangan lainnya yang sering dialami pemilik mobil ini adalah power steering. Salah satu peranti yang berfungsi untuk meringankan gaya putaran lingkar kemudi ini seringkali bocor. Selain itu, sirkulasi pendingin mesin juga harus sering dilakukan pengecekan dan perawatan guna menghindari overheat serta tersumbatnya kotoran pada jalur air.

5. Lemah di Bagian Kaki-kaki

Kelebihan dan Kekurangan Honda Stream 1.7L Gen-1

Honda Stream 1.7L gen-1 lemah di kaki-kaki depan

Terakhir adalah bagian kaki-kaki. Seperti kebanyakan mobil FWD, Honda Stream 1.7L gen-1 juga memiliki masalah di bagian kaki-kaki depan. Jika sudah mengetahui hal tersebut sebaiknya jangan sering melewati jalan hancur dengan kecepatan tinggi serta tidak membawa beban yang berat.

Kesimpulan

Sebagai mobil keluarga dengan harga bekas terjangkau, menurut kami Honda Stream 1.7L gen-1 masih sangat layak untuk dipilih hingga saat ini. Selain perawatannya yang mudah serta responsif, untuk konsumsi BBM nya sendiri masih terbilang irit.

Sebelum kalian berniat untuk meminangnya, hal utama yang perlu diperhatikan adalah bagian kaki-kaki depan, rembesan oli di sekitar mesin serta power steering dan rack steernya. Jangan lupa kelengkapan eksterior dan interior mobil ini juga perlu diperhatikan, mengingat parts bodynya kini sudah mulai terbilang sulit untuk ditemui.

Baca juga: Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi Grandis, Lawan Berat Honda Odyssey Awal 2000-an

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil