window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

New Mazda CX-3 2024 Resmi Meluncur di Indonesia, Spesifikasinya Bisa Patahkan Dominasi Honda HR-V

Prasetyo · 29 Feb, 2024 17:20

New Mazda CX-3 2024

New Mazda CX-3 2024 secara resmi hadir di Indonesia diboyong oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) dari kendaraan Mazda di Tanah Air.

Menempati segmen Compact SUV, Mazda CX-3 terbaru ini siap melawan dominasi Honda HR-V, Hyundai Creta, Toyota Yaris Cross, Wuling Alvez, sampai Chery Omoda 5.

Sebagai model baru, tentunya ada sederet perubahan yang dialami New Mazda CX-3 2024 ketimbang pendahulunya, baik dari sisi eksterior, interior, maupun kelangkapan fitur.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Mengingat antuasiame para Mazda Friends di Indonesia yang luar biasa akan line-up CX-3, kami pun sangat bersemangat melakukan peluncuran edisi terbaru ini di awal tahun 2024. Kami berharap The New Mazda CX-3 dapat disambut dengan baik oleh masyarakat, bahkan mampu menciptakan sebuah standar baru dalam kategori segmen Compact SUV," kata Ricky Thio selaku Managing Director EMI dalam sambutannya di Jakarta, Kamis (29/02/2024).

New Mazda CX-3 2024

Diluncurkan di Jakarta (29/02/2024)

Hadir dalam dua varian, yakni 1.5 Sport dan 2.0 Pro, selain mengalami update di tampilan fisik, New CX-3 juga tetap konsisten menyajikan pengalaman berkendara yang menyenangkan bagi para pemiliknya.

"Sejak masuk ke segmen SUV berukuran lebih compact dari CX-5, para engineer Mazda ingin menciptakan sebuah crossover dengan semangat Jinba itai, dimana mobil ini akan sangat menyenangkan untuk dikendarai terutama di dalam kota," sebuah Ricky.

"Dan Mazda selalu memiliki komitmen yang kuat untuk menciptakan kendaraan yang tidak hanya menghadirkan nilai fungsionalitas, tetapi juga menawarkan pengalaman berkendara yang memuaskan, dengan penuh filosofi dan nilai," tegas dia.

Baca juga: Mazda 2 Hatchback dan CX-5 2023 Kado Akhir Tahun dari Mazda Indonesia

Perubahan di New Mazda CX-3 2024

New Mazda CX-3 2024

New CX-3 2.0 Pro

Mazda CX-3 pertama kali diluncurkan di pasar otomotif Indonesia pada tahun 2017. 

Sejak awal hingga kini, CX-3 kian berkembang menjadi salah satu kontributor penting dari penjualan Mazda di Indonesia. 

Pada tahun 2023 lalu, CX-3 bahkan sukses menjadi line-up dengan penjualan tertinggi di Indonesia, yang menyumbang hampir 35% dari keseluruhan penjualan. 

Berbekal kesuksesan itu, New Mazda CX-3 2024 hadir dengan sejumlah improvement pada bagian eksterior dan interiornya.

Eksterior

New Mazda CX-3 2024

Fascia depan tipe 2.0 Pro

New CX-3 tetap mempertahankan KODO Design, melalui setiap lekuk pada bagian bodinya yang merepresentasikan estetika dan dinamisme.

Perubahan paling menonjol dari CX-3 baru ini ada pada bagian eksterior.

Misalnya untuk tipe 2.0 Pro, bagian gril depan hadir dalam sentuhan Black Chrome pada signature wing & warna hitam di sekelilingnya yang berkesinambungan hingga ke bagian dalam headlamp.

Sementara untuk varian 1.5 Sport, area ini dibuat dalam kombinasi Chrome dan hitam.

New Mazda CX-3 2024

Tipe 1.5 Sport masih ada aksen chrome

Kemudian khusus tipe 2.0 Pro juga datang dengan tema warna eksterior two-tone, yaitu warna bodi dikombinasikan warna hitam yang berkilau, sehingga menampilkan looks yang lebih sporty sekaligus elegan.

Adapun untuk CX-3 1.5 Sport, tema warna two tone ini tidak ada.

Tapi, baik varian 1.5 Sport maupun 2.0 Pro, hadir dengan cladding juga tampil dengan warna hitam berkilau, sehingga memunculkan warna hitam yang semakin pekat. 

Tidak hanya itu, The New Mazda CX-3 juga memiliki desain velg terbaru, yang berbentuk seperti palang yang dipilin demi menambahkan kesan cepat dan dinamis. 

Baca juga: Susul MX-30, Mazda2 2024 Pakai Mesin Rotary 830 Cc

Interior

New Mazda CX-3 2024 2.0 Pro

Interior tipe 2.0 Pro kombinasi kulit dan suede

Beralih ke bagian interior, New Mazda CX-3 kini hadir dengan jok berbahan kulit pada varian 1.5 Sport, dan jok berbahan kombinasi kulit dan suede pada varian 2.0 Pro. 

Jok kursi pada varian 2.0 Pro juga semakin dipercantik dengan aksen Arrow Pattern, untuk mengekspresikan kesan dinamis CX-3. 

Panel dasbor dan door trim pada varian 1.5 Sport juga menggunakan bahan suede, serta terdapat aksen merah dan perak pada kisi-kisi AC-nya.

New Mazda CX-3 2024 1.5 Sport

Varian 1.5 Sport pakai full kulit

Sementara pada varian 2.0 Pro menggunakan bahan kulit dengan aksen dot pattern, kemudian bagian louver ring atau bingkai kisi-kisi AC juga diberikan sentuhan warna coper dan hitam.

Baik varian 1.5 Sport dan 2.0 Pro, keduanya kini sudah dilengkapi dengan sunroof, auto dimming interior mirror, auto headlamp, dan auto wiper. 

Secara keseluruhan, improvement pada desain The New Mazda CX-3 menciptakan kombinasi yang sempurna antara eksklusivitas dan fungsionalitas.

Mesin

New Mazda CX-3 2024 mesin

Mesin CX-3 tipe 2.0 Pro

Mazda CX-3 varian 1.5 Sport menggunakan mesin SKYACTIV-G 1.5L yang mampu memberikan tenaga maksimum sebesar 111 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 144 Nm di 4.000 rpm. 

Sementara jika mencari sebuah Compact SUV yang lincah dan bertenaga, maka pilihannya bisa CX-3 varian 2.0 Pro.

Sebab varian ini hadir dengan mesin yang lebih powerful, yaitu SKYACTIV-G 2.0 dengan letupan tenaga mencapai 149 PS di 6.000 rpm dan torsinya 195 Nm mulai dari 2.800 rpm.

Kedua tipe CX-3 ini menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan yang disalurkan ke roda depan (FWD).

New Mazda CX-3 2024 mesin

Mesin CX-3 tipe 1.5 Sport

Tidak hanya itu, salah satu fitur unggulan dari New CX-3 adalah G-Vectoring Control, yang sukses mewujudkan filosofi Jinba-Ittai dalam setiap momen berkendaranya.

Fitur ini dirancang untuk meningkatkan responsivitas kendaraan dan kenyamanan pengemudi serta penumpang. 

G-Vectoring Control mampu mengurangi gaya gravitasi yang dirasakan oleh pengemudi dan penumpang saat mobil menikung, dengan cara menyesuaikan torsi pada mesin. 

Kombinasi mesin yang handal dan bertenaga, dengan dukungan teknologi canggih seperti G-Vectoring Control, menjadikan The New Mazda CX-3 sebagai pilihan yang sempurna bagi para penggemar mobil SUV perkotaan di Indonesia.

Baca juga: Mazda CX-60 Melantai di Indonesia, SUV Jepang Lawan Berat BMW X3

Fitur Unggulan

New Mazda CX-3 2024 1,5 Sport

New CX-3 1.5 Sport

Meskipun kedua varian dibedakan dari segi tampilan dan spesifikasi teknis, namun urusan fitur keselamatan, Mazda selalu memberikan yang terbaik di semua lini produknya.

Termasuk CX-3 semua varian dibekali dengan teknologi i-Activsense yang menggunakan radar dan sensor-sensor pintar untuk membantu para pengemudinya dalam menciptakan keselamatan berkendara.

Misalnya melalui fitur Mazda Radar Cruise Control (MRCC), yang memungkinkan pengemudi untuk menjaga kecepatan konstan di perjalanan namun mobil akan secara otomatis menyesuaikan kecepatan sesuai jarak aman dengan kendaraan di depannya. 

Lantas ada juga fitur Lane Departure Warning System, yang membantu pengemudi dengan memberikan peringatan jika kendaraan keluar dari lajur tanpa disengaja atau tanpa mengaktifkan lampu sein.

Begitu pula dengan Smart Brake Support, yang tidak hanya memberikan peringatan namun juga dapat melakukan pengereman otomatis jika terdeteksi resiko tabrakan di depan.

New Mazda CX-3 2024

Tampilan belakang tipe 1.5 Sport

Driver Attention Alert juga merupakan fitur keselamatan yang penting, lantaran membantu mengingatkan pengemudi saat mereka kehilangan fokus atau menunjukkan tanda-tanda kelelahan. 

Sementara, Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Monitoring, dapat membantu mengurangi resiko kecelakaan dengan memberikan peringatan saat ada kendaraan di samping yang tidak terlihat dari akca spion atau saat mundur dari parkiran.

Gak cuma itu, fitu seperti Antilock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), dan Brake Assist juga sudah ada.

Ditambah lagi Dynamic Stability Control, Traction Control, Hill Launch Assist, Emergency Stop Signal, Sensor Parkir depan belakang, sampai Rear Camera.

Pilihan Warna dengan Sistem Pengecatan Khusus

New Mazda CX-3 2024 2.0 Pro

New CX-3 2.0 Pro tampilan belakang

New Mazda CX-3 2024 tipe 1.5 Sport hadir dengan tujuh pilihan warna, sedangkan varian 2.0 Pro ditawarkan dalam empat pilihan warna.

Salah satu pilihan warna terbaru yang termasuk dalam kedua varian adalah Aero Grey Metallic, yang terinspirasi dari dinamika udara saat mobil sedang berada di dalam di wind tunnel. 

Warna terbaru ini diyakini mampu memberikan nuansa modern, yang membedakan New CX-3 dengan mobil-mobil lainnya di pasaran.

Untuk proses pengecatan warna premium, seperti Soul Red Crystal Metallic, Machine Grey Metallic, dan Polymetal Grey Metallic, Mazda telah mengaplikasikan teknologi khusus, seolah diwarnai langsung oleh tangan pengrajin terampil. 

Keistimewaan ini disebut dengan istilah TAKUMI-NURI, yang berarti "Artisan Colouring" yang memiliki keunggulan mampu memberikan visual yang estetik, dengan kesan yang kuat dan penuh energi.

Harga Mazda CX-3 2024

  • CX-3 1.5 Sport: Rp399.900.000
  • CX-3 2.0 Pro: Rp495.500.000

Setiap pembelian mobil ini telah dilengkapi dengan program layanan purna jual 5 Years MyMazda Warranty dan 3 Years MyMazda Service. 

5 Years MyMazda Warranty adalah program garansi terbaru dari Mazda Indonesia, yang berlaku selama 5 tahun atau 150.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu). 

Program ini melengkapi layanan purna jual yang telah tersedia sebelumnya, 3 Years MyMazda Service, yang mencakup jaminan servis (parts dan labor), selama 3 tahun atau 60.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu).

Spesifikasi New Mazda CX-3 2024
  1.5 Sport 2.0 Pro
Dimensi
Panjang 4.275 mm
Lebar 1.765 mm
Tinggi 1.535 mm
Jarak sumbu roda 2.570 mm
Jarak ke tanah 155 mm
Ukuran roda 215/50 R18
Kapasitas tangki BBM 48 liter
Mesin
Tipe mesin SKYACTIV-G 1.5 DOHC SKYACTIV-G 2.0 DOHC
Isi silinder 1.496 cc 1.998 cc
Jumlah silinder 4
Daya maksimum 111 PS @6.000 rpm 149 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 144 Nm @4.000 rpm 195 Nm @ 2.800 rpm
Transmisi Otomatis 6-percepatan
Sistem penggerak roda Penggerak Roda Depan
Sasis
Suspensi depan MacPherson Strut
Suspensi belakang Torsion Beam Axle
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Disc

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mazda CX-3 1.5L Sport 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil