Bocoran Mazda CX-3 Facelift 2021: Ada Tipe Baru dan Pakai Mesin Diesel

Evan · 13 Okt, 2021 20:00

Bocoran Mazda CX-3 Facelift 2021: Ada Tipe Baru dan Pakai Mesin Diesel 01

Line up SUV Mazda tampaknya sedang mengalami penyegeran menyeluruh tahun ini. Jika sebelumnya CX-5 sudah mendapatkan ubahan dari sisi eksterior dan interior, kali ini giliran adiknya CX-3. Bedanya, perubahan pada CX-3 lebih kearah permainan warna bodi dan fitur kelengkapan.

Dilansir Bestcarweb, Mazda CX-3 terbaru ini akan mulai dijual resmi tanggal 14 Oktober, dan mulai dipasarkan satu bulan setelahnya. Mazda menawarkan empat pilihan trim sekaligus, mulai dari tipe 15S paling terjangkau, hingga varian termahal yakni Super Edgy, yang juga varian baru. 

Ada juga tambahan mesin diesel baru 1.800cc untuk melengkapi satu pilihan mesin yang telah hadir lebih dulu, yakni 1.500cc Skyactiv G. Versi penyempurnaan dari CX-3 ini dibanderol mulai dari Rp236,7 Juta (tipe bensin 15S 2WD AT) sampai Rp401,8 Juta (tipe diesel XD Super Edgy 4WD AT).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga :New Mazda CX-5 Dibandrol Mulai dari Rp553 Jutaan, Nambah Dua Fitur Doang?

Mazda CX-3 Super Edgy, Karakter Sporty Luar Dalam

Bocoran Mazda CX-3 Facelift 2021: Ada Tipe Baru dan Pakai Mesin Diesel 01

New CX-3 Super Edgy, jadi yang termahal

Berada pada rentang harga termahal di keluarga CX-3, trim baru ini memainkan peranan penting, sebagai opsi yang ditujukan untuk menghadirkan mobil yang lebih sporty. Warna baru yang juga ada di CX-5 2022 juga dapat ditemukan di CX-3 facelift, yaitu Platinum Quartz Metalic. Bersama tiga warna lain, seperti Soul Red Crystal Metallic, Ceramic Metalic, dan Polymetal Gray Metalic.

Atapnya juga sekarang model dual tone, berwarna hitam dan sudah jadi kelengkapan standar. Body cladding baru bernuansa piano black juga hadir, menggantikan bahan plastik. Peleknya sekarang terbuat dari aluminium berukuran 18 inci, serta diberi sentuhan gunmetal. Tak lupa model ornament krom di sekeliling bodi dipadukan dengan spion yang dilabur black glossy.

Bocoran Mazda CX-3 Facelift 2021: Ada Tipe Baru dan Pakai Mesin Diesel 02

Interiornya makin sporty

Interiornya juga dapat update, mulai dari penggunaan warna jok dengan pinggiran putih bercampur hitam merah hingga dari sisi fitur.

Beberapa diantaranya meliputi Active Driving Display, Steering Shift Switch, Steering Heater, Console Side Decoration, Meter Hood Trim, Meter Ring Saturn Chrome Plating, Driver Seat 10 Way Electric Power Seat with Memory Function, dan Driver Passenger Seat Heater.

Dari segi keselamatan, Mazda memberikan Driver Attention Alert (DAA) dan Traffic Sign Recognition System (TSR).

Baca juga: Mazda 2 2022 Mulai Menampakkan Diri, Cuma Rebadge dari Yaris

Mazda CX-3 Standar Hanya Dapat Ubahan Fitur

Bocoran Mazda CX-3 Facelift 2021: Ada Tipe Baru dan Pakai Mesin Diesel 03

Versi standar hanya kebagian fitur

Versi standar mencakup tiga tipe sekaligus yakni 15 S, Touring, dan Urban Dresser. Ketiganya tentu berbeda dari segi kelengkapan dan fitur. Soal desain luar masih sama seperti tipe Super Edgy, hanya saja terkesan lebih polos karena penggunaan sewarna bodi di atap dan juga spion. Delapan warna bisa dipilih, termasuk juga Platinum Quartz Metallic sebagai warna baru. 

Dari luar perubahan paling kentara datang dari sisi pencahayaan, yang sudah support Adaptive LED Headlights (ALH), dimana mampu berbelok sesuai input dari setir. LED Front Fog lights juga hadir, menggantikan versi sebelumnya yang menggunakan bohlam.

Bocoran Mazda CX-3 Facelift 2021: Ada Tipe Baru dan Pakai Mesin Diesel 04

Mazda Radar Cruise Control (MRCC)

Masuk ke interior versi standar, masih menyerupai tipe Super Edgy meski dashboard dan joknya hadir dalam pilihan full hitam. Wireless Charging dan Automatic Anti-Glare Room Mirror sekarang menjadi standar, membantu kenyamanan penumpang dan pengemudi.

Soal fitur keselematan aktif juga lengkap, melalui Mazda Radar Cruise Control (MRCC) dan Smart Brake Support (SBS).

Baca juga: 5 Mobil Baru Mazda Siap Rilis Mulai Tahun Depan, Semuanya SUV

Mesin Baru 1.800cc Diesel Tersedia di Semua Model

Bocoran Mazda CX-3 Facelift 2021: Ada Tipe Baru dan Pakai Mesin Diesel 05

Mesin 1.800cc diesel di CX-30

Mazda secara resmi menghapus penjualan mesin 2.000cc mereka yang pernah digunakan di CX-3, menggantinya dengan mesin baru diesel SkyActiv D, berkapasitas 1.800cc SH-VPTS.

Menurut klaim pabrikan, mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 175 PS dan torsi raksasa 420 Nm. Sebelum dipasang ke CX-3, mesin bertorsi besar ini sudah hadir terlebih dulu di CX-30 pasar luar negeri.

Bocoran Mazda CX-3 Facelift 2021: Ada Tipe Baru dan Pakai Mesin Diesel 06

Mesin 1.500cc tetap hadir

Sedangkan mesin bensin 1.5L N/A tetap dipertahankan untuk model CX-3. Mesin yang juga hadir di tanah air ini mengadopsi teknologi SkyActiv G, sehingga bisa menyemburkan tenaga hingga 115 PS dan torsi puncak 150 Nm.

Mesin dengan kompresi tinggi ini terkenal dengan keiritan dan efisiensi bahan bakar ketimbang 2.0-liter yang lebih boros.

Baca juga: Harga Mazda CX-30 EV Cuma Dipatok Rp350 Jutaan, Siap Menantang Kona Electric

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Mazda CX-3 1.5L Sport

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru