Nissan X-Trail 2021 Dapatkan Penyegaran di Australia, Seperti Apa Spesifikasi di Indonesia?

Bent Aulia · 7 Mar, 2021 13:00

Nissan X-Trail VL 2021

SUV menengah Nissan X-Trail 2021 akhirnya mendapatkan pembaharuan di Australia sebelum model serba baru meluncur pada tahun 2022 mendatang. Meski tanpa perubahan signifikan pada bagian luar, X-Trail mendapatkan beragam teknologi baru dari Nissan. Tapi bagaimana dengan spesifikasi Nissan X-Trail 2021 yang dipasarkan di Indonesia saat ini?

Update di Australia

Bukannya facelift, tapi ubahan anyar yang ditawarkan untuk konsumen di Australia merupakan pembaharuan untuk tahun penjualan 2021 sebelum nantinya mendapatkan generasi baru tahun depan. Selain desain velg baru serta penambahan dimensi velg pada beberapa varian, tidak ada perubahan estetika dibandingkan Nissan X-Trail 2020.

Nissan X-Trail 2021

Pembaharuan X-Trail menjadikannya mobil Nissan terbaru yang mendapatkan integrasi Apple CarPlay dan Android Auto sebagai fitur standar di seluruh varian yang ditawarkan. Selain layar sentuh 7.0 inci dengan grafik yang diperbaharui, X-Trail akhirnya mendapatkan fitur pengenalan suara untuk mempermudah pengemudi mengakses berbagai fitur di dalam kabin.

“Penambahan teknologi kabin baru dan peralatan keselamatan canggih semakin meningkatkan X-Trail yang populer, dan menunjukkan evolusi kendaraan yang telah memainkan peran penting dalam kehidupan banyak orang Australia,” kata direktur pelaksana lokal perusahaan, Stephen Lester.

Nissan X-Trail 2021 Australia

Di Australia, Nissan X-Trail 2021 terdiri dari empat varian, yaitu X-Trail ST, ST-L, Ti, dan TS. Harganya bervariasi, mulai dari AU$ 28.490 (Rp 313 jutaan) hingga AU$ 44.790 (Rp 492 jutaan) untuk varian tertingginya. Serta tiga pilihan mesin yang bisa didapatkan, mulai dari mesin bensin 2.0L dan 2.5L serta versi turbo diesel 2.0L.

Mesin bensin 2.0L mampu mengeluarkan 144 PS dan 200 Nm, ditawarkan dengan penggerak roda depan serta transmisi manual 6-percepatan. Mesin 2.5L yang lebih besar membawa 171 PS dan 226 Nm, dihubungkan ke penggerak roda depan maupun semua roda melalui transmisi CVT otomatis. Sedangkan mesin diesel bertenaga 177 PS dan 380 Nm, menghasilkan rata-rata keluaran 6 liter per 100 kilometer.

Baca juga: Mengejutkan! Hasil Uji Tabrak Nissan X-Trail 2021 di AS Hanya Raih 2 Bintang

Spesifikasi Nissan X-Trail Indonesia

Mendapatkan ubahan terakhir pada tahun 2019, Nissan X-Trail yang dipasarkan di Indonesia saat ini merupakan edisi facelift generasi ketiga yang dirilis secara global pada tahun 2017. Sayangnya tak banyak pilihan yang tersedia. Pasalnya Nissan hanya mempertahankan satu varian X-Trail untuk pasar dalam negeri, yaitu Nissan X-Trail VL.

Eksterior dan interior Nissan X-Trail 2021

Seperti layaknya model Nissan lainnya, bahasa desain Nissan X-Trail semakin khas berkat grille V-Motion berlapis chrome membawa kesan maskulin nan dinamis. Lampu depan LED dengan dua format proyektor dan LED DRL dengan desain layaknya bumerang serta foglamp untuk meningkatkan visibilitas ketika berkendara di kondisi jalan yang buruk menjadi penghias bagian depan.

Nissan X-Trail 2021 Indonesia

Di samping, garis bodi yang tegas serta ground clearance mencapai 270 mm mengantarkan kesan sporty pada mobil ini. Meningkatkan kepraktisan ketika harus mengarungi medan kasar. Roof rail dan velg alloy 19 inci baru dilengkapi dengan LED bergaya boomerang pada lampu belakang dan rear spoiler untuk melengkapi desain eksterior mobil ini.

Sedangkan di dalam kabin, interior Nissan X-Trail membawa desain layout yang sudah lama tak berganti. Setir multifungsi yang sama dengan Nissan Serena dipertahankan, termasuk material soft touch dan leather dengan aksen jahitan pada dashboard.

kursi Nissan X-Trail 2021

Dengan format 7 tempat duduk, jok baris kedua mendapatkan pengaturan 60:40 dan ruang kaki yang lapang. Tapi ruang kaki di baris ketiga bisa dibilang tak terlalu nyaman untuk penumpang dewasa. Tapi semua bangku sudah mendapatkan headrest untuk menopang kepala untuk kenyamanan dan meningkatkan keselamatan sepanjang perjalanan

Ruang bagasi Nissan X-Trail VL terkesan biasa, karena hanya menyediakan 135 liter dan 550 liter ketika bangku baris ketiga dilipat. Untuk meningkatkan kepraktisan, X-Trail mendapatkan power tailgate yang bisa membuka bagasi hanya dengan ayunan kaki.

Dimensi Nissan X-Trail 2021

P x L x T

4640 x 1820 x 1720 mm

Wheelbase

2.705 mm

Ground Clearance

270 mm

Radius Putar

5,6 meter

Suspensi Depan

Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

Independent Multi-link with Stabilizer Bar

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

Ukuran Ban

225/55 R19

Velg

19 inci

Baca juga: Bukan Hal Baru, Nissan X-Trail Sudah Miliki Fitur Serupa Sensing di Honda CR-V 2021 yang Meluncur Tahun Ini

Mesin Nissan X-Trail 2021

Sebagai kendaraan yang dipersiapkan untuk pengendaraan di jalanan perkotaan maupun medan bergelombang, tenaga yang ditawarkan X-Trail tak main-main. Menggunakan mesin QR25DE 16 katup berkapasitas 2.5L, tenaga yang dikeluarkan mencapai 171 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 233 Nm pada 4.000 rpm.

mesin Nissan X-Trail 2021

Mesin yang dikenal tangguh dan bertenaga bisa dibilang sebagai salah satu keunggulan mobil ini dibandingkan pesaingnya. Bermodalkan sistem bahan bakar multi-point injection untuk meningkatkan efisiensi mesin, tenaga disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi Intelligent XTronic CVT dengan mode manual.

Fitur Nissan X-Trail 2021

Selain fitur power tailgate yang dijelaskan sebelumnya, X-Trail memang dipersiapkan dengan berbagai fitur kenyamanan dan keselamatan yang terbilang lengkap. Mulai dari fitur sunroof untuk menghadirkan kabin yang lebih lapang, i-Key, Around View Monitor (AVM), hingga Hill Start Assist dan Intelligent Cruise Control (ICC) untuk rasa berkendara yang lebih baik.

Nissan X-Trail 2021

Selain menyematkan kantung udara samping, X-trail turut membawa berbagai sistem keselamatan terkini. Beberapa fitur yang bisa ditemukan pada X-Trail termasuk Blind Spot Warning, Lane Departure Warning, Forward Emergency Braking, dan Forward Collision Warning. Sedang Active Trace Control akan meningkatkan handling dan kestabilan ketika berkendara.

Kesimpulan

Dengan harga Nissan X-Trail VL mulai dari Rp 550 jutaan, mobil ini bisa menjadi pilihan termurah di kelasnya. X-Trail 2021 saat ini memberikan value for money yang mengesankan dan mesin yang bertenaga untuk berkendara di berbagai kondisi jalan. Pilihannya memang tak banyak, apalagi nama Nissan yang tak begitu mentereng di Indonesia menjadi salah satu penghambat popularitas X-Trail.

Baca Juga: Kelemahan dan Kelebihan Nissan X-Trail Terbaru, SUV Gagah untuk Keluarga

Komentar