window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pakai Matic Model Lawas, Segini Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Lama Dibanding yang Baru?

Enda · 29 Nov, 2023 12:02

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander lama lansiran tahun 2017-2020 disebut-sebut lebih boros dibandingkan versi faceliftnya yang meluncur pada November 2021.

Sebagai informasi, Xpander lansiran awal dipadukan transmisi matic 4-percepatan torque converter, berbeda dengan model faceliftnya sudah menggunakan transmisi otomatis tipe CVT.

Bermain di segmen LMPV, harga bekas Mitsubishi Xpander saat ini berada di angka Rp170 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Berapa Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Lama?

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander

Mesin MIVEC di Xpander tak berubah

Diluncurkan pertama kali pada tahun 2017, Mitsubishi Xpander hadir dengan pilihan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve berkubikasi 1.499 cc dengan menghasilkan tenaga 105 PS di 6.000 rpm serta torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm.

Jantung pacu yang digunakan disandingkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis konvensional 4-percepatan.

Mengenai konsumsi BBM yang dihasilkan, penggunaan dalam kota-nya berada di kisaran angka 12 - 14 km/liter dan 15 - 16 km/liter untuk pemakaian luar kota.

Baca juga: Rp15 Juta Lebih Murah dari Mitsubishi Xpander Bekas, Nissan Livina Seken Juga Menarik

Bolehkah Xpander Pakai Pertalite?

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander

Tampilan belakang Xpander 2017 (foto: Zul)

Memiliki performa cukup buas untuk sekelas mobil kelurga, mesin Xpander memiliki nilai angka kompresi sebesar 10,5 : 1.

Dengan angka kompresi yang dimiliki, jantung pacunya disarankan untuk selalu menggunakan bensin RON92 sejenis Pertamax dari Pertamina, Shell Super atau Vivo 92.

Jika sering mengkonsumsi BBM jenis RON90 atau pertalite, bisa dipastikan mobil akan timbul gejala knocking atau ngelitik diakibatkan pembakaran tidak sempurna serta berat pada tarikan bawah.

Tak hanya itu, pembakaran yang tak sempurna juga dapat mengurangi usia busi serta penumpukan kerak atau karbon pada ruang bakar.

Berapa Isi Bensin Full Xpander?

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander

Sebaiknya gunakan BBM RON92

Kapasitas tangki bahan bakar Xpander menurut data di atas kertas mencapai 45 liter.

Berdasarkan harga pertamax saat ini yang dibandrol Rp13.400 per liter, untuk membuatnya penuh dari kondisi tangki kosong menghabiskan biaya Rp603.000.

Xpander Paling Murah Tipe Apa?

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander

Xpander GLX

Ketika pertama kali diluncurkan Xpander ditawarkan dalam beberapa varian, yang diantaranya; GLX, GLS, Exceed, Sport dan Ultimate.

Sebagai tipe paling murah, GLX tampak begitu sederhana, seperti masih menggunakan velg kaleng untuk lingkar rodanya, serta untuk transmisinya sendiri hanya mengandalkan manual 5-percepatan.

Selain itu juga tampil sederhana tanpa dilengkapi aksen krom serta tanpa AC double blower.

Mengenai fitur hiburannya, saat meluncur pertama kali mobil ini tidak dilengkapi head unit alias polosan.

Namun begitu Xpander GLX sudah mendapatkan dua buah speaker di depan yang bisa diupgrade guna dapat lebih menunjang kenyamanan berkendara.

Baca juga: Mitsubishi Xpander GLX Tak Lagi Dijual, Padahal Harganya Bisa Lebih Murah dari Avanza Veloz

Xpander Ultimate Matic atau Manual?

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander

Xpander Ultimate

Sebagai varian teratas, Ultimate hanya ditawarkan dengan pilihan transmisi matic.

Xpander Ultimate untuk keselamatan berkendara berhasil tersematkan ABS, EBD, Brake Assist (BA), dual SRS airbag, 3P ELR seatbelt pretensioner x2 with force limiter and seatbelt reminder buzzer, ISOFIX child seat anchor x 2 for 2nd row seat, Active Stability Control & Traction Control (ASC + TCL), Hill Start Assist (HSA) dan parking sensor + rear view Camera.

Bukan cuma itu saja, tipe ini pun sudah dilengkapi cruise control yang dapat diaktifkan ketika mobil melaju dengan kecepatan stabil minimal 40 km per jam tanpa harus menginjak pedal gas.

Untuk menonaktifkan cruise control, pengemudi cukup menginjak pedal rem.

Apakah Xpander Ada Sunroof?

Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander

Interior Xpander Ultimate

Mulai dari varian terendah hingga tipe paling atas, Xpander tidak dilengkapi dengan sunroof.

Meski begitu, mulai dari tipe GLS hingga Ultimate mobil ini sudah dibekali AC double blower yang mampu mendistribusikan udara sejuk hingga baris paling belakang.

Guna memberi kemudahan terhadap penggunanya, mobil ini memiliki 19 buah kompartemen penyimpanan barang yang terasa ergonomis.

Adapun tempat penyimpanan barang yang ada di mobil ini diantaranya; glove box di bagian depan, instrument panel side pocket, coin box pada sisi pengemudi, instrument panel tray di atas glove box, instrument lower tray, cup holder depan, front door pocket, front console box, rear door pocket, seat back pocket yang multifungsi, smartpohone holder, serta bottle holder di jok paling belakang.

Dan menariknya mobil ini juga disematkan power outlet dari baris pertama, kedua dan ketiga.

Dengan adanya fitur ini maka setiap penggunanya bisa melakukan pengisian daya dalam kondisi apapun.

Oh iya, dari segi hiburan tipe teratasnya mendapatkan head unit layar sentuh yang dapat diatur menggunakan fitur Hands free function.

Memiliki kualitas suara yang baik, head unitnya dipadukan dengan 4 speaker split dan 2 tweeter  di depan.

Baca juga: Harga Bekas Cenderung Stabil, Ini Alasan Mitsubishi Xpander Lebih Layak Dipilih Ketimbang Kompetitornya

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil