Penampakan Uji Coba Suzuki Jimny Versi LWB, Apakah Bakal Jadi Platform Suzuki Jimny 5 Pintu?

Dhoni · 18 Mar, 2021 07:00

Kabar tentang kehadiran Suzuki Jimny 5 pintu masih sangat dinantikan. Berbagai rumor soal Jimny 5 pintu terus berhembus. Terlebih, beberapa waktu lalu beredar gambar spy shoot terbaru yang memperlihatkan Suzuki Jimny dalam balutan kamuflase terlihat sedang melakukan uji coba di India.

Penampakan Uji Coba Suzuki Jimny Versi LWB, Apakah Bakal Jadi Platform Suzuki Jimny 5 Pintu? 01

Suzuki Jimny LWB Terlihat, Apakah Bakal Jadi Platform Suzuki Jimny 5 Pintu?

Baca juga: Duit Rp 500 Juta Buat Hobi Garuk Tanah, Suzuki Jimny 2021 Lebih Favorit Dari Toyota Hilux

Alih-alih menggunakan lima pintu seperti yang diharapkan oleh para penyuka Suzuki Jimny, prototipe yang sedang menjalani serangkaian pengujian hanya menggunakan tiga pintu. Walau dalam bentuk kamuflase, Suzuki Jimny tersebut bisa terlihat dari siluet garis body memiliki banyak kesamaan dengan versi sebelumnya.

Sesuai dari lansiran media di India, Suzuki Jimny yang melakukan uji coba berbalut kamuflase juga tidak terdapat bangku baris ketiga. Melihat bentuk fisiknya yang panjang dan dari spekulasi yang bermunculan, sangat mungkin bila pengujian ini menggunakan Suzuki Jimny LWB (long wheel base).

Rancangan LWB ini bisa dikembangkan lebih lanjut demi mempersiapkan varian Jimny 5 pintu atau bahkan model pick up (double cabin).

Penampakan Uji Coba Suzuki Jimny Versi LWB, Apakah Bakal Jadi Platform Suzuki Jimny 5 Pintu? 02

Suzuki Jimny 5 pintu mulai terlihat

Sebagai Suzuki Jimny model 5 pintu, maka wheelbase dari Suzuki Jimny akan lebih panjang dibanding versi 3 pintu karena ada tambahan baris ketiga dan pintu tengah.

Tetapi bila secara panjang wheelbase tidak banyak berubah dibandingkan model sebelumnya, maka sangat mungkin bagian overhang belakang akan dibuat lebih panjang.

Tampilan Suzuki Jimny Long Wheelbase Tidak Banyak Berubah 

Jika memang Suzuki Jimny yang terkamuflase merupakan model long wheelbase, maka tampilannya tidak memiliki perbedaan dengan versi Suzuki Jimny yang ada sekarang. Perbedaan yang nampak hanyalah pada wheelbase yang panjang. Kemudian kaca belakang juga ikut memanjang. 

Tampilan depan Suzuki All-new Jimny sebagai generasi keempat memiliki disain bumper depan yang gagah dengan dua foglamp di kedua sisinya. Begitu pula komposisi gril dengan empat bilah yang terpasang vertical dan sepasang lampu utama maupun lampu isyarat untuk berbelok.

Dengan ground clearance mencapai 210 mm, Suzuki All-new Jimny memang tampil untuk menunjukan karakternya sebagai kendaraan SUV compact berkemampuan offroad.

Penampakan Uji Coba Suzuki Jimny Versi LWB, Apakah Bakal Jadi Platform Suzuki Jimny 5 Pintu? 03

Tampilan Suzuki All-new Jimny 5 pintu

Jika tidak mengalami ubahan, Suzuki All-new Jimny akan kembali menggunakan mesin K15B 1.5L yang dapat mengeluarkan tenaga mencapai 104,7 PS dengan torsi sebesar 138 Nm. Untuk versi Suzuki All-new Jimny generasi keempat yang hadir di Indonesia menggunakan transmisi 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis.

Sedangkan untuk Suzuki Jimny 5 pintu atau long wheelbase seperti yang sedang melakukan uji coba, diperkirakan juga akan tersedia versi mild-hybrid technology atau disebut SHVS ( Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Model serupa yang tersedia pada Suzuki Vitara Brezza.

Suzuki All-new Jimny di Indonesia Jadi Barang Langka

Sebegai generasi keempat sejak 1970, Suzuki Jimny memang termasuk mobil yang cukup populer. Namun keinginan penggemar memiliki Suzuki All-new Jimnya yang mulai hadir pada 2019 di Indonesia, harus tertunda. Permintaan yang cukup tinggi, ternyata tidak dapat disesuaikan dengan ketersediannya.

Suzuki All-New Jimny yang hadir di Indonesia merupakan hasil rakitan Negara Jepang atau masuk dalam bentuk CBU. Demand yang tinggi, berimbas pada harga yang ditawarkan oleh dealer ‘nakal’ cukup melambung tinggi dibanding harga resmi dari PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS). Tingginya animo yang tidak diimbangi suplai besar dari Suzuki Jepang membuat Jimny jadi barang langka. 

Penampakan Uji Coba Suzuki Jimny Versi LWB, Apakah Bakal Jadi Platform Suzuki Jimny 5 Pintu? 04

Suzuki All-new Jimny generasi keempat

Semoga saja, jika Suzuki Jimny 5 pintu telah tersedia dapat memenuhi permintaan konsumen yang saat ini harus indent selama 5 tahun. Tapi, kira-kira PT SIS akan menghadirkan Suzuki Jimny 5 pintu kah?

 

 

 

Komentar

Up to 20% higher than average trade-in price

Suzuki Jimny MT

Upgrade

Add your car

Service powered by

Mobil Terbaru