window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pilih Hybrid Tipe Termurah, Toyota Yaris Cross atau Innova Zenix?

Herdi · 23 Jun, 2023 18:05

Pilih Hybrid Tipe Termurah, Toyota Yaris Cross atau Innova Zenix? 01

PT Toyota Astra Motor (TAM) kini punya mobil hybrid dengan harga lebih terjangkau yaitu Toyota Yaris Cross tipe S HV CVT yang dibanderol Rp440.600.000 juta. 

Sebelumnya, mobil hybrid paling terjangkau dari Toyota adalah Kijang Innova Zenix tipe G HV CVT yang dijual sekitar Rp464.000.000.

Kedua mobil dengan teknologi hybrid yang memiliki selisih Rp23 juta ini merupakan harga on the road Jakarta yang ditawarkan dealer Auto2000.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Pilih Toyota Yaris Cross Hybrid atau Innova Zenix G Hybrid? Selisihnya Cuma Rp15 Jutaan

Pilih Hybrid Tipe Termurah, Toyota Yaris Cross atau Innova Zenix? 01

Nah, setelah mengetahui perbandingan harga Toyota Yaris Cross Hybrid atau Kijang Innova Zenix Hybrid tipe terendah, maka kali ini Autofun akan mengupas beberapa bagian perbedaan kedua mobil. 

Perbedaan Toyota Yaris Cross Hybrid atau Kijang Innova Zenix Hybrid Tipe Terendah

Toyota Kijang Innova Hybrid G  CVT

Toyota Kijang Innova Hybrid G  CVT

Yaris Cross Hybrid S HV CVT atau Kijang Innova Zenix Hybrid G HV CVT, selain harganya berbeda, kedua mobil ini juga beda segmen, dimana Yaris Cross masuk kompak SUV sedangkan Kijang Innova Zenix adalah medium MPV. 

Perlu dicatat, kedua mobil ini juga bukan kompetitor, namun bukan tak mungkin masih ada calon konsumen yang ingin tahu perbedaan sebelum membelinya. Untuk lebih detail berikut ulasannya:

Dimensi Toyota Yaris Cross Hybrid atau Kijang Innova Zenix Hybrid

Toyota Yaris Cross

Toyota Yaris Cross Hybrid

Yaris Cross Hybrid masih menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA), sementara Innova Zenix sudah pakai Toyota New Global Architecture (TNGA).

Dari segi dimensi, Yaris Cross S HV CVT memiliki ukuran lebih kecil, panjangnya 4.310, lebar 1.770 mm dan tinggi 1.615 mm.

Untuk jarak sumbu roda mencapai 2.620 mm dan ground clearance yaitu 210 mm.

Baca juga: Kembaran Toyota Yaris Cross dari Daihatsu Siap Dirilis

Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova Zenix

Sedangkan untuk Kijang Innova Zenix G HV CVT,  mempunyai bentuknya memang lebih melar, seperti panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.795 mm.

Sementara itu, untuk jarak sumbu roda Innova Zenix mencapai 2.850 mm dan ground clearance lebih rendah karena ini mobil MPV yaitu 185 mm.

Baca juga: Siap-siap Toyota Akan Produksi Mobil Hybrid di Karawang yang Lebih Murah dari Yaris Cross

Sistem Kaki-kaki

Toyota Yaris Cross

Yaris Cross pakai velg 18 inch yang dibalut ban 215/55.

Untuk kaki-kaki, kenyamanan Yaris Cross Hybrid S HV CVT atau Kijang Innova Zenix Hybrid G HV CVT sama-sama menggunakan suspensi depan Macpherson Strut dan bagian belakang Torsion Beam.

Bahkan untuk sistem pengereman depan Ventilated Disc, dan bagian belakang ditambah EPB.

Adapun untuk keempat rodanya, Yaris Cross Hybrid S HV CVT sudah menggunakan velg alloy dengan diameter 18 inch yang dibalut ban 215/55.

Hal ini lebih kecil jika dibandingkan Kijang Innova Zenix hybrid yang memiliki velg berukuran 16 inch dibalut ban 205/65, dan sistem pengeremannya juga sudah menggunakan cakram.  

Perbandingan Desain

Toyota Yaris Cross Hybrid

Yaris Cross hybrid

Jika bicara soal desain, Yaris Cross Hybrid S HV CVT atau Kijang Innova Zenix Hybrid  G HV CVT tentu saja jauh berbeda, baik dari depan samping maupun belakang.

Seperti yang disebutkan di atas, kedua mobil ini juga ukuranya jelas berbeda, karena yang satu SUV dan satu lagi MPV. 

Tampang depan Toyota Yaris Cross

Tampang depan Yaris Cross Hybrid

Pada bagian eksterior, Toyota Yaris Cross Hybrid sudah dilengkapi Seamless Electric Power Back Door with Kick Sensor, lampu utama LED dan ada DRL, kemudian ada juga lampu Follow Me Home.

Bagian belakang sudah ada LED juga dan sampung dilengkapi Auto Folding dan Electric Retractable Outer Mirror with Welcoming Lamp, hingga Resilient Roof Rail. 

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Innova Zenix hybrid

Innova Zenix Hybrid 2.0 G HV CVT, dilengkapi tampilan wajah depan menggunakan aksen krom dan juga lampu-lampu bagian depan ada LED. Untuk DRL tidak ada karena hanya ada di varian di atasnya.

Untuk interior, Yaris Cross Hybrid sudah dilengkapi Head Unit berukuran 10 inch, yang bisa diaktifkan dengan Smartphone Connectivity. 

Interior Toyota Yaris Cross

Interior Toyota Yaris Cross

Lalu fasilitas lainnya ada juga Neat Electric Seat Adjuster, Endearing Drive Mode (Eco, Normal dan Power), Dash camera,  layar MID berukuran 7 inch, jok kulit, dan berbagai tombol ada di bagian lingkar kemudi. 

Sementara Innova Zenix Hybrid 2.0 G HV CVT sudah bagian interior sudah ada layar TFT 7 inch, dan layar MID nya 4.2 inch. 

Interior Toyota Kijang Innova Zenix

Interior Innova Zenix

Kijang Innova Zenix Hybrid juga dilengkapi digital AC dengan Dual Zone, 4 buah USB type C, kemudian ada AC Double Blower di baris kedua. 

Fitur 

Jika bicara perbedaan di setiap model atau tipe mobil, biasanya yang paling terlihat yaitu bagian fitur. 

Fitur keselamatan Yaris Cross Hybrid S HV CVT, sudah dilengkapi 6 SRS Airbag, lalu dan juga parking sensor, kemudian dilengkapi dengan Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), dan Brake Assist.

Toyota Yaris Cross Hybrid

Ada fitur power back door

Untuk Innova Zenix 2.0 G HV CVT, airbagnya hanya ada pada bagian pengemudi dan penumpang saja.  Kendati demikian, mobil ini juga sudah dilengkapi Stability Control, serta Hill Start Asset, dan juga Isofix dan tether.

Belum sampai disitu, Yaris Cross Hybrid ini juga sudah dijejali Blind Spot Monitoring, Rear Cross-Traffic Alert, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Panoramic View Monitor, dan Pedal Misoperation Control. 

Menariknya mobil ini sudah ada fitur Toyota Safety Sense yang dilengkapi Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Lane Departure Warning, Lane Departure Prevention, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Keeping Control, hingga Automatic High Beam.

Fitur Toyota Kijang Innova Zenix

Fitur Toyota Kijang Innova Zenix

Fitur keselamatan Toyota Kijang Hybrid juga sudah ada  ISOFIX, fitur Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB+BH),  Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Assist (HSA). Baik Yaris Cross dan Kijang Innova Zenix juga sudah dilengkapi fitur electric Parking Brake yang bisa dioperasikan dengan sekali sentuhan jari.

Untuk fitur keamanan, kedua mobil ini sudah dilengkapi alarm dan remote, Start Stop Button dan juga immobilizer. Oia, untuk Kijang Innova Zenix 2.0 G HV CVT sudah ada Smart Door Lock dan Vehicle Approach Notice.

Performa Mesin

Mesin Toyota Yaris Cross

Mesin Yaris Cross

Untuk jantung pacunya, sejatinya kedua mobil ini menggunakan 4 Cylinders, in-line 16-Valve, dan DOHC.

Akan tetapi untuk Yaris Cross Hybrid S HV CVT bermesin 2NR-VEX berkapasitas 1,5 liter, Elektronik Fuel Injection yang mampu menyemburkan daya 91 PS pada 5.500 rpm dan torsi 121 Nm pada 4.000-4.800 rpm.

Mesin Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Mesin Kijang Innova Zenix Hybrid

Sedangkan Toyota Kijang Innova Zenix 2.0 G HV CVT sudah dijejali Direct Injection dilengkapi Chain Drive Dual VVT-i, mesin M20A-FXS berkapasitas 2.0 liter, yang mampu menghasilkan daya lebih besar yaitu 186 PS pada 6.000 rpm dan torsi 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm.

Kapasitas tangki bahan bakar Toyota Yaris Cross Hybrid S HV CVT tergolong kecil yaitu 36 liter, sedangkan  Toyota Kijang Innova Zenix 2.0 G HV CVT mencapai 52 liter. 

@autofun.indonesia Toyota Kijang Innova sekarang berteknologi hybrid. Beneran irit? #reviewmobil #mobilbaru #tipsmobil #toyotakijang ♬ Bad saxophone instrumental music

Jika Anda tertarik untuk membeli Toyota Kijang Innova Zenix dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia