window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbedaan Spesifikasi dan Fitur BYD Dolphin Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range

Enda · 25 Jan, 2024 14:01

Perbedaan BYD Dolphin Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range

Seperti Negeri Jiran, BYD Dolphin untuk pasar Tanah Air hadir dalam dua varian, yakni BYD Dolphin Dynamic Standard Range dan BYD Dolphin Premium Extended Range.

BYD Dolphin masuk dalam kategori hatchback listrik yang memiliki panjang keseluruhan mencapai 4.290 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.570 mm, serta wheelbase 2.700 mm.

Dimensi BYD Dolphin
Panjang 4.290 mm
Lebar 1.770 mm
Tinggi 1.570 mm
Wheelbase 2.700 mm
Ground clearance 130 mm

Berkat dimensi yang kompak, mobil ini sangat cocok digunakan untuk menemani aktifitas sehari-hari di kota besar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mengusung konsep desain 'ocean aesthetics’, Dolphin memiliki siluet dengan garis lipatan tajam dan kontur yang mengalir, yang memberikan karakter desain tegas sekaligus dinamis.

Terinspirasi dari gerakan dinamis lumba-lumba di bagian luar, untuk tampilan dalam mobil ini juga terlihat begitu futuristik berkat desain yang ditampilkan.

Hadir dalam dua varian seperti yang dijual di negara tetangga, berikut perbedaan BYD Dolphin Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range.

Baca juga: BYD Dolphin Sudah Mendekat ke Indonesia, Calon Mobil Listrik Rp300 Jutaan

BYD Dolphin Premium Extended Range Gunakan Velg Lebih Besar dan Suspensi Berbeda

Perbedaan BYD Dolphin Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range

BYD Dolphin 

Jika dilihat BYD Dolphin yang sudah lebih dulu dijual di Malaysia akan sama seperti yang nantinya dipasarkan di Tanah Air.

Melihat spesifikasi yang tertera pada brosur, varian Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range sama-sama dipadukan velg alloy.

Namun secara dimensi varian Premium Extended Range gunakan velg dengan ukuran lebih besar, yakni 17 inci.

Sedangkan tipe dibawahnya diaplikasikan dengan ukuran 16 inci.

Selain dimensi velg diferensiasi lainnya terletak pada sistem peredam kejut yang digunakan.

Diketahui bahwa tipe teratasnya menggunakan Multi-Link di belakang, sedangkan varian Dynamic Standard Range dipadukan dengan suspensi Torsion Beam.

Namun untuk bagian depan keduanya sama-sama disematkan suspensi jenis Mac pherson Strut.

Perbedaan Fitur Unggulan BYD Dolphin Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range

Perbedaan BYD Dolphin Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range

Interior BYD Dolphin Premium Extended Range

Mengenai perbedaan fitur unggulan, varian Premium Extended Range telah dilengkapi panoramic glass roof yang dapat memberikan visibilitas sekaligus juga gaya berkendara.

Selain itu di tipe ini juga mendapatkan wirless charging, seat dengan pengaturan elektrik baik untuk jok pengemudi maupun penumpang depan.

Sedangkan tipe dibawahnya untuk pengaturan joknya dilakukan secara manual.

Oh iya, varian Premium Extended Range untuk jok depannya berhasil dilengkapi ventilasi yang dapat memberikan kesan berkendara lebih nyaman terhadap penggunanya.

Selain itu perbedaan keduanya terletak pada lampu baca, dimana tipe teratas mempunyai jumlah lebih banyak.

Disisi lain untuk power windownya tipe Premium Extended Range dilengkapi sistem pengaman di semua jendela, berbeda dengan tipe Dynamic Standard Range yang hanya terdapat di bagian depan.

Perbedaan BYD Dolphin Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range

Kokpit BYD Dolphin

Meski begitu, keduanya sama-sama dibenamkan head unit layar sentuh berukuran 12,8 inci yang mendukung format Apple CarPlay dan Android Auto.

Canggihnya head unit berukuran besar yang diletakan pada center clusternya dapat diputar dengan menampilkan posisi potrait maupun landscape, serta mendukung fitur voice command berbahasa Inggris.

Fitur Keselamatan Keduanya Mirip

Perbedaan BYD Dolphin Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range

Fitur ADAS BYD Dolphin

Dari segi keselamatan berkendara baik varian Dolphin Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range sama-sama dilengkapi 6 airbags, Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Traction control system, Electric parking brake (EPB), Auto Vehicle Hold (AVH), Electronic Stability Program (ESP), Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), ISOFIX, dan kamrea 360 derajat.

Ada pula Integrated Power Brake (IPB), Hydraulic Brake Assist (HBA), Brake Disc Wiping system (BDW), Traction Control System (TCS), Controlled Deceleration for Parking Brake (CDP), Hill-start Hold Control (HHC), Comfortable Stop (CST), Brake Override System (BOS), Electronic Anti Theft System, Keyless Access System with Smart Entry dan Speed Sensing Automatic locking.

Hanya saja di tipe teratas seudah menggunakan Dual Stage Pretensioner on front seat belt, beda dengan varian di bawah yang disematkan Pretensioner on front seat belt.

Selain itu keduanya juga disematkan fitur keselamatan ADAS yang menckup; Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Support (LKS), Lane Departure Prevention (LDP), Lane Change Collision Warning (LCW), dan Emergency Lane Keeping Assist (ELKA).

Tak ketingglan fitur ADAS lainnya yakni; Automatic Emergency Braking System (AEBS), Predictive Collision Warning (PCW), Rear Collision Warning (RCW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Rear Cross Traffic Brake (RCTB), Blind Spot Detection (BSD) hingga High Beam Assist.

Baca juga: BYD Dolphin vs Neta V, Siapa yang Paling Menarik?

Performa BYD Dolphin Premium Extended Range Lebih Buas

Perbedaan BYD Dolphin Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range

Motor listrik BYD Dolphin

BYD Dolphin Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range andalkan motor listrik permanent magnet synchronous motor dengan penggerak roda depan.

Meski dibekali motor listrik dengan jenis yang sama, untuk performa yang dimiliki kedua varian berbeda.

Seperti yang dituliskan pada brosur, varian teratasnya mampu meletupkan tenaga sebesar 150 kW atau setara dengan 204 PS dan torsi maksimal 310 Nm.

Bicara tipe paling bawah, tenaga yang diperoleh 70 kW atau 95 PS serta torsi 180 Nm.

Akselerasi yang dihasilkan untuk 0-100 km/h tipe teratasnya hanya memerlukan 7 detik, sedangkan tipe dibawahnya butuh 12,3 detik.  

Performa BYD Dolphin
Keterangan Dynamic Standard Range Premium Extended Range
Tipe Permanent magnet synchronous motor Permanent magnet synchronous motor
Sistem penggerak Roda depan Roda depan
Tenaga maksimum 70 kW (95 PS) 150 kW (204 PS)
Torsi maksimum 180 Nm 310 Nm
Akselerasi 0-100 km/h 12,3 detik 7 detik

Jarak Tempuh Kedua Varian Berbeda

Perbedaan BYD Dolphin Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range

Tampilan belakang BYD Dolphin

Selain performa, keduanya juga memiliki kapasitas baterai yang berbeda.

Menggunakan baterai yang dinamai BYD Blade Battery (LFP), tipe Dynamic Standard Range untuk baterainya memiliki kapasitas 44,9 kWh.

Menurut pengujian WLTP jarak yang dihasilkan ketika baterai terisi penuh dapat menggerakan mobil sejauh 340 kilometer dan 410 kilometer pengetesan NEDC.

Disisi lain tipe Premium Extended Range dibenamkan baterai berkapasitas 60,48 kWh yang memiliki daya jelajah 410 kilometer menurut WLTP serta 490 kilometer pengetesan NEDC.

Dilengkapi BYD e-Platform 3.0 yang dirancang khusus untuk kendaraan listrik murni, Dolphin disematkan fitur Vehicle-to-Load (V2L) di kedua varian yang bisa digunakan untuk menghidupkan perangkat elektronik di luar rumah dalam kondisi darurat.

Jarak Tempuh BYD Dolphin
Keterangan Dynamic Standard Range Premium Extended Range
Tipe BYD Blade Battery (LFP) BYD Blade Battery (LFP)
Kapasitas baterai 44,9 kWh 60,48 kWh
Jarak tempuh WLTP 340 kilometer 410 kilometer
Jarak tempuh NEDC 410 kilometer 490 kilometer

Varian Premium Extended Range Dukung Pengisian Daya Cepat Lebih Besar

Perbedaan BYD Dolphin Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range

Tampilan depan BYD Dolphin

Kedua varian BYD Dolphin mendukung pengecasan AC dan DC CCS 2 fast charging.

Namun varian Dynamic Standard Range untuk pengisian daya cepatnya hanya sebesar 60 kW, tidak seperti tipe Premium Extended Range yang mencapai 80 kW.

Varian Teratas Hadir dengan Pilihan Warna Two-Tone

Perbedaan BYD Dolphin Dynamic Standard Range dan Premium Extended Range

BY Dolphin Surf Blue + Urban Grey

BYD Dolphin varian Dynamic Standard Range maupun Premium Extended Range masing-masing hadir dengan lima pilihan warna.

Hanya saja khusus untuk varian atas hadir dengan pilihan warna two-tone yang diantaranya; Surf Blue + Urban Grey, Atlantis Grey + Delan Black, Coral Pink + Urban Grey, dan Ski White + Urban Grey.

Pada tipe Dynamic Standard Range, pilihan warna yang ditawarkan antara lain; Urban Grey, Maldive Purple, Coral Pink, dan terakhir Sand White.

Baca juga: Lihat Keunggulan Spesifikasi BYD Dolphin di Indonesia, Model Hatchback Cocok untuk Anak Muda

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Dolphin Dynamic Standard 410 km

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia