window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Pilih Suzuki Ertiga Hybrid atau XL7 Hybrid? Teknologi Serupa Harga Beda Rp10 Jutaan

Prasetyo · 23 Okt, 2023 12:01

suzuki ertiga hybrid vs suzuki xl7 hybrid

Suzuki Ertiga Hybrid dan Suzuki XL7 Hybrid datang dengan membawa teknologi yang bisa mengurangi konsumsi bahan bakar dan kadar emisi gas buang yang dihasilkan.

Suzuki yakin, untuk pasar Indonesia teknologi yang tepat diterapkan demi mendukung pemerintah untuk mengurangi dampak lingkungan dari kendaraan bermotor adalah hybrid electric vehicle (HEV).

Namun pabrikan berlogo "S" ini juga menimbang bagaimana caranya agar bisa menawarkan satu teknologi baru namun tidak memberatkan kepada masyarakat akibat harga kendaraan itu jadi berkali-kali lipat lebih mahal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

suzuki ertiga hybrid

Ertiga Hybrid saat tampil di GIIAS 2023

Jawabannya pun lahir dari dua mobil yang sedari awal sudah saling berbagi platform, yaitu Ertiga dan XL7.

Meski mereka identik, namun tetap saja ada beberapa diferensiasi yang mengubah pola konsumen dari kedua mobil tersebut.

Apalagi Ertiga dimasukkan pada golongan LMPV sementara XL7 menempati kelas LSUV, walau sama-sama memiliki kapasitas hingga 7 penumpang.

Keduanya juga menawarkan ruang kabin yang luas dan beragam fitur unggulan. 

Namun, apa perbedaan dan kesamaan antara kedua mobil ini? Dalam artikel ini, kami akan melakukan komparasi mendalam antara Suzuki Ertiga Hybrid dan Suzuki XL7 Hybrid dalam berbagai aspek.

Baca juga: Toyota Rumion Dijual Jauh Lebih Mahal dari Suzuki Ertiga, Padahal Speknya Sama

1. Berapa Harga Suzuki Ertiga Hybrid 2023 dibanding XL7?

suzuki xl7 hybrid

Harga XL7 lebih mahal daripada Ertiga

Harga adalah faktor penentu utama dalam keputusan pembelian mobil. 

Berdasarkan situs resmi Suzuki Indonesia, harga Suzuki Ertiga Hybrid cenderung lebih rendah dibandingkan dengan Suzuki XL7 Hybrid. 

Bagaimana tidak, Ertiga Hybrid ditawarkan mulai dari Rp273,7 juta, sementara harga Suzuki XL7 Hybrid paling murah Rp283,9 juta.

Ini tentunya bisa menjadi pertimbangan penting jika Anda memiliki anggaran yang lebih ketat.

Perbandingan Harga

All New Ertiga Hybrid:

  • Ertiga Hybrid GX MT: Rp273.700.000
  • Ertiga Hybrid GX AT: Rp284.700.000
  • Ertiga Hybrid Suzuki Sport MT: Rp284.600.000
  • Ertiga Hybrid Suzuki Sport AT: Rp295.600.000

XL7 Hybrid

  • XL7 Hybrid Beta MT: Rp283.900.000
  • XL7 Hybrid Beta AT: Rp294.900.000
  • XL7 Hybrid Alpha MT: Rp293.900.000
  • XL7 Hybrid Alpha AT: Rp304.900.000

2. Desain

suzuki ertiga hybrid

Ertiga desainnya lebih ramping

Meskipun ini tergantung dari selera masing-masing indifidu, tapi tidak ada salahnya kita bahas secara garis besar apa saja perbedaan desain antara Ertiga Hybrid dam XL7 hybrid.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Ertiga dikategorikan sebagai Low MPV sehingga memiliki tampilan yang lebih ramping dan kompak dengan desain yang lebih sederhana.

Di sisi lain, XL7 Hybrid memiliki tampilan yang lebih besar dan kokoh dengan elemen desain yang lebih mencolok, mengingat posisinya ada di segmen SUV sehingga ia dituntut untuk tampil maskulin.

suzuki xl7 hybrid

XL7 lebih berotot khas SUV

"New XL7 Hybrid ini adalah wujud kesinambungan Suzuki akan kontribusi terhadap dunia yang berkelanjutan. 

New XL7 Hybrid tetap mengusung desain SUV yang gagah dan fungsional untuk keluarga, dan saat ini Suzuki menggabungkan kelebihan-kelebihan yang sudah ada di XL7 dengan penambahan teknologi SHVS yang ramah lingkungan," kata Matsushita Ryohei, 4W Sales & Marketing Director Suzuki Indonesia saat peluncuran XL7 Hybrid di Jakarta.

Lalu bagaimana dengan ukuran tubuhnya? Mari lihat tabel berikut ini

Perbandingan dimensi
  Suzuki Ertiga Hybrid Suzuki XL7 Hybrid
Panjang 4.395 mm 4.450 mm
Lebar 1.735 mm 1.775 mm
Tinggi 1.690 mm 1.710 mm
Jarak sumbu roda 2.740 mm 2.740 mm
Jarak ke tanah 180 mm 200 mm
Ukuran roda 185/65 R15 195/60 R16

Dari data di atas kertas itu menunjukkan tubuh Ertiga kalah panjang, kalah lebar, dan kalah tinggi dari XL7, hanya saja jarak sumbu roda kedua mobil ini sama mengingat platform yang dipakai juga serupa.

Baca juga: Susul XL7 Hybrid, Suzuki Bakal Tambah Kapasitas Baterai Suzuki Ertiga Hybrid Terbaru

3. Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid Lebih Irit dari XL7?

suzuki ertiga hybrid

Pakai komponen ISG dan baterai lithium-ion

Kedua mobil ini adalah mobil hybrid, yang berarti mereka menggabungkan mesin bensin dengan motor listrik untuk memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. 

Namun sistem hybrid yang difungsikan sedikit berbeda dengan mobil HEV lainnya, yang lantas dinamakan Smart Hybrid Vehicle By Suzuki (SHVS).

Performa mesin bensin 1.5-liter 4 silinder 16 katup berkode K15B ini dikombinasikan dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan battwry lithium ion 

ISG berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkap dan menyimpan energi listrik ke baterai, yang nantinya akan digunakan pada komponen kelistrikan mobil, ketika fitur auto start aktif dan mesin bensin mati, sehingga kondisi tersebut membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

suzuki xl7 hybrid

Mesin Ertiga dan XL7 setara

Sementara itu mesin bensin 1.462 cc berteknologi DOHC VVT pada Ertiga dan XL7 sama-sama mampu menghasilkan tenaga 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 138 Nm di 4.400 rpm.

Bedanya untuk XL7 Hybrid dibekali baterai litium-ion dengan kapasitas lebih besar yakni 10 Ah 12 V serupa dengan yang terpasang di Suzuki Grand Vitara.

Kondisi baterai ini akan membuat kinerja SHVS pada XL7 hybrid lebih lama daripada Ertiga Hybrid, yang tentu saja ini akan berimbas pada penggunaan bahan bakar yang juga semakin sedikit.

Hasil pengujian yang sudah dilakukan beberapa media, konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid dengan rute kombinasi ada di angka 13,8 km/liter, sedangkan Ertiga Hybrid sedikit lebih boros yakni 13,2 km/liter untuk rute kombinasi.

Baca juga: Segini Biaya Kepemilikan Suzuki Ertiga Hybrid untuk 5 Tahun, Lebih Murah dari Jajan Siomay Seporsi

4. Ruang dan Kenyamanan Kabin

suzuki ertiga hybrid

Interior ertiga Hybrid

Salah satu pertimbangan utama ketika memilih mobil keluarga adalah ruang dan kenyamanan kabin. 
Kedua mobil ini sama-sama menggunakan platform Heartec dari Suzuki yang menawarkan interior lapang dan juga nyaman sampai penumpang baris ketiga.

Tetapi kalau ditelisik lebih detil, XL7 Hybrid memiliki beberapa keunggulan dibanding Ertiga Hybrid.

Dengan desain tubuh ang lebih besar, XL7 Hybrid menawarkan kursi yang lebih lega dan ruang bagasi yang lebih besar daripada Ertiga Hybrid. 

Jika Anda memiliki keluarga yang lebih besar atau sering membawa banyak barang bawaan, XL7 Hybrid mungkin menjadi pilihan yang lebih sesuai.

suzuki xl7 hybrid

Interior XL7 hybrid lebih mewah

Kemudian ruang kabinnya juga terlihat lebih mewah dengan aksen Black Wood pada dasbor sementara di Ertiga aksen yang diberikan aralah karbon.

Satu lagi yang ada di XL7 Hybrid tapi absen di ertiga adalah keberadaan E-Mirror Touch Screen, kaca spion tengah ini bisa berfungsi sebagai dashcam untuk merekam setiap kejadian yang ada di area depan dan belakang mobil, sangat berguna daripada Anda membeli perangkat serupa secara terpisah.

Baca juga: Hasil Uji Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Hybrid 2022 Capai 22 km/liter, Bukti atau Janji?

5. Fitur dan Teknologi Unggul Siapa?

suzuki xl7 hybrid

E-Mirror Touch Screen pada XL7 yang tidak ada di Ertiga

Cukup sulit untuk menemukan keunggulan dari kedua mobil hybrid Suzuki ini, mengingta semuanya saling berbagi platform, teknologi mesin, sampai fitur-fitur yang dikembangkan juga serupa.

Misalnya baik Ertiga mapun XL7 sama-sama dibekali headunit 8 inci, Automatic AC with Heater, Keyless entry with Start/Stop Engine, Cruise Control, dan MID Display.

Kemudian soal fitur keselamatan dan keamanan, kedua mobil ini ada Dual SRS Airbags, Anti lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Hill Hold Control, Electronic Stability Program.

Tetapi ada sedikit hal yang membuat XL7 lagi-lagi unggul, yakni Suzuki memberikan opsi Two Tone Color pada XL7 Hybrid tipe Alpha, dengan pilihan warna Savanna Ivory - Black, Sunrice Orange - Black, dan White - Black.

Kesimpulan

Ketika memilih antara Suzuki Ertiga Hybrid atau Suzuki XL7 Hybrid, banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. 

Kedua mobil ini sama-sama menawarkan teknologi ramah lingkungan, ruang yang lapang, dan beragam fitur yang dapat meningkatkan kenyamanan dan keselamatan perjalanan keluarga Anda. 

Namun, jika Anda menginginkan mobil yang lebih kompak dengan harga yang lebih terjangkau, Ertiga Hybrid mungkin menjadi pilihan yang tepat. 

Di sisi lain, jika Anda menginginkan ruang yang lebih besar dan tampilan yang lebih gagah, XL7 Hybrid bisa menjadi pilihan yang lebih sesuai. 

Pastikan untuk mencoba keduanya dan mempertimbangkan faktor-faktor di atas sebelum membuat keputusan akhir.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia