window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Persiapan Musim Hujan, Yuk Pilih Pembersih Kaca Mobil Terbaik

Prasetyo · 22 Nov, 2023 19:04

pembersih kaca mobil terbaik

Pembersih kaca mobil terbaik tidak harus yang mahal, bahkan cairan dari bahan-bahan alami pun dapat digunakan.

Ya, kaca mobil terutama pada bagian depan, memang merupakan bagian kendaraan yang penting untuk membantu pengemudi selama berkendara.

Jika kaca ini kotor, berjamur, atau bahkan retak, tentunya bisa mengganggu visibilitas sopir saat mengemudikan kendaraan tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk itulah kaca mobil juga perlu selalu mendapat perawatan secara berkala, terlebih lagi, komponen ini merupakan bagian dari eksterior mobil yang akan terkena debu dan kotoran lebih dulu dibanding perangkat lainnya.

kaca mobil berjamur

Kaca mobil yang kotor akan mengganggu visibilitas terutama ketika hujan atau malam hari

Tapi di satu sisi, Anda mungkin juga sering kesulitan ketika harus memilih apa produk pembersih kaca mobil terbaik dan aman untuk kendaraan kesayangan Anda.

Ini lantaran ada beberapa jenis cairan pembersih kaca mobil yang ketika dipakai malah meninggalkan bercak-bercak putih sehingga mengganggu pandangan pengemudi dikala malam hari atau saat hujan deras.

Belum lagi jenis kotoran yang juga sulit untuk dihilangkan dengan cairan tertentu, misalnya bercak kotoran burung yang kebetulan jatuh tepat di atas permukaan kaca mobil.

Untuk itulah, kali ini kita akan bahas mengenai cara memilih pembersih kaca mobil terbaik yang sesuai kebutuhan Anda.

Baca juga: Kaca Mobil Retak Kena Batu Kerikil di Jalan? Begini Cara Mengatasinya

Pembersih Kaca Mobil Alami

pembersih kaca mobil terbaik

Beberapa peralatan rumah tangga bisa untuk membersihkan kaca mobil

Guna menghilangkan kaca mobil berjamur sebenarnya bisa dilakukan dengan memakai beberapa cairan pembersih dari bahan-bahan yang bisa Anda temukan di peralatan rumah tangga.

Cairan pembersih alami ini sangat dianjurkan lantaran memiliki risiko merusak lapisan kaca mobil yang lebih kecil daripada memakai obat kimia tertentu.

Lantas apa saja cairan alami tersebut?

1. Pembersih Kaca Mobil Pakai Pasta Gigi

pembersih kaca mobil pasta gigi

Ratakan pastsa gigi dengan teknik memutar

Dikutip dari laman Daihatsu Indonesia, pasta gigi atau odol bisa menghilangkan jamur di kaca mobil, dan penggunaanya juga sangat mudah.

Oleskan pasta gigi merek apapun ke kaca mobil, dan ratakan tipis-tipis dengan jari tangan dengan teknik gerakan memutar, lalu tunggu hingga kering. 

Setelah itu bilas pasta gigi dengan air bersih sambil digosok menggunakan kain lembut agar jamur hilang.

Selanjutnya keringkan lagi permukaan kaca mobil dengan kertas koran yang bersih dan kering sampai jamur-jamur di permukaan kaca benar-benar hilang.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Penting Kita Buka Kaca Sedikit Waktu Parkir Mobil

2. Minuman Bersoda

minuman bersoda

Minuman bersoda ternyata juga efektif mengangkat noda di kaca mobil

Membersihkan jamur pada kaca mobil dengan minuman bersoda juga cukup mudah. 

Pertama-tama lap terlebih dulu bagian kaca yang ada jamurnya dengan kain microfiber kering untuk menghilangkan debu dan kotoran. 

Kemudian siapkan kain lap lain yang bersih dan kering, lalu basahi sedikit dengan minuman bersoda tanpa perlu dicampur dengan air.

Lantas gosok perlahan ke permukaan kaca yang terdapat jamur sampai flek dan kotoran tersebut benar-benar hilang. 

3. Cairan Pemutih Pakaian

pembersih pakaian

Cairan pembersih pakaian yang mengandung detergen juga bisa membuat kaca mobil lebih bersih

Cara efektif lainnya guna membersihkan kaca mobil adalah dengan cairan pemutih pakaian. 

Bisa dengan merek seperti Bayclin atau sejenisnya yang dijual di minimarket, jangan lupa siapkan juga lap microfiber yang bersih.

Langkah-langkahnya cukup mudah, tinggal basahi kain dengan cairan pemutih pakaian secukupnya, atau dapat pula cairan dituangkan ke botol, lantas disemprotkan ke kaca. 

Saat permukaan kaca masih basah, segera gosok perlahan dengan kain lap lembut hingga kaca menjadi bersih kembali.

Perlu diingat dalam membersihkan kaca mobil tidak terlalu kuat menekan saat menggosok, sehingga tidak menimbulkan goresan.

Baca juga: Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Gak Perlu Pakai Obat Kimia, Coba 3 Alat Sederhana Ini

Cairan Pembersih Kaca Mobil yang Aman

pembersih kaca mobil terbaik

Jangan gunakan pembersih kaca rumah

Saat membersihkan permukaan kaca mobil Anda juga perlu memperhatikan dari jenis kotoran yang menempel di bagian tersebut.

Sebab jenis kotoran yang ada, terkadang baru bisa terangkat dengan cairan tertentu.

Untuk itulah perhatikan beberapa hal berikut ini saat merawat permukaan kaca mobil khususnya bagian kaca depan.

1. Jangan Gunakan Pembersih Kaca Rumah

Mungkin Anda berpikir jika membersihkan permukaan semua jenis kaca sama saja, karena itulah masih dibolehkan untuk menggunakan cairan pembersih kaca rumah. 

Sebenarnya anggapan ini keliru, karena kaca mobil depan, samping, atau belakang jelas berbeda dengan kaca rumah lantaran komponen kendaraan ini sudah diberi lapisan khusus yang berbeda dengan kaca rumah atau gedung.

Oleh sebab itu, jika dipaksakan pakai pembersih kaca rumah, ada risiko kaca mobil malah tergores serta mengikis lapisan yang telah diberi formula water repellent oleh pabrikan kendaraan tersebut.

2. Membersihkan Kaca Mobil dari Sisa Bercak Air

jamur kaca mobil

Kaca mobil berjamur atau terkena noda kotoran burung perlu penanganan yang berbeda

Jika kaca mobil meninggalkan bercak air sisa hujan yang tidak segera di lap kering, sebaiknya pilih produk pembersih kaca mobil yang sedikit mengandung detergen atau yang memiliki sifat melarutkan minyak. 

Mereknya bisa apa saja karena cukup banyak dipasaran, Anda tinggal phatikan formula kandungan yang terdapat di cairan pembersih kaca tersebut, dan sesuaikan dengan budget.

Baca juga: Ciri Kampas Kopling Mobil Sudah Aus, Bikin Susah Oper Gigi

3. Membersihkan Sisa Kotoran Burung

Kotoran hewan semisal burung atau getah pohon yang kebetulan jatuh di permukaan kaca serta kemudian mengering memang membuat kesal.

Selain terlihat menjijikkan, keberadaan kotoran ini bisa mengganggu pandangan saat berkendara.

Eits tapi jangan langsung gosok kotoran tersebut dengan air! Karena tindakan tersebut malah berpotensi membuat goresan di permukaan kaca yang pada akhirnya malah menimbulkan kerusakan lebih fatal.

Sebaiknya pilih pembersih kaca mobil yang berbahan dasar kompo, karena bahan ini adalah senyawa kimia yang memiliki sifat mengikis tanpa meninggalkan bekas goresan.

kaca mobil kena kotoran burung

Jika terkena kotoran burung jangan langsung di gosok

4. Kaca Mobil Berjamur Parah

Apabila titik-titik atau bercak jamur di kaca mobil sudah terlihat cukup banyak serta sulit dibersihkan dengan cairan yang ada di rumah, maka Anda perlu menggunakan produk pembersih kaca mobil terbaik. 

Pilihlah pembersih yang punya sifat polish, kandungan ini biasanya mampu menghilangkan noda bekas kerak air hujan yang menempel terlalu lama, termasuk juga menghilangkan jamur di kaca mobil.

5. Pilih yang Punya Sifat Water Repellant

Jika kaca mobil Anda ingin memiliki sifat seperti daun talas dimana air hujan tidak bisa menempel terlalu lama di permukaan kaca, maka perlu pembersih berbahan khusus. 

Pilihlah pembersih yang memiliki sifat water repellent sehingga memungkinkan air hujan tidak menempel di kaca mobil sehingga kaca mobil akan tetap bening meski Anda berkendara saat hujan.

Sebelum membersihkan kaca dengan produk bersifat water repellent tersebut, alangkah baiknya Anda mencuci mobil lebih dulu untuk menghilangkan debu dan kotoran termasuk di bagian kaca.

Kemudian bilas dengan air bersih sampai sisa sabun benar-benar habis, lantas keringkan dengan kain microfiber yang lembut dan kering, baru gunakan cairan pembersih kaca tersebut.

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Kaca Mobil dengan Mudah

Produk cairan pembersih kaca mobil terbaik yang ada dipasaran

Sebagai referensi, berikut ini beberapa produk pembersih untuk bagian kaca mobil yang kerap digunakan dan tersedia di toko offline maupun online:

1. Meguiar's Glass Renew

Persiapan Musim Hujan, Yuk Pilih Pembersih Kaca Mobil Terbaik 09

Pembersih kaca ini berbentuk krim yang diklaim dapat membersihkan noda serangga, kotran dan debu dari jalan, serta bintik-bintik oli dan air.

Cara pakainya:

  1. Cuci mobil terlebih dulu lalu keringkan sampai bersih,
  2. Basahi lagi permukaan kaca yang hendak dibersihkan,
  3. Tempelkan krim tersebut ke permukaan kaca sebesar koin Rp100,
  4. Ratakan dengan kain microfiber yang lembut sembari digosok pada permukaan yang terdapat noda,
  5. Ulangi proses ini sampai permukaan kaca benar-benar bersih, 
  6. Kemudian lap kembali kaca mobil dengan kain kering
  7. Jangan aplikasikan krim saat permukaan kaca kering,
  8. Hindari krim terkena permukaan cat mobil.

2. Autodazzling Bug Remover

Persiapan Musim Hujan, Yuk Pilih Pembersih Kaca Mobil Terbaik 10

Produk ini dianggap efektif menghilangkan noda air, jamur, residu minyak/asap kendaraan, noda akibat hujan asam, sisa kotoran burung/serangga dan noda membandel lainnya yang menempel di permukaan kaca.

Cara pakainya:

  1. Cuci bersih dan keringkan kaca pastikan tidak ada debu dan kotoran yang tertinggal,
  2. Semprotkan AutoDazzling Bug Remover pada kaca lalu diamkan minimal 1 menit,
  3. Lap merata dan langsung keringkan kaca mobil dengan kain microfiber bersih,
  4. Pastikan melakukan aplikasi cairan ini di tempat teduh tidak dibawah terik matahari,
  5. Jangan sampai ada cairan yang tertinggal di permukaan kaca.

Baca juga : Kaca Film Mobil Ini Punya Teknologi Ceramic Window Tint, Apa Fungsinya?

3. Otogard Gold Line Glass Cleaner

Persiapan Musim Hujan, Yuk Pilih Pembersih Kaca Mobil Terbaik 11

Ini adalah pembersih kaca yang dengan cepat menghilangkan kotoran dan debu serta membantu meningkatkan visibilitas berkendara pada saat hujan dengan efek anti embun namun tetap aman ketika terkena plastik atau karet.

Cara pakainya:

  1. Bersihkan terlebih dulu permukaan kaca yang hendak diaplikasikan cairan ini,
  2. Kocok produk sebelum diaplikasikan,
  3. Semprotkan produk ke permukaan kaca,
  4. Ratakan dengan menggunakan kain lembut atau kain microfiber,
  5. Ulangi pengaplikasian apabila kotoran pada kaca cukup banyak.

4. Turtle Wax Hybrid Glass Cleaner 

Persiapan Musim Hujan, Yuk Pilih Pembersih Kaca Mobil Terbaik 12

Ini adalah pembersih kaca mobil yang aman untuk permukaan kaca bagian dalam ataupun luar tanpa meninggalkan goresan.

Memiliki fitur inovatif, teknologi Flairosol yang menyemprotkan cairan tanpa gas atau propelan, cairan ini sanggup menghilangkan debu, noda, sidik jari, dan bahkan kotoran burung dan serangga yang mati serta memiliki aroma yang segar.

Cara pakainya:

  1. Cuci dan keringkan mobil Anda,
  2. Gunakan trigger Flairosol untuk mengaplikasikan produk dengan semburan pendek atau tahan untuk satu semprotan terus menerus,
  3. Gunakan kain microfiber yang dilipat untuk menyeka dengan kuat dan menghilangkan kotoran, noda, dan sidik jari,
  4. Balikkan kain microfiber Anda ke sisi yang bersih dan ulangi langkah-langkah ini di jendela atau permukaan kaca berikutnya, sampai semua kaca mobil bersih baik di dalam maupun di sisi luar.

5. KIT Auto Glass Cleaner

Persiapan Musim Hujan, Yuk Pilih Pembersih Kaca Mobil Terbaik 13

Pembersih kaca mobil terbaik ini diklaim sanggup membersihkan kaca mobil bagian luar dan dalam sekaligus untuk menghilangkan kotoran, debu dan noda minyak sehingga kaca mobil bersih cemerlang tanpa bekas, serta aman untuk kaca film dan tidak meninggalkan kabut.

Cara pakainya:

  1. Bersihkan bagian permukaan kaca yang hendak diaplikasikan cairan ini,
  2. Semprotkan KIT Auto Glass Cleaner ke seluruh permukaan kaca,
  3. Ratakan dengan kain microfiber hingga kering.

Baca juga: Tips Pilih Kaca Film Mobil, Gelap Bukan Jaminan Lebih Adem

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil