Pesona Fitur Wuling Almaz Demi Rebut pasar SUV

Dhoni · 3 Okt, 2020 17:00

Pertama kali hadir di Indonesia, Wuling Almaz langsung menyita perhatian masyarakat dengan spesifikasi dan fitur  berteknologi yang bersaing di kelas SUV tetapi harga yang relatif ekonomis di banding pesaingnya.

Pesona Fitur Wuling Almaz Demi Rebut pasar SUV 01

Dengan harga yang ditawarkan terjangkau tetapi kaya akan fitur berteknologi membuat Wuling Almaz di bawah naungan PT SAIC General Motor (SGMW) dianggap ‘Value for Money’. Tersedia dalam pilihan 5 penumpang dan 7 penumpang, Wuling Almaz tersedia mulai dari harga Rp 266,8 juta hingga Rp 341, 8 juta. Harga yang ekonomis untuk SUV, dianggap berkat dari hasil produksi di pabrik yang berada di Cikarang – Jawa Barat.

Almaz yang berarti berlian merupakan produk keempat dari Wuling Motors untuk Indonesia. Namun di negeri asalnya yakni China memiliki nama Baojun 530, untuk di Indonesia Wuling Almaz hadir dalam empat varian yakni Wuling Almaz Smart Exclusive CVT 5 seater, Wuling Almaz Smart Enjoy 6MT 7 seater, Wuling Almaz Smart Enjoy CVT 7 seater dan Wuling Almaz Smart Exclusive CVT 7 Seater.

Pesona Fitur Wuling Almaz Demi Rebut pasar SUV 02

Dimensi Wuling Almaz

Pada Wuling Almaz versi 5 penumpang maupun 7 penumpang memiliki dimensi yang sama, yaitu panjang 4.655mm, lebar 1.835mm, tinggi 1.760mm dan wheelbase 2.750mm. Hal ini membuat versi 5 penumpang dianggap volume kabin lebih luas untuk sebuah mobil SUV.

Kemampuan unggulan Wuling Almaz adalah dapat menampung beban maksimal mencapai 1.894 kg hingga 2.034 kg.

Eksterior Menegaskan SUV

Layaknya tampilan SUV yang tangguh, begitu pula dengan Wuling Almaz. Tarikan garis mulai dari bagian headlamp hingga stop lamp membuat tampilan Wuling Almaz terlihat tegas dan elegan.

Pesona Fitur Wuling Almaz Demi Rebut pasar SUV 03

Komposisi lampu yang futuristic dengan menyatu bumper membuat Almaz terlihat begitu kekinian. Dengan menggunakan lampu LED Projektor yang diklaim dapat meningkatkan visbilitas sang pengendara di malam hari.

Pesona Fitur Wuling Almaz Demi Rebut pasar SUV 04

Untuk lampu belakang, bentuk lekukan lampu rem hingga penempatan lampu sein sangat menawan. Terlebih dengan teknologi lampu sein bagian atas akan menyala pada saat normal. Namun jika pintu bagasi dibuka maka sein yang berada di bumper menyala.

Pesona Fitur Wuling Almaz Demi Rebut pasar SUV 05

Berada di dalam kabin Wuling Almaz, rasa nyaman berkat balutan semi kulit pada joknya. Sesuai dimensi yang cukup bongsor, ruang di kabin cukup luas, bahkan ruang kaki di baris kedua cukup nyaman untuk penumpang dewasa. Tetapi untuk baris ketiga, legroom sepertinya ditujukan bagi anak-anak. Sementara untuk headroom, ketinggianya masih sangat nyaman bagi penumpang dewasa.

Di Bagian dashboard terdapat head unit besar berukuran 10,4 inci yang cukup menarik perhatian. Head unit yang berada di tengah dashboard ini menjadi pusat control fitur berteknologi. Bukan hanya untuk mengatur AC, pemutar musik, akses Bluetooth maupun Wuling Link. Namun Head unit tersebut juga dapat mengatur jendela, lampu mengetahi tekanan udara di ban, penguncian otomatis hingga kamera 360 derajat.

Pada kemudi telah terdapat steering control yang juga dapat mengatur telepon melalui sinkronisasi dan tentunya pengaturan audio demi konsentrasi sang pengemudi.

Performa Cukup Mumpuni

Wuling Almaz dengan sistem gerak roda depan, berbekal mesin dengan konfigurasi 1.5L DOHC,DVVT  with Turbocharger yang menghasilkan tenaga mencapai 141 ps pada putaran 5.200 rpm dengan torsi 250Nm di putaran 1.800 – 3.600rpm. tenaga tersebut disalurkan melalu transmisi CVT buatan Bosch. Yang menarik adalah transmisi ini dapat disimulasikan menjadi manual 8 percepatan.

Transmisi manual 8 percepatan ini memiliki ratio speed 2.631 – 0.378, tetapi sayangnya masih menggunakan tuas perseneling, bukan paddle shift.

Wuling Almaz pun telah menggunakan tanki bahan bakar yang dapat menampung 52 liter bensin, jumlah ini tentu membuat daya jelajah Wuling Almaz lebih panjang. Walau secara konsumsi bahan bakar, Wuling Almaz masih kalah hemat dari pesaingnya seperti Honda CR-V maupun HR-V.

Fitur unggulan Wuling Almaz

Fitur Voice Command alias suara untuk mengaktifkan beberapa fitur dalam bahasa Indonesia yang terdapat pada Wuling Almaz. Dengan nama Wuling Indonesian Command (WIND) merupakan langkah besar yang dilakuan Wuling untuk merebut perhatian pencinta SUV.

Pesona Fitur Wuling Almaz Demi Rebut pasar SUV 06

WIND dapat mengaktifkan atau sebaliknya dan juga mengoperasikan berbagai fitur seperti AC, membuka/menutup jendela, membuka/menutup sunroof, audio, melakukan panggilan telepon, menjalankan aplikasi Wulink Link hingga menanyakan informasi tanggal.

Sementara fitur lainnya yang pada umunnya terdapat pada SUV seperti Cruise Control, ESC, Traction Control System (TCS), Electric brake, Keyless entry, ABS, EBD hingga Braking Assist (BA) juga telah tersedia pada Wuling Almaz.

Kesimpulan Wuling Almaz

Dengan harga yang ditawarkan untuk SUV, tentu Wuling Almaz memiliki keunggulan dari segi harga dan juga berbagai fitur berteknologi. Secara tampilan, Wuling Almaz pun tidak kalah dari pesaingnya untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan seperti layaknya SUV.

Begitu pula dengan purnajual, pihak Wuling Motor melalui PT SAIC General Motor (SGMW) memberikan berbagai penawaran menarik dan juga jaringan mereka telah siap untuk melakukan perawatan berkala di dealer mereka.

Komentar