window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Prinsipal Sudah Oke, Ekspor Mobil Daihatsu dari Indonesia Kembali Normal

Prasetyo · 28 Des, 2023 08:01

ekspor mobil daihatsu

Beberapa hari lalu produsen mobil Daihatsu diguncang kabar tidak sedap setelah adanya temuan investigasi dari pihak ketiga mengenai adanya indikasi ketidaksesuaian data hasil pengujian internal.

Akibat hal ini, Daihatsu Motor Co., Ltd (DMC) memutuskan untuk menghentikan sementara distribusi mobil Daihatsu di Jepang dan juga beberapa negara lain yang memasarkan kendaraan tersebut.

Lantaran Daihatsu juga memproduksi mobil-mobil untuk merek Toyota, Mazda, hingga Subaru, maka keputusan menunda pengiriman unit pun dilakukan juga oleh Toyota Motor Corporation (TMC).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

mobil daihatsu toyota avanza

Daihatsu juga produksi dan ekspor Toyota Avanza

DMC dan TMC menyatakan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada seluruh stakeholder khususnya pelanggan, diler, supplier, dan seluruh pihak terkait. 

DMC dan TMC memutuskan melakukan penundaan sementara pengiriman kendaraan untuk pasar domestik dan pasar di luar Jepang, hingga mendapatkan konfirmasi dari otoritas dan pemangku kepentingan terkait.

Baca juga: Daihatsu Klaim Tidak Memiliki Masalah Kualitas dan Keselamatan di Indonesia

Ekspor Mobil Daihatsu yang Sempat Ditunda Kini Normal Kembali

mobil daihatsu ayla

Daihatsu Ayla juga diekspor dengan nama Toyota Ayla/Wigo

Akibat skandal data uji internal tersebut berdampak pula pada PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Mengingat ADM merupakan produsen mobil Daihatsu yang memiliki kapasitas terbesar di Indonesia, juga mengirimkan sejumlah model kendaraan ke negara lain, baik dengan merek Daihatsu, Toyota, maupun Mazda.

Beberapa mobil Daihatsu yang diekspor antara lain Gran Max dan Town Ace/ Lite Ace, Toyota Rush, Toyota Avanza, Toyota Agya/Wigo, dan Toyota Raize.

Mobil-mobil ini pun ditangguhkan pengirimannya akibat kasus tersebut.

daihatsu rocky dan toyota raize

Rocky dan Raize diproduksi oleh Daihatsu di Indonesia

Namun informasi terbaru dari ADM menyebutkan, jika mulai 26 Desember 2023, ADM telah kembali melakukan pengiriman ekspor secara bertahap ke lebih dari 60 negara tujuan ekspor perusahaan.

"Sesuai dengan pengumuman dari prinsipal sebelumnya, bahwa hal ini tidak terkait dengan masalah kualitas dan keselamatan. Saat ini kami telah mendapatkan konfirmasi dari otoritas sebagian besar negara tujuan ekspor, bahwa sudah memenuhi regulasi yang berlaku di negara tujuan ekspor tersebut," tulis keterangan resmi ADM, Rabu (27/12/2023).

Baca juga: Penjualan dan Produksi Mobil Daihatsu di Indonesia Jalan Terus

Kualitas Mobil Daihatsu Sudah Sesuai Regulasi Pemerintah Indonesia

daihatsu gran max

Daihatsu Gan Max juga diekspor dengan nama Toyota Town Ace dan Lite Ace

Sebelumnya pihak ADM juga sudah memastikan bahwa sejumlah produknya tidak ikut terlibat dengan skandal regulasi penyimpangan prosedur saat proses pengujian seperti yang diumumkan.

"Kami sudah memastikan kepada prinsipal bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, distribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan, serta sudah memenuhi regulasi yang berlaku di pemerintah Indonesia," jelas Sri Agung Handayani, Corporate Planning and Communication Director ADM.

Dirinya pun menegaskan, ADM sebagai produsen otomotif dengan kapasitas produksi terbesar sangat menjunjung tinggi dalam memberikan produk terbaik kepada pelanggan dengan tetap mengutamakan kualitas dan keselamatan. 

Baca juga: 64 Mobil Daihatsu Terbukti Lakukan Kecurangan Saat Uji Keselamatan, Termasuk Avanza

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil