window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daihatsu Bocorkan Cara Pengembangan Mobil Baru ke Komunitas

Herdi · 13 Jul, 2023 13:00

 

Daihatsu Bocorkan Cara Pengembangan Mobil Baru ke Komunitas 01

Salah satu brand otomotif global yang melakukan pengembangan dan proses produksi di Indonesia adalah Daihatsu, melalui PT Astra Daihatsu Motor. 

Ya, di Indonesia merek mobil asal Jepang tersebut memang tidak hanya fokus dalam penjualan, tapi melakukan pengembangan yangmelibatkan supplier lokal dalam proses produksi. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Perbedaan Spesifikasi Daihatsu Gran Max Minibus 1.5 Vs 1.3, Bukan Cuma di Mesin dan Velg!

Daihatsu

80 peserta komunitas Daihatsu hadir ke acara bertemakan How To Make a Car (Foto: Daihatsu)

Tahapan pengembangan, hingga proses produksi mobil, kemudian dijual ke khalayak dibocorkan Daihatsu dalam acara bertemakan How to Make a Car, diikuti 80 peserta klub dan komunitas yang berasal dari berbagai chapter di Jabodetabek. 

Menurut Industrial Design Division Head ADM Mark Widjaja, dengan hadir di acara How to Make a Car, maka perwakilan masyarakat ini bisa mengetahui proses pengembangan kendaraan secara keseluruhan. 

"Daihatsu berkomitmen, untuk terus berusaha mengembangkan mobil best value product yang cocok untuk pasar Indonesia, sesuai dengan strategi utama Daihatsu, yaitu Dari Indonesia Untuk Indonesia,” ujar Mark dalam keterangannya. 

Baca juga: Biarpun Toyota yang Laris, Daihatsu Ternyata Juga Sudah Produksi 8 Juta Unit Mobil di Indonesia

Mark Wijaja,

Mark Wijaja salah satu desainer mobil Diahatsu (Foto: Daihatsu)

Dalam kesempatan ini, para peserta juga berkesempatan langsung melihat demonstrasi pembuatan konsep desain (sketch) secara yang dilakukan oleh para desainer Daihatsu. 

Selain itu, mereka juga melihat tampilan clay modelling, dan video proses pengembangan mobil yang dilakukan oleh Daihatsu dari A sampai B.

Tahapan Pengembangan Mobil Daihatsu

Mobil Daihatsu

Mobil-mobil Daihatsu yang sudah selesai diproduksi (Foto: Daihatsu)

Secara garis besar, tim Research and Development (R&D) Center ADM, melakukan berbagai tahapan dalam pembuatan mobil.

Pengalaman para ahli yang berasal dari sumber daya manusia Indonesia ini juga dibagikan di hadapan peserta.

Nah, Anda mau tahu tahapan bagaimana pembuatan dan pengembangan mobil, berikut ulasannya. 

1. Planning

Proses Survey dan Interview untuk mendengar suara konsumen, sekaligus melakukan survey pasar untuk mengetahui beragam kondisi di Indonesia. 

Selain itu, hal ini juga dapat menentukan spesifikasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasar.

2. Design

Konsep ide dan proses kreatif yang dituangkan dalam sketsa sebuah mobil, dilanjutkan dengan proses clay modelling untuk mengubah bentuk dua dimensi menjadi tiga dimensi.

Proses pembuatan mobil Diahatsu di Karawang

Proses pembuatan mobil Diahatsu di Karawang. (Foto: Astra)

3. Engineering

Pada fase ini, desain mobil yang telah dibuat, diwujudkan menjadi gambar teknik, dilanjutkan dengan proses pembuatan prototype.

4. Testing

Produk prototype diuji performa, keamanan, keandalan, dan kinerjanya sebelum dipasarkan. Tahapan ini dilakukan untuk memastikan bahwa kendaraan yang dibuat sudah memenuhi standar kualitas global, serta sesuai dengan kebutuhan pasar.

Perlu dicatat, Daihatsu sendiri memiliki fasilitas R&D Center terlengkap dan terbesar di Indonesia, yang berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat. 

Area ini dilengkapi dengan fasilitas Design Center, Engineering Center, serta Test Course lengkap yang memiliki 24 macam tipe jalan yang mewakili kondisi jalanan di Indonesia dengan luas total sebesar 25 Hektar (Ha).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil