Renault Kwid 2020: SUV Eropa Harga Asia

Anissa · 20 Okt, 2020 10:30

Renault Kwid 2020: SUV Eropa Harga Asia 01

Para pecinta otomotif di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Renault Kwid. Mobil SUV Crossover yang telah hadir sejak Oktober 2016 dengan memperkenalkan model tahun 2017-nya ini mengisi segmen LCGC (Low Cost Green Car) di Indonesia. Tidak heran jika mobil ini dibanderol dengan harga yang terjangkau. 

Belum lama ini, Renault Kwid kembali menjadi perbincangan karena telah meluncurkan generasi terbarunya. Kehadiran generasi baru Renault Kwid memang cukup dinantikan karena diketahui memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi. Mobil generasi barunya sendiri dibanderol dengan kisaran harga Rp149,9 jutaan hingga Rp158,9 jutaan. 

Seperti apa sih, Renault Kwid keluaran tahun 2020 ini? Mari cari tahu lebih dalam tentang mobil pabrikan Prancis tersebut lewat review yang berikut ini.

Harga

Renault Kwid tersedia dalam dua trim berbeda, yakni Renault Kwid dan Renault Kwid Climber. Harganya sendiri berkisar antara Rp149,9 jutaan hingga 158,9 jutaan. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat pada rinciannya berikut ini.

Varian Harga
Renault Kwid Rp149.900.000
Renault Kwid Climber Rp158.900.000

Spesifikasi

Dimensi Renault Kwid
Panjang 3.731 mm
Lebar 1.579 mm
Tinggi 1.474 mm
Wheelbase 2.422 mm
Ground Clearance 184 mm
Bobot 699 kg
Kaki-kaki Renault Kwid
Ukuran Ban R14 165/70
Material Velg Allow Wheels
Mesin Renault Kwid
Tipe Mesin 1.0L 3 Cylinder Petrol Engine
Kapasitas 1,0 Liter (999 cc)
Power Output 67 HP / 5.500 rpm
Torsi 91 Nm / 4.250 rpm
Transmisi

Manual 5 Percepatan (Kwid)

AMT 5 Percepatan (Kwid Climber)

Sistem Penggerak Front Wheel Drive
Kapasitas Tangki 28 Liter
Suspensi dan Rem Renault Kwid
Suspensi Depan MacPherson strut dengan lower transverse link
Suspensi Belakang Twist beam suspension dengan coil spring
Rem Depan Disc Brake
Rem Belakang Drum Brakes

Renault Kwid merupakan crossover SUV yang diproduksi oleh produsen mobil asal Prancis, Renault. Awalnya, mobil ini ditujukan untuk pasar otomotif di India. Versi produksinya pertama kali muncul pada bulan Mei 2015 lalu setelah versi konspenya diperkenalkan pada bulan Februari 2014.

Renault Kwid 2020: SUV Eropa Harga Asia 02

Mobil ini sendiri merupakan hasil kerjasama Renault dan Nissan. Renault Kwid dikerjakan bersama oleh salah satu tim insinyur asal Prancis yang menetap di India, dan dipimpin oleh Gérard Detourbet. 

Renault Kwid pertama kali diluncurkan di Indonesia pada bulan Oktober 2016 dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp117,7 jutaan. Hal ini pun menjadikan Renault Kwid dinobatkan sebagai Crossover SUV buatan Eropa termurah di Indonesia. 

Eksterior

Ketika kita melihat bagian eksterior Renault Kwid secara sekilas, kesan maskulin dan atraktif akan langsung terasa. Meskipun merupakan LCGC, tetapi desain dari mobil ini cukup stylish. 

Renault Kwid 2020: SUV Eropa Harga Asia 03

Desain Renault Kwid khas dengan rasa desain ala Eropa, terutama pada bagian grille Razor-edge beraksen kromnya. Fendernya yang menonjol juga mempertegas kesan maskulin yang dimilikinya.

Sayangnya, penggarapan yang dilakukan oleh tim desain Renault Kwid ini sepertinya kurang matang. Hal ini terlihat dari desain wipernya yang hanya memakai satu bilah wiper berukuran besar. Padahal, untuk mobil dengan wajah yang garang, tampilannya akan lebih menarik jika disematkan dua bilah wiper. 

Untuk pilihan warnanya sendiri, Renault Kwid menawarkan lima pilihan warna menarik yang bisa dipilih oleh para konsumennya. Kelima warna tersebut adalah Moonlight Silver, Planet Grey, Fiery Red, Ice Cool White, dan Olive Green. 

Pihak Renault juga sempat mengeluarkan dua tema berbeda untuk Renault Kwid. Kedua tema tersebut mengusung dua superhero komik Marvel, yakni Iron Man dan Captain America. Tetapi sayangnya, dua varian tema ini hanya diproduksi secara terbatas.

Renault Kwid 2020: SUV Eropa Harga Asia 04

Selain itu, ada pula satu varian warna khusus lain, yakni Renault Kwid Live for More. Tidak hanya dari segi warna, tetapi varian yang satu ini memang didesain khsusus agar tampak lebih sporty dengan bodi berwarna dasar putih yang diberi aksen garis merah dan silver yang melewati grille, kap mesin, atap, roof rail, hingga bagian samping. Bahkan velgnya pun menggunakan warna merah dan silver.

Interior

Untuk bagian Interiornya, Renault Kwid memang bisa dibilang memiliki kabin yang cukup leluasa. Pada bagian dashboard-nya terdapat AC, Speaker, serta layar sentuh sebagai penunjang hiburan. Ada pula panel instrumen digital untuk speedometer dengan odometer.

Renault Kwid 2020: SUV Eropa Harga Asia 05

Sayangnya, informasi yang ditampilkan pada speedometer tersebut terbatas. Panel Instrumennya pun hanya menampilkan informasi indikator lampu sein, lampu peringatan sabuk pengaman, foglamp, dan lampu jauh-dekat. 

Lalu untuk kursinya sendiri, mobil ini memiliki dua buah kursi di bagian depan yang berdesain semi captain seat. Kursi belakangnya sendiri memiliki desain yang agak menukik ke belakang, lengkap dengan handrest model lipat. 

Selain memiliki ruang kabin yang cukup leluasa, ternyata Renault Kwid ini juga memiliki ruang bagasi yang cukup besar. Bagaisnya sendiri bisa menampung barang bawaan hingga 300 liter. 

Fitur

Pertama-tama, mari kita bahas soal fitur hiburan yang dimiliki oleh Renault Kwid. Mobil ini dibekali dengan head unit touch screen berukuran 7 inci yang dilengkapi dengan speaker dan radio, serta mendukung fungsi konektivitas bluetooth, port USB, dan AUX. 

Untuk menunjang kemudahan penggunaan bagi para konsumennya, Renault Kwid sudah menyediakan power socket 12V di area kursi belakang, sehingga baik pengemudi maupun penumpang tidak perlu bingung ketika gadget yang dibawa kehabisan baterai. 

Renault Kwid 2020: SUV Eropa Harga Asia 06

Pengaturan AC pada Renault Kwid ini masih manual dan dilengkapi dengan fungsi cooler dan heater. Fungsi heater ini tentu akan menjadi kurang berguna jika digunakan pada negara beriklim tropis seperti di Indonesia, kecuali jika mobil ini memang dikendarai dalam cuaca dingin seperti musim hujan atau ke tempat yang memang bersuhu agak dingin.

Mobil ini juga dibekali dengan power rear/trunk door, sehingga membuka dan menutup bagasi menjadi lebih mudah. Mobil ini juga memiliki fleksibilitas yang cukup baik, karena kursi bagian belakangnya bisa dilipat rata untuk menambah kapasitas bagasi ketika dibutuhkan. 

Meskipun Renault Kwid 2020 dibekali dengan beberapa fitur hiburan dan kenyamanan yang cukup baik, sayangnya fitur keselamatannya bisa dibilang sangat minim. Untuk fitur keselamatan aktifnya,  mobil ini hanya dilengkapi dengan Central Lock, serta Sensor Parkir dan Rearview Camera. 

Tetapi untung saja, Renault Kwid yang hadir di Indonesia telah dilengkapi dengan sistem pengereman Anti lock Braking System (ABS) yang memaksimalkan pengereman mobil dalam keadaan darurat. Fitur Traffic Assist Mode yang bisa membuat pengendaraan mobil tetap stabil meski melewati jalan yang licin juga turut disematkan pada mobil ini.

Renault Kwid 2020: SUV Eropa Harga Asia 07

Lalu untuk fitur keselamatan pasifnya, mobil ini hanya dibekali dengan ada satu buah airbag untuk pengemudi, serta sabuk pengaman untuk penumpang di barisan depan dan belakang. Sayang sekali pada mobil ini belum disematkan fitur penunjang keselamatan penumpang anak-anak, seperti Child Safety Locks maupun ISOFIX. Sementara itu, untuk fitur keamanannya, Renault Kwid 2020 ini hanya dibekali dengan sistem alarm anti-theft, serta Engine Immobilizer. 

Performa Berkendara

Sekarang kita beralih pada performa berkendaranya. Seperti yang telah disebutkan pada bagian spesifikasi, Renault Kwid ini menggendong mesin bensin tiga silinder dengan kapasitas 999 cc atau sekitar 1,0 liter. 

Mesin tersebut dikawinkan dengan dua jenis transmisi, yakni manual 5 percepatan, dan AMT 5 percepatan. Transmisi manual hanya tersedia pada trim terendah Renault Kwid, dan transmisi AMT hanya tersedia pada trim tertinggi Renault Kwid Climber. Dengan konfigurasi mesin tersebut, Renault Kwid bisa menghasilkan tenaga sebesar 67 HP dan torsi 91 Nm.

Renault Kwid 2020: SUV Eropa Harga Asia 08

Adanya fitur Traffic Assist Mode yang disematkan pada mobil ini membuat mobil tetap stabil walaupun harus melewati jalan licin. Renault Kwid juga sudah dilengkapi dengan sistem navigasi, dan fitur navigasi ini tentu fitur yang jarang kita temukan pada mobil dengan harga yang sama dengan mobil ini.

Pada Renault Kwid 2020 ini juga sudah dilengkapi dengan fitur power steering. Sayangnya, pengaturan posisi setirnya sudah fix, belum menggunakan teknologi tilt & telescopic sehingga setirnya kurang fleksibel dan tidak bisa disesuaikan dengan postur tubuh pengemudinya. Setirnya juga belum dilengkapi dengan tombol multifungsi mengingat minimnya fitur yang dimiliki oleh mobil ini. 

Tetapi ternyata, Renault Kwid ini juga cocok untuk dibawa berkendara melewati medan yang bergelombang dan berbatu. Tidak hanya itu, kemampuan off-road yang dimilikinya ini juga bisa diandalkan untuk melewati jalan perkotaan yang terkena banjir, selama banjirnya tidak terlalu tinggi, karena Ground Clearance-nya hanya mencapai 184 mm. 

Video

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Renault Kwid memiliki keunggulan tersendiri dalam hal desain. Desainnya yang maskulin dan atraktif tentu dapat menarik banyak perhatian konsumen di Indonesia. Pengendaraannya pun cukup baik, dan tenaga yang dihasilkan mesinnya pun sudah cukup untuk pengendaraan dalam kota, meskipun tenaganya relatif kecil.

Sayangnya, mobil ini memang sangat kurang dalam hal fitur. Meskipun fitur hiburan standarnya cukup baik, tetapi fitur keselamatannya dinilai terlalu minim dibandingkan dengan pesaingnya di kelas yang sama.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Renault Kwid 1.0 SCe

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru