Review Daihatsu Luxio 2020: Tidak Hanya Mobil Keluarga, untuk Usaha Luxio Juga Bisa!

Enda · 30 Agu, 2020 17:00

Review Daihatsu Luxio 2020: Tidak Hanya Mobil Keluarga, untuk Usaha Luxio Juga Bisa! 01

Seperti yang diketahui, Daihatsu Luxio merupakan Gran Max versi mewah. Mobil ini dihadirkan khusus sebagai kendaraan syarat penumpang, tak heran jika tampilannya dibuat lebih mewah dan elegan.

Meski begitu, Daihatsu Luxio tak jarang dibuat usaha seperti travel maupun kendaraan muat barang, mengingat mobil ini memiliki kapasitas kabin luas serta fungsi yang dapat bisa diandalkan.

Harga Daihatsu Luxio

Sebelum bicara lebih jauh, sebaiknya ketahui harga jual Daihatsu Luxio 2020.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });
Model Harga
Daihatsu Luxio 1.5 D M/T Rp204.200.000
Daihatsu Luxio 1.5 X M/T Rp222.350.000
Daihatsu Luxio 1.5 X A/T Rp233.450.000

Spesifikasi Daihatsu Luxio

Mengetahui detail spesifikasi dari Daihatsu Luxio 2020.

MESIN
Tipe Mesin 3SZ-VE DOHC VVT-i, berpendingin air
Kapasitas Silinder 1.495 cc
Tenaga Maksimal 97 PS @6.000 Rpm
Torsi Maksimal 13.7 Kgm @4.400 Rpm
Transmisi Manual 5-percepatan dan otomatik 4-percepatan
Sistem Penggerak Rear Wheel Drive (RWD)
Sistem Bahan Bakar EFI (Electronic Fuel Injection)

 

DIMENSI
Panjang x Lebar x Tinggi 4.215 mm x 1.710 mm x 1.915 mm
Jarak Sumbu Roda 2.650 mm
Jarak pijak roda depan/belakang 1.440 mm x 1.420 mm
Tinggi Keseluruhan 1.680 mm
Ground Clearance 180 mm
Struktur Body Monocoque

 

SUSPENSI DAN KAKI-KAKI
Suspensi Depan MacPherson Strut dengan per keong dan stabilizer
Suspensi Belakang 5-Link, rigid-axio dengan per keong
Rem Depan Disc berventilasi dengan booster
Rem Belakang Drum, Leading & Trailing
Ukuran Ban 195/65R15
Tipe Velg Velg standard an alloy

Sejarah Daihatsu Luxio

Review Daihatsu Luxio 2020: Tidak Hanya Mobil Keluarga, untuk Usaha Luxio Juga Bisa! 01

Daihatsu Luxio pertama kali diluncurkan pada Februari 2009, oleh PT. Astra Daihatsu Motor selaku Agen Pemegang Merek Daihatsu di Tanah Air.

Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) dengan bentuk kotak yang dirakit di Sunter, Jakarta Utara, Indonesia ini, digadang-gadang sebagai suksesor Daihatsu Espass yang pada awalnya dihadirkan dalam tiga varian. D sebagai varian terendah, M varian tengah, dan X sebagai tipe teratasnya.

Review Daihatsu Luxio 2020: Tidak Hanya Mobil Keluarga, untuk Usaha Luxio Juga Bisa! 02

Sesuai dengan peruntukannya, Daihatsu Luxio tipe terendah (D) mayoritas digunakan sebagai kendaraan operasional perkantoran, yang mana tidak membutuhkan fitur banyak. Namun, secara fungsional mampu dimuati penumpang dan barang dengan jumlah banyak.

Seiring dengan perkembangan zaman, Daihatsu memberikan penyegaran terhadap Luxio pada Februari 2014 dengan tampilan yang terkesan lebih mewah. Pada facelift pertamanya, Daihatsu Luxio menanggalkan varian tengah (M) karena dianggap hanya memiliki perbedaan sedikit dengan varian teratasnya.

Daihatsu Luxio D yang dijual sampai dengan saat ini terlihat sangat standar, dengan roda kaleng standar, AC single, radio dan tiga baris kursi.

Sedangkan kasta teratasnya adalah tipe X, Daihatsu Luxio sudah dilengkapi AC double blower, jok tengah yang bisa digeser, sabuk pengaman untuk jok baris kedua dan ketiga. Beberapa perlengkapan opsional lainnya adalah alas untuk barang bawaan (Cargo Tray) dan jaring untuk barang bawaan (Cargo Net).

Selain itu Daihatsu Luxio tipe X terlihat lebih mewah dan dinamis berkat disematkannya Spoiler dengan lampu rem di tengahnya, seluruh jok yang sudah dilengkapi Headrest, dan Dashboard dua warna dengan ornamen Black piano pada kluster tengah. Tipe ini juga dilengkapi audio Kenwood Double DIN DVD+CD dengan MP3 dan Radio AM/FM.

Penasaran dengan ulasannya? Simak review Daihatsu Luxio 2020 mulai dari tampilan eksterior.

Eksterior

Daihatsu Luxio memilki tampilan luar terlihat lebih mewah dengan beberapa tambahan aksesoris yang dilapisi nuansa krom.

1. Tampilan depan

Review Daihatsu Luxio 2020: Tidak Hanya Mobil Keluarga, untuk Usaha Luxio Juga Bisa! 03

Sejak mendapatkan facelift pertama yang masih dijual hingga saat ini, Daihatsu Luxio 2020 terlihat lebih elegan dan menawan. Hal ini lantaran Daihatsu kini memperbesar dimensi grill Luxio yang mana dilapisi aksen krom. Tidak hanya itu, bumper Daihatsu Luxio 2020 dibuat lebih sporty dengan adanya tambahan Body kit di bawahnya.   

Masih sama dengan generasi terdahulunya, sistem pencahayaan menggunakan multi reflektor masih dengan bentuk yang sama dipadukan kedua Fog Lamp di bawahnya.

2.Tampilan samping

Review Daihatsu Luxio 2020: Tidak Hanya Mobil Keluarga, untuk Usaha Luxio Juga Bisa! 04

Bergeser ke bagian samping, Daihatsu Luxio masih menampilkan bentuk yang sama dengan generasi sebelumnnya. Hanya saja pada Daihatsu Luxio 2020, kini terdapat Side Skirt besar dengan sedikit sentuhan Garnish yang dilapisi warna krom.

3. Tampilan belakang

Review Daihatsu Luxio 2020: Tidak Hanya Mobil Keluarga, untuk Usaha Luxio Juga Bisa! 05

Beranjak ke bagian buritan, Daihatsu Luxio 2020 tidak hanya terlihat mewah, kesan lebih sporty juga ditampilkan pada generasi ini. Reflektor Stop Lamp Daihatsu Luxio kini sedikit mengalami ubahan, yang dipadukan garnish besar di tengah, sehingga terlihat menyatu. Bumper belakang juga mengalami ubahan dengan bentuk membesar dan sedikit membulat.

Interior

Masuk ke sektor interior, Daihatsu Luxio 2020 masih memperlihatkan kombinasi warna yang sama. Dimana, interior dilapisi dengan warna krem dan hitam untuk manampilkan kesan mewah.

1. Dashboard

Review Daihatsu Luxio 2020: Tidak Hanya Mobil Keluarga, untuk Usaha Luxio Juga Bisa! 06

Bentuk Dashboard tidak memperlihatkan ubahan yang banyak jika dibandingkan generasi sebelumnya. Disini, area Dashboard dilabur warna hitam dan krem. Pada kluster bagian tengah di Dashboard terdapat paduan warna Black piano dengan silver ornanmen, yang terlihat lebih modern dan stylish. Di atas tombol pengaturan AC terdapat jam digital, audio 2-din, serta tempat penyimpanan di atas Dashboard yang tertutup dengan cover, sehingga membuatnya terlihat rapih.

2. Kabin penumpang

Masuk ke dalam kabin akan terasa mudah karena pintu tengah menggunakan model geser atau Sliding Door. Saat berada di dalamnya, nuansa nyaman langsung terasa. Hal ini lantaran Daihatsu Luxio 2020 sudah dilengkapi dengan Power Window di kedua sisi kaca tengahnya, dan AC Double Blower.

Review Daihatsu Luxio 2020: Tidak Hanya Mobil Keluarga, untuk Usaha Luxio Juga Bisa! 07

Jok juga dibuat lebih tebal dan nyaman, yang mana jok pada baris kedua sudah dilengkapi dengan Armrest yang bisa kalian gunakan untuk menaruh botol minuman. Dengan begitu penumpang akan merasa lebih nyaman saat melakukan perjalanan. Jok baris ketiga juga memberikan kesan nyaman saat bekendara, karena memiliki ruang yang besar.

3. Bagasi

Saat kursi bagian belakang belum dilipat, bagasi Daihatsu Luxio 2020 mungkin terlihat kecil. Ketika hendak membawa barang dengan jumlah banyak, bukan menjadi masalah. Saat kursi belakang dilipat, kalian bisa menjumpai ruang yang cukup lumayan besar siap untuk dimuati barang bawaan dengan kapasitas cukup banyak.

Fitur keselamatan

Review Daihatsu Luxio 2020: Tidak Hanya Mobil Keluarga, untuk Usaha Luxio Juga Bisa! 08

Saat bicara fitur keselamatan, fitur yang ditanamkan pada mobil ini terkesan biasa saja. Sebagai fitur keselamatan aktif, Daihatsu Luxio 2020 sudah disematkan Anti-lock Breaking System (ABS). Sedangkan fitur keselamatan pasif, menggunakan seatbelt with 3 point ELX yang terdapat pada semua tempat duduk.

Spesifikasi mesin

Daihatsu Luxio ditanami mesin berkodekan 3SZ-VE DOHC VVT-i, berpendingin air. Perlu kalian ketahui, mesin ini cukup legendaris dan digunakan pada beberapa produk Daihatsu lainnya, salah satunya Terios lansiran 2007-2017.

3SZ-VE sampai saat ini diketahui memiliki tingkat durabilitas tinggi, yang mana menurut data di atas untuk Daihatsu Luxio, mesin ini mampu memuntahkan tenaga hingga 97 PS @6.000 Rpm dengan torsi maksimal 13.7 Kgm @4.400 Rpm. Mesin ini juga sudah menganut teknologi Electronic Fuel Injection (EFI).

Performa dan Handling

Bicara performa, Daihatsu Luxio 2020 cukup bisa diandalkan saat digunakan di dalam kota maupun di luar kota. Namun kekurangan ada pada saat Daihatsu Luxio diharuskan melahap jalur dengan kontur jalan menanjak dengan tingkat kemiringan cukup curam. Mobil ini dirasa sedikit kurang bertenaga mungkin karena tubuh bongsor yang harus dibawanya.

Review Daihatsu Luxio 2020: Tidak Hanya Mobil Keluarga, untuk Usaha Luxio Juga Bisa! 09

Begitupun soal Handling. Mobil akan tarasa goyang atau lebih dikenal Body Roll saat menikung dikecepatan yang tinggi. Hal ini dikarenakan Daihatsu Luxio memiliki tubuh yang tinggi, serta tingkat keaerodinamisan mobil yang dianggap kurang baik.

Konsumsi BBM

Untuk sebuah mobil LMPV 8 penumpang, Daihatsu Luxio 2020 terbilang irit dalam pengunaan konsumsi bahan bakar. Pemakaian dalam kota, Daihatsu Luxio tercatat hanya menggunakan 1 liter bahan bakar jenis bensin untuk menempuh jarak 10 km. Saat melakukan perjalanan jauh, tercatat konsumsi BBM sebanyak 1 liter untuk jarak 12 km. Penggunaan BBM yang terbilang irit ini didukung dengan adanya teknologi EFI (Electronic Fuel Injection) di mesinnya.

Video

Terlihat lebih mewah dan elegan, Daihatsu Luxio sangat cocok dimiliki keluarga di Indonesia yang suka berpergian dan melakukan usaha bisnis.

Kesimpulan

Mempunyai impian memiliki mobil yang bisa digunakan sebagai mobil keluarga maupun usaha bisnis, menjatuhkan hati pada Daihatsu Luxio merupakan salah satu pilihan yang tepat.

Terlebih Daihatsu Luxio memiliki mesin yang sangat bisa diandalkan, dengan konsumsi bahan bakar yang tergolong irit. Bicara harga baru yang ditawarkan pun masih terbilang terjangkau untuk sebuah LMPV di kisaran harga Rp204-Rp233 jutaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Luxio 1.5 D M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa