window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sekennya Cuma Rp50 Jutaan dan Nggak Kalah Dari LCGC, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Kia Picanto Gen 1

Enda · 19 Jul, 2022 18:30

Kelebihan dan kekurangan Kia Picanto gen 1

Dibangun menggunakan basis yang sama dengan Hyundai Getz, Kia Picanto pertama kali diperkenalkan di Tanah Air pada tahun 2004. Sebagai hatchback kompak perkotaan bertubuh mungil, generasi pertamanya ini memiliki ciri khas yaitu lampu depannya berbentuk kotak serta grill dengan dimensi mungil.

Pada 2007, Kia Indonesia melakukan penyegaran secara minor terhadap Picanto meliputi bagian wajah, buritan, serta beberapa komponen yang ada pada fasadnya. Hal ini dilakukan supaya Picanto mampu lebih menarik minat konsumennya.

Generasi pertamanya ditawarkan hingga 2011, untuk harga bekasnya Kia Picanto gen 1 kini ditawarkan mulai dari Rp50 jutaan. Apabila kalian tertarik membelinya, simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Pertarungan City Car Beda Negara, Kia Picanto Lebih Baik dari Honda Brio RS?

Kelebihan Kia Picanto Gen 1

1. Kabin Lapang Bisa Bawa Barang Cukup Banyak

Kelebihan dan kekurangan Kia Picanto gen 1

Kabin Kia Picanto gen 1 terbilang lapang

Sosok Picanto memiliki dimensi mungil dan terasa lincah saat menembus kemacetan di kota-kota besar. Untuk kabinya Kia Picanto gen 1 terbilang lapang. Ketika disinggahi empat penumpang dewasa, mobil ini masih terasa nyaman digunakan.

Tak hanya itu, mobil ini juga mampu dimuati barang dengan jumlah cukup banyak dan terasa praktis karena jok baris keduanya bisa dilipat kedepan guna memperoleh ruang lebih besar.

2. Terasa Ergonomis

Selain menampilkan kesan nyaman, interior Kia Picanto gen 1 juga terasa ergonomis. Hal ini bisa dilihat dari center clusternya penataan fiturnya mudah dijangkau oleh penggunanya dan terasa mudah ketika dioperasikan.

Pada bagian tengah dashboard yang dibuat sedikit menyerong ke arah pengemudi tersebut terdapat sistem infotaiment single din yang bisa diupgrade menjadi 2din dengan beberapa tombol AC serta pengaturan lainnya model putar.

Guna memudahkan penggunanya saat ingin meletakan barang entah dompet, handphone, koin, botol minuman atau benda kecil lainnya, di bawah tombol pengaturan AC terdapat cup holder serta laci penyimpanan terbuka. Selain itu di belakang tuas handbrake juga disematkan cup holder yang bisa dimanfaatkan oleh penumpang belakang.

Pada bagian dashboard penumpang, mobil ini dilengkapi dengan glove box serta laci penyimpanan terbuka model tingkat yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh remote, dan juga handphone.

3. Fitur Unggulan Cukup Lengkap Untuk Motuba

Kelebihan dan kekurangan Kia Picanto gen 1

Fitur Kia Picanto gen 1 cukup lengkap

Demi memberikan kenyamanan kepada setiap penggunanya, untuk fitur unggulannya terbilang cukup lengkap. Seperti yang bisa dilihat didalamnya mobil ini telah dilengkapi dengan Electronic Power Steering (EPS), electric mirror, power window, central lock dan alarm.  

4. Handling Kia Picanto Gen 1 Stabil dan Lincah

Memiliki tubuh proposional dipadukan dengan sasis serta suspensi yang komunikatif, Kia Picanto gen 1 menghasilkan handling yang baik. Tak hanya saat berjalan pada kecepatan rendah, ketika dipacu kencang dan bermanuver, mobil ini terasa stabil dan lincah. Tidak heran apabila pemiliknya menyukai mobil ini dari sisi handling.

Selain itu, untuk bantingan yang dihasilkan mobil ini juga tidak terlalu keras ketika melewati jalan keriting. Sebagai informasi, pada bagian depan Kia Picanto gen 1 menggunakan suspensi berjeniskan McPherson strut independen dan torsion axle beam di roda belakang.

5. Irit Bahan Bakar

Kelebihan dan kekurangan Kia Picanto gen 1

Mesin 1.0L Kia Picanto gen 1

Kia Picanto gen 1 dibekali mesin bensin 1.086 cc berkodekan G4H6 4-silinder segaris SOHC 12 valve yang dapat memeras tenaga hingga 64 Hp @5.500 rpm serta torsi di angka 94 Nm @2.800 rpm. Untuk gearboxnya dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Bicara konsumsi BBM-nya, beberapa pengetesan yang dilakukan mobil ini mampu menempuh jarak 14 km/liter untuk penggunaan dalam kota. Sedangkan pemakaian luar kota, jarak yang ditempuh mencapai 18 km/liter.

Baca juga: Review Pemilik: KIA Picanto type pull option 2005 sudah berumur 15 tahun, saya hanya butuh sedikit uang untuk maintenance

Kekurangan Kia Picanto Gen 1

1. Minim Fitur Keselamatan

Kelebihan dan kekurangan Kia Picanto gen 1

Kia Picanto gen 1 minim fitur keselamatan

Mengenai fitur keselamatan, generasi pertama Kia Picanto ini terbilang minim. Seperti yang terlihat mobil ini hanya mengandalkan seatbelt saja tanpa dilengkapi dengan fitur keselamatan pendukung lainnya.

2. Suspensi Mudah Rusak

Untuk peredam kejutnya, mobil ini mudah rusak apabila kalian sering melewati jalan yang rusak tanpa mengurangi kecepatan. Supaya suspensinya awet, sebaiknya lebih berhati-hati ketika melewati jalan yang berkontur, dan menggantinya dengan produk aftermarket.

3. Kaki-kaki Sering Bermasalah

Kelebihan dan kekurangan Kia Picanto gen 1

Kia Picanto gen 1 lemah di kaki-kaki depan

Kelemahan lain yang dimiliki Kia Picanto gen 1 yaitu kaki-kaki bagian depan. Apabila kalian sering melewati jalan berkontur serta membawa muatan berat, tentu kaki-kaki mobil ini akan cepat mudah rusak.

Komponen kaki-kaki yang mudah rusak biasanya meliputi bushing, arm, link stabil, tie road dan bagian lainnya. 

4. Sensor CKP Kerap Bermasalah

CKP merupakan sensor yang berungsi untuk mendeteksi putaran poros engkol mesin. Apabila sensor ini rusak, bisa menyebabkan injector tidak bekerja dan tidak menghasilkan lompatan api dari busi.

Jika sensor ini rusak, tentunya mesin mobil tidak bisa dihidupkan. Sebagai informasi, untuk harganya sensor CKP ini ditawrkan Rp500 ribuan.

5. Fuel Pump Mudah Rusak

Kelebihan dan kekurangan Kia Picanto gen 1

Fuel pump Kia Picanto gen 1 sering bermasalah

Kia Picanto gen 1 mempunyai kelemahan pada fuel pumpnya. Beberapa pemilik mengalami masalah pada fuel pump karena tidak mampu mendistribusikan pasokan bahan bakar menuju mesin dengan baik. Gejala awal kerusakan fuel pump terjadi biasanya pemilik menggunakan BBM di bawah RON 92 (Pertamax).

Kesimpulan

Ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Kia Picanto gen 1 berhasil kami sampaikan di atas. Punya harga bekas yang terjangkau, hatchback perkotaan asal Korea Selatan ini mudah dalam perawatan, nyaman digunakan, irit bahan bakar, serta memiliki handling yang stabil.  

Namun yang perlu kalian perhatikan ketika sudah meminangnya, pastikan selalu menggunakan Pertamax atau RON 92, serta mengurangi kecepatan saat melewati jalan rusak.

Baca juga: Review Kia Picanto 2020: Alternatif City Car Stylish dan Terjangkau

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Kia Picanto MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil