window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Siapkan Rival Honda HR-V sampai Chery Omoda 5, Merek China GAC Bakal Masuk Indonesia

Prasetyo · 26 Agu, 2023 19:03

GAC GS3 Emzoom

Satu lagi pabrikan China yang sepertinya akan masuk pasar otomotif Indonesia, yaitu GAC (Guangzhou Automobile Group).

Pasalnya beberapa hari belakangan, media sosial ramai membahas satu sosok mobil misterius yang tertutup stiker kamuflase hitam.

Usut punya usut, mobil ini diprediksi adalah unit yang sama dari GAC GS 3 Emzoom dan GAC Emkoo yang sudah dijual di Filipina.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

GAC GS3 Emzoom

Kabarnya sedang melintas di Tol Cikampek (Foto: Instagram)

Benarkah GAC akan masuk Indonesia?

Baca juga: Brand Mobil China GWM Tunjuk Konsorsium Inchcape dan Indomobil Sebagai Distributor di Indonesia

GAC Bidik Pasar ASEAN

Kabar akan hadirnya produsen Negeri Tirai Bambu ini diperkuat dengan laporan rekan kami Autofun Thailand yang menyebut jika GAC ION Automobile Sales Co., Ltd. (AION) sudah mengumumkan akan memperkuat lini bisnisnya di ASEAN.

GAC AION

Kerjasama dengan jaringan dealer di 4 negara ASEAN

Bahkan AION telah secara resmi menandatangani kerjasama dengan 7 jaringan dealer resmi dari 4 negara di kawasan ASEAN.

Kertujuh dealer tersebut adalah Jinhui (Thailand), AIONIC (Thailand), V Group (Thailand), Harmony Group (Thailand), 99 Myanmar(Myanmar), Harmony Group (Vietnam), EV HUB (Singapura).

Selain menunjuk kemitraan dengan dealer-dealer di 4 negara berbeda, GAC juga berencana memasarkan AION Y Plus pada 9 September 2023 mendatang.

GAC AION Y Plus

Untuk pasar Thailand disiapkan AION Y Plus

Selain itu Thailand juga ditunjuk sebagai lokasi kantor pusat AION untuk wilayah Asia Tenggara, dan memproduksi mobil-mobil setir kanan yang nantinya akan dipasarkan ke kawasan ASEAN.

"Asia Tenggara merupakan landasan strategi pengembangan dan pertumbuhan merek ini di luar negeri, dan AION tidak hanya memilih Thailand sebagai negara pertama yang memasuki pasar regional, namun juga memulai kehadiran yang kuat di Asia," kata Ma Haiyang, General manager GAC AION Thailand Sales Co., Ltd.

Baca juga: 4 Produsen Mobil China dan Eropa Kepincut Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Indonesia Bisa Jadi Target Pasar GAC

GAC GS3 Emzoom Philipine

GS3 Emzoom di Filipina

Meski saat ini pihak AION belum mengumumkan kemitraan dengan pihak Indonesia, namun keberadaan GAC GS3 Emzoom dan GAC Emkoo rasanya sudah menjadi sinyalemen kalau merek tersebut bakal merambah pasar otomotif Tanah Air.

Namun bedanya, kalau di Thailand yang disodorkan pertama kali adalah mobil listrik AION Y Plus dengan kemampuan jelajah baterai hingga 610 km, maka untuk Indonesia akan hadir lebih dulu ke segmen mobil ICE.

GAC Emkoo

Pakai nama Emkoo di Filipina (Foto: Instagram)

Masuk kelas SUV Crossover yang dihuni Honda HR-V, Hyundai Creta, Chery Omoda 5 serta Wuling Almaz, Emzoom yang ada di Filipina sama-sama dibekali mesin berkode 1.5TG 1.497 cc dengan tenaga maksimum 176 PS dan torsi 270 Nm yang tersalur ke roda depan menggunakan transmisi 7-speed Dual Clutch.

Baca juga: Kejar Harga Kompetitif, Neta Auto Indonesia Bakal Rakit Mobil Listrik di Bekasi

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda HR-V 1.5L S 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil