window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki Mega Carry Vs Carry Futura Pick Up, Mana yang Lebih Andal untuk Muat Barang?

Enda · 6 Sep, 2023 17:30

Suzuki Carry

Suzuki Mega Carry dan Carry Futura pick up saat ini sudah tidak lagi diproduksi. Keduanya kini sudah digantikan oleh New Carry sebagai kendaraan niaga muatan ringan.

Baik keduanya, untuk pasaran harga bekasnya tidak berbeda jauh. Seperti diketahui Mega Carry saat ini ditawarkan mulai dari Rp60 jutaan, sedangkan Carry Futura pick up dibandrol dari Rp50 jutaan.

Memiliki selisih harga yang terbilang sedikit, pilih Mega Carry atau Carry Futura untuk mendukung kegiatan bisnis sehari-hari? Supaya tidak bingung, simak perbandingan keduanya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: APV Versi Pick Up, Simak 5 Kekurangan Suzuki Mega Carry

Kapasitas Daya Tampung Suzuki Mega Carry Lebih Besar

Suzuki Carry

Bak Mega Carry 

Secara daya angkut barang, Suzuki Mega Carry memiliki daya tampung lebih besar. Untuk dimensi bak sendiri mobil ini memiliki panjang 2.200 mm (2.450 mm Xtra), lebar 1.585 mm (1.670 mm Xtra) dan tinggi 365 mm.

Pada Carry Futura, panjang bak 2.200 mm (2.350 mm Wide Deck), lebar 1.480 mm (1.650 mm Wide Deck), dan tinggi 300 mm (370 mm Wide Deck). Untuk bak, keduanya menganut fitur 3-way yang bisa dibuka dari samping untuk memudahkan akomodasi naik-turunnya barang.

Sasis Suzuki Mega Carry Double Tebal, Bisa Angkut Barang Lebih Banyak

Suzuki Carry

Sasis Mega Carry

Suzuki Mega Carry diperkuat di bagian sasisnya yang mana menggunakan plat double. Tebal sasisnya selain membuatnya tangguh dan kokoh, diklaim juga lebih rigid. 

Suzuki Carry

Sasis Carry Futura pick up

Berkat sasis yang tebal serta dimensi bak besar, menurut informasi Mega Carry dapat membawa beban hingga 1,5 ton, sedangkan Carry Futura hanya 1 ton.

Baca juga: 4 Alasan Suzuki Carry Futura Pick Up Banyak Diminati Buat Merintis Usaha

Kaki-kaki Carry Futura Tangguh

Suzuki Carry

Bicara kaki-kaki Carry Futura pick up lebih tangguh ketimbang Mega Carry. Untuk bagian tersebut Mega Carry seringkali dikeluhkan soal tapak ban bagian dalam habis sebelah. Bukan cuma itu saja, untuk bantingannya Carry Futura juga lebih empuk.

Carry Futura Tidak Dilengkapi AC dan Power Steering

Suzuki Carry

Interior Carry Futura

Suzuki Mega Carry sudah dilengkapi sistem pendingin udara (AC) serta power steering yang memudahkan pengguna ketika melakukan manuver atau parkir di tempat sempit. Meski begitu, secara kapasitas daya tampung orang Mega Carry lebih sedikit.

Seperti diketahui, joknya mobil ini dibuat terpisah berkat adanya tuas hand brake di tengah. Dengan begitu hanya bisa memuat dua orang termasuk pengemudi, tidak seperti Carry Futura pick up yang bisa membawa dua penumpang di sebelah supir.

Mesin Sama, Tenaga dan Torsi Carry Futura Kalah Besar

Suzuki Carry

Mesin G15A Carry

Suzuki Mega Carry dan Carry Futura pick up dibekali mesin 1.493 cc berkodekan G15A, 4-silinder segaris SOHC multi-point injection. Pada Mega Carry, tenaga yang dihasilkan sebesar 92,4 PS di 6.000 rpm dengan torsi sebesar 126 Nm pada putaran 3.000 rpm.

Di Carry Futura, tenaga yang diperoleh 78,8 PS di 5.500 rpm dengan torsi maksimal 120 Nm pada putaran 3.000 rpm. Meski tenaga dan torsi kalah besar, keunggulannya Carry Futura memiliki angka konsumsi BBM lebih irit.

Kesimpulan

Setelah melakukan komparasi antara Suzuki Mega Carry dengan Carry Futura pick up melalui ulasan di atas, secara konklusi Mega Carry memiliki dimensi dan daya angkut lebih besar, kemudian power steering serta AC untuk kenyamanan berkendara.

Hanya saja untuk daya tampung penumpang, mobil tersebut tak sebanyak Carry Futura. Di sisi lain, untuk konsumsi BBM Carry Futura juga lebih irit meski tenaga dan torsi yang dihasilkan masih di bawah saudaranya.

Baca juga: Ketahui Kekurangan New Suzuki Carry Pick Up Sebelum Membeli

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki Carry Flat Deck

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil