window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Vietnam Kedapatan Mitsubishi Xforce 2024 dengan ADAS, Indonesia Kapan?

Prasetyo · 16 Nov, 2023 08:00

mitsubishi xforce 2024

Mitsubishi Xforce 2024 kabarnya akan segera dipasarkan di Vietnam, sama seperti Xpander, Xforce untuk negara ini juga diimpor dari Indonesia.

Ya, selain debut global di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Agustus lalu, Xforce juga diproduksi di Indonesia untuk selanjunya diekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara, satu diantaranya Vietnam.

Dan untuk pasar Vietnam, Mitsubishi Xforce 2024 rencananya akan diluncurkan akhir tahun ini dan kemudian mulai dijual awal tahun depan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Meski begitu, foto-foto keberadaan SUV compact ini sudah bocor, dan tampak sudah mendarat di sebuah gudang milik Mitsubishi.

Baca juga: 5 Fitur Tersembunyi di Mitsubishi Xforce 2023 yang Bisa Bikin Minder Rival-rivalnya

Mitsubishi Xforce 2024 Versi Vietnam Pakai ADAS

mitsubishi xforce 2024

Warnanya two tone dan ada kotak hitam radar di bagian tengah atas kaca depan (Foto: Autopro)

Secara tampilan, mobil-mobil ini memang tampak serupa dengan unit yang ditampilkan saat pameran GIIAS 2023.

Misalnya pada unit berkelir oranye dan merah dengan lampu utama model T-Shape serta gril depan berdesian Dynamic Shield sebagai ciri khas mobil-mobil Mitsubishi terbaru.

Kemudian di bagian bawah bemper depan juga terliha ada dua buah lampu kabut, serta velgnya pakai ukuran 18 inci model kipas dengan kombinasi dua warna, serta bemper depan dan belakang yang dibuat sewarna bodi.

mitsubishi xforce 2024

Unit berwarna merah ini sepertinya akan jadi varian menengah karena tidak terlihat radar di kaca depan (Foto: Autopro)

Yang menarik, ada satu unit berkelir oranye juga, namun bagian atapnya diberi warna hitam yang tidak ada pada varian warna Mitsubishi Xforce di Indonesia.

Kemudian di bagian tengah atas kacadepan terlihat satu kotak hitam dan sebuah kamera serta radar, diperkirakan ini adalah alat untuk pendukung Teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS)  pada kendaraan tersebut.

"Berbeda dengan Indonesia, teknologi keselamatan ADAS pasti akan disertakan pada Xforce, informasi ini sebelumnya juga sudah diungkapkan para tenaga penjual Mitsubishi," tulis situs otomotif Vietnam, AutoPro.

Adapun paket fitur ADAS yang bakal terdapat di Xforce antara lain Automatic Emergency Braking, Blind Spot Warning, Adaptive Cruise Control, dan Auto Headlights.

mitsubishi xforce 2024

Kemungkinan ini versi paling basic dari Xforce di Vietnam (Foto: Autopro)

Nah selain tiga unit tadi, terlihat juga satu unit Mitsubishi Xforce 2024 di Vietnam yang berwarna putih, namun dibekali velg 5 spoke yang ukurannya sedikit lebih kecil, kemungkinan 17 inci.

Lantas di unit ini juga terlihat tidak ada foglamp, tidak ada sensor belakang, serta bemper depan dan belakang pakai finishing Black Matte berbahan plastik.

Diprediksi unit tersebut akan menjadi model trim terendah dari Xforce di Vietnam.

Baca juga: Mitsubishi XFORCE Punya Fitur Super Lengkap Buat Manjakan Pengemudi dan Penumpang

Harganya Lebih Mahal dibanding Indonesia

mitsubishi xforce 2024

Desain velgnya masih serupa versi Indonesia (Foto: Autopro)

Menurut penuturan beberapa tenaga penjual dari dealer Mitsubishi, Xforce kemungkinan akan mulai dipasarkan dan masuk ke jaringan ritel dealer pada awal Januari 2024. 

Mobil yang diimpor dari Indonesia itu akan tersedia dalam 3-4 varian, serta diperkirakan harga jual antara 650-750 juta VND. 

Jika dikonversi ke rupiah, maka harga Mitsubishi Xforce 2024 di Vietnam akan ada pada kisaran Rp415 juta - Rp478 juta, ini tentu jauh lebih mahal dibanding harga di Indonesia yang ada pada rentang Rp 382,5 juta hingga Rp 419,1 juta.

Baca juga: Baru Meluncur Mitsubishi Xforce Sudah Dinobatkan Desain Transportasi Terbaik

Spesifikasi Mitsubishi Xforce di Vietnam

mitsubishi xforce 2024

Kemungkinan ada tiga varian untuk pasar Vietnam (Foto: Autopro)

Bersaing di segmen SUV/CUV kelas B, Xforce akan disandingkan dengan Kia Seltos, Hyundai Creta, Toyota Yaris Cross, dan Mazda CX-3.

Mitsubishi Xforce merupakan versi komersial dari model konsep XFC yang diluncurkan secara global di Vietnam pada akhir tahun 2022. 

Dibandingkan versi konsepnya, Xforce tidak banyak berubah secara style dan desain, hanya detailnya yang diubah agar sesuai dengan penggunaan praktis dan ketentuan lalu lintas di jalan raya. 

Meski belum remsi dipasarkan, pada 12 Oktober 2023 mobil tersebut sudah berhasil meraih penghargaan Desain Transportasi Terbaik dari penghargaan VMARK 2023.

mitsubishi xforce 2024

Tampilan belakang varian flagshipnya (Foto: Autopro)

Bodi Xforce punya panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm, tinggi 1.660 mm, jarak sumbu roda 2.650 mm, dan ground clearance sebesar 222 mm merupakan yang tertinggi di segmennya.

Itu berarti dari segi fisik, tidak ada perbedaan dimensi antara Xforce di negara tertangga tersebut dengan yang dipasarkan di Indonesia.

Begitu pula dengan spesifikasi mesinnya yang tetap pakai engine 1.5-liter MIVEC berkode 4A91 dengan teknologi DOHC.

Dikombinasikan transmisi otomatis CVT, mesin ini sanggup menghasilkan tenaga maksimum 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Pengemudi juga tetap disajikan empat Drive Mode, yakni Normal, Wet, Gravel, dan Mud, serta ada juga fitur Active Yaw Control (AYC) sebagaimana yang telah diterapkan pada Xpander Cross, guna mengoptimalkan pengendalian ketika bermanuver khususnya di jalan licin.

mitsubishi xforce 2024

Dipasarkan di Vietnam mulai Januari 2024 (Foto: Autopro)

Selain itu mobil ini juga tetap dibenamkan audio system Dynamic Sound Yamaha Premium untuk menghasilkan tata suara terbaik di kelasnya.

Mitsubishi juga menyediakan hingga 21 kompartemen penyimpanan di dalam kabin kendaraan tersebut, serta jok baris kedua yang bsia direbahkan untuk mengakomodir kebutuhan ruang bagasi yang lebih lapang.

Untuk meningkatkan daya saing Xforce, Mitsubishi Vietnam menerapkan insentif bagi pelanggan yang memesan lebih awal pada periode 1 September hingga 30 November. 

Nantinya pelanggan akan mendapatkan paket perawatan gratis selama 2 tahun atau 40.000 km (mana yang lebih dulu) dan tambahan 1.000 poin di aplikasi Mitsubishi Connect+.

Baca juga: Tenang, Mitsubishi Xforce Nantinya Akan Dilengkapi Panoramic Sunroof

@autofun.indonesia Empat driving mode Mitsubishi XFORCE, berasa banget bedanya! Supaya bisa ngerasain langsung, cek akunnya @mitsubishimotorsid biar gak ketinggalan info seputar Mitsubishi Motors Auto Show untuk melihat langsung Mitsubishi XFORCE di kotamu! #GoForXcitement #TemanSejalan #xforce #mitsubishi #crossover #mobilbaru ♬ Smooth jazz with a nice groove(935050) - tosuya

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Mitsubishi Xforce Ultimate CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil