window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Wuling EV Bakal Dijual di Harga Under Rp300 Juta, Spesifikasinya Siap Gantikan Suzuki Baleno Dkk?

Yongki Sanjaya · 2 Jun, 2022 10:30

Wuling EV Bakal Dijual di Harga Under Rp300 Juta, Spesifikasinya Siap Gantikan Suzuki Baleno Dkk? 01

Wuling Motors kembali mengguncangkan jagat otomotif nasional dengan memperkenalkan Wuling EV. Hanya saja, pihak Wuling Motors baru memperkenalkannya sebagai bentuk partisipasi di event KTT G20 bulan November mendatang. Menurut kabar yang beredar di sosial media, harga Wuling EV ini akan dijual di bawah Rp300 juta. 

Kisaran harga tersebut sungguh mencengangkan karena bakal membuat Wuling EV jadi mobil listrik termurah yang ada di Indonesia. Di kisaran harga segitu dan dengan ukurannya yang compact, bukan tidak mungkin memikat calon pengguna hatchback seperti Suzuki Baleno.

Lantas, apa kira-kira hal menarik yang menjadi nilai positif di Wuling EV? Berikut ini ulasannya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Range Harga Wuling EV di Indonesia, Mampu Jadi Alternatif Hatchback dan City Car

Wuling EV Bakal Dijual di Harga Under Rp300 Juta, Spesifikasinya Siap Gantikan Suzuki Baleno Dkk? 01

Pihak Wuling Motors memang belum mengumumkan rencana penjualan dari Wuling EV. Namun demikian, di sosial media begitu banyak postingan yang menulis soal estimasi harga dari Wuling EV ini. 

Berdasarkan pemaparan Danang Widyatmoko selaku Product Planning Wuling Motors, Wuling EV ini disebut mampu menempuh jarak antara 200-300 kilometer. Dari hal tersebut bisa kita ambil kesimpulan kalau nantinya Wuling EV bakal hadir dalam dua varian sebagaimana Wuling Air EV yang sudah terlebih dulu dijual di China. 

Adapun desas desus estimasi harga yang beredar di jagat maya yaitu mulai dari Rp220 juta sampai dengan Rp275 Juta. Nah, untuk harganya ini masih simpang siur, karena pada artikel kami sebelumnya, kami mendapat informasi kalau estimasi harga termurah yaitu di Rp275 juta. 

Wuling EV Bakal Dijual di Harga Under Rp300 Juta, Spesifikasinya Siap Gantikan Suzuki Baleno Dkk? 02

Bocoran harga ini diinformasikan oleh kalangan sales dealer wuling di berbagai forum sosial media komunitas Wuling atau komunitas otomotif lain. Bahkan, banyak pihak sales menyebut kalau Wuling EV ini sudah bisa dipesan oleh masyarakat. 

Apabila nantinya bakal dijual pada kisaran harga segitu, maka masyarakat yang sedang berburu mobil untuk harian bisa mendapatkan alternatif kendaraan ramah lingkungan dan mudah dalam penggunaan. 

Perkiraan Spesifikasi Wuling EV, Cocok Untuk Mobil Komuter

Wuling EV Bakal Dijual di Harga Under Rp300 Juta, Spesifikasinya Siap Gantikan Suzuki Baleno Dkk? 03

Dengan ukurannya yang minimalis, Wuling EV ini memang disiapkan sebagai mobil perkotaan. Meskipun demikian, range jarak tempuhnya bisa cukup jauh sehingga cukup seminggu sekali melakukan pengisian daya dari kondisi kosong sampai penuh. 

"Menurut pengamatan kami, mayoritas pengguna mobil di perkotaan ini menempuh jarak di bawah 50 kilometer setiap hari. Mobilnya juga hanya digunakan sendiri atau berdua," jelas Danang. 

Lebih lanjut, Danang menyebut bila pihaknya masih dalam tahap memastikan jarak yang dibutuhkan. Dalam hal ini, Wuling EV memakai basis platform GSEV menunjang customised range. Jarak tempuh yg ditawarkan akan memenuhi kebutuhan market di Indonesia. 

"Jarak tempuh yang ditawarkan mulai dari 200 sampai 300 kilometer. Dengan jarak segitu kita percaya diri mobil compact ini bisa digunakan sehari-hari," sebutnya. 

Wuling EV Bakal Dijual di Harga Under Rp300 Juta, Spesifikasinya Siap Gantikan Suzuki Baleno Dkk? 04

Lantas bagaimana dengan pengisian daya listrik Wuling EV ini? Apakah praktis untuk listrik rumahan? 

Nah untuk hal ini, Wuling Motors mematikan kalau portable charging di Wuling EV ini begitu praktis dan bisa digunakan untuk daya listrik rumahan. Namun untuk pengisian daya cepat, tetaplah butuh mengisi di SPKLU. 
 
"Untuk home charging scenario, semua EV bisa dicharge asal daya mencukupi. Platform GSEV ini mendukung pengisian di rumah dan kita rancang utk sehari-hari. Portable charger-nya sama seperti saat kita mengisi daya laptop," jelas Danang.

Penampilan Wuling EV, Futuristik!

Wuling EV Bakal Dijual di Harga Under Rp300 Juta, Spesifikasinya Siap Gantikan Suzuki Baleno Dkk? 05

Secara keseluruhan, mobil listrik Wuling berbasis GSEV ini mengusung versatile compact design yang menjadikannya mudah digunakan dan dikendarai, serta mudah ketika diparkir oleh konsumen di berbagai kondisi lalu lintas perkotaan. Berkat kehadiran curved-tech body line yang dikombinasikan dengan minimalist dual-tone color scheme membuat kendaraan ini tampil stylish.

Wuling EV menggunakan Extended Horizon LED Daytime Running Light yang dikombinasikan dengan strip chrome serta trim hitam. Illuminous Wuling logo pada bagian depan pun menambah kesan modern.

Wuling EV Bakal Dijual di Harga Under Rp300 Juta, Spesifikasinya Siap Gantikan Suzuki Baleno Dkk? 06

Pada sisi samping, terdapat futuristic rearview mirror dengan desain seperti melayang namun tetap kokoh untuk memberikan kesan ringan. Aero-craft cabin window yang berada di baris kedua semakin mempertajam elemen masa depan kendaraan listrik Wuling ini. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Wuling Mini EV Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil