window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bikin Melongo, Empat Yamaha XSR 155 Dirombak Habis Builder Yard Built Jateng-Yogyakarta

Harry · 27 Mar, 2022 12:00

Bikin Melongo, Empat Yamaha XSR 155 Dirombak Habis Builder Yard Built Jateng-Yogyakarta 01

Empat Yamaha XSR 155 hasil modifikasi.
  • Diseleksi dari 20an builder yang mendaftar.
  • Empat motor menampilkan konsep berbeda-beda.
  • Wajib pertahankan rangka Deltabox.

Program modifikasi Yamaha Yard Built dengan menggandeng builder kenamaan Tanah Air terus bergulir. Kali ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melanjutkan kegiatan tersebut di area Jawa Tengah (Jateng) dan Yogyakarta setelah sebelumnya di Jakarta, Bandung dan Bali.

Program Yamaha Yard Built ini menampilkan karya-karya modifikasi Yamaha XSR 155 hasil kreasi builder setempat yang telah diseleksi. Sebanyak empat builder terpilih memamerkan karyanya pada hari Sabtu (26/3/2022) di Yogyakarta.

"Untuk program Yamaha Yard Built Jateng-Jogja ini kita seleksi dari 20an builder yang mendaftar dan mengirimkan sketsa modifikasinya. Kita seleksi dan terpilih empat builder ini untuk custom Yamaha XSR 155," jelas Zaldiansyah Koordinator Promosi Yamaha DDS 3 Jateng-DIY.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Yamaha XSR 155 2021 Dijual Rp 36,58 Juta, Cicilannya Mulai Dari Rp 1,2 Jutaan Saja

Keempat modifikator terpilih pun mendapatkan sebuah unit Yamaha XSR 155 yang bisa dijadikan bahan untuk custom. "Kami hanya meminta tidak menghilangkan rangka Deltabox dan juga panel pelat side panel, sisanya bebas," tambahnya.

Hasilnya adalah empat buah motor modifikasi yang bikin melongo awak media dan juga rekan komunitas Yamaha XSR Brotherhood Indonesia chapter Jogja yang hadir di lokasi. Apalagi jika bukan karena karya-karyanya yang memang istimewa.

Bikin Melongo, Empat Yamaha XSR 155 Dirombak Habis Builder Yard Built Jateng-Yogyakarta 01

Seluruh modifikator dan perwakilan Yamaha DDS 3.

"Jogja dikenal sebagai salah satu wilayah dengan perkembangan custom motor yang cukup pesat dan penuh antusiasme sehingga cepat mengikuti tren, serta lingkup modifikasinya kental dengan sentuhan seni. Hadirnya Yamaha XSR 155 ikut menggairahkan perkembangan custom di Jogja," sambung Johannes B.M.S, Chief Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah & Jogja).

Berikut beberapa karya builder yang terpilih yakni Hendra Cahyono (Pap n Mam Modified), Denny Andrean “Jandro” (Disaster 13), Yonatan Ricky (DM Work Motorcycle), dan Wendy Purnama (W Bike Kustom).

Baca juga : Yamaha XSR 155 2021 Punya Warna Baru, Simak 5 Keunggulan Motor Sport Retro Modern Ini

Yamaha XSR 155 Chopper Pancaka

Bikin Melongo, Empat Yamaha XSR 155 Dirombak Habis Builder Yard Built Jateng-Yogyakarta 02

Yamaha XSR 155 custom bergaya chopper.

Rangka Deltabox yang jadi ciri khas Yamaha XSR 155 disulap agar menjadi pas dengan konsep chopper yang dipilih Denny Andrean dari bengkel modifikasi Disaster 13. Pria akrab disapa Jandro ini memang spesialis garap chopper.

Yang unik adalah bentuk tangki bahan bakar motor bernama Pancaka ini, yang jika dilihat dari atas menyerupai peti mati. "Ini sebagai tribute momen pandemi agar segera berakhir," kata Jandro.

Yamaha XSR 155 Modern Flat Track

Bikin Melongo, Empat Yamaha XSR 155 Dirombak Habis Builder Yard Built Jateng-Yogyakarta 03

Modern Flat track dengan lampu pop up style dan spion kamera.

Dengan memundurkan roda belakang juga membuat uni body alias bodi yang utuh dari depan sampai belakang, bengkel Pap N Mam ini menggarap Yamaha XSR 155 dengan konsep modern flat track, yang tampil futuristis dan sangat modern.

Baca juga : Modifikasi Yamaha XSR 155 Supermoto, Inspirasi Buat yang Bosan Tampilan Standar

"Flat track yang identik dengan gaya motor lama, coba kita kemas dengan taste kami, dengan bodi alumunium dan penggunaan lampu motorized depan dan belakang. Depan pakai model pop up style dan spion yang kami ganti dengan kamera," kata Hendra.

Yamaha XSR 155 Big Wheels BWXSR155

Bikin Melongo, Empat Yamaha XSR 155 Dirombak Habis Builder Yard Built Jateng-Yogyakarta 04

Pakai ban lebar dengan pelek dari ATV.

Dengan konsep terinspirasi dari Yamaha BW200, Yamaha XSR 155 dirombak dengan menggunakan ban lebar yang dicomot dari ATV. Tentu saja pelek pun dari ATV juga, hanya saja bagian tromol di-custom ulang.

"Karena ban yang lebar, untuk rantai kami juga buatkan transfer case, menggunakan dua final gear. Pertama 16-16 dan keduanya 16-46. Ini bagian tersulit, namun transfer case custom ini sudah terbukti kuat dan motor bisa dipakai normal," ujar Wendy Purnama dari W Bike Custom.

Yamaha XSR 155 Infinite Dirt Bike

Bikin Melongo, Empat Yamaha XSR 155 Dirombak Habis Builder Yard Built Jateng-Yogyakarta 05

Infinite Dirt Bike paling simple namun berkelas.

Terinspirasi dari motor cross tahun 1980-an, yang tampil klasik namun dikemas modern agar masih ada nyawa dari Yamaha XSR 155. Tampilannya cenderung simple dan fungsional.

Baca juga : Kelir Baru Bikin Yamaha XSR 155 2022 Tampil Lebih Segar, Begini Detail Lengkapnya

"Makanya sub frame kami buatkan knock down yang bisa dilepas-lepas. Dan bentuknya tak dibuat ekstrim agar detail tetap rapi dan inti motor pabrikan tidak hilang," kata Yonathan.

Untuk detail modifikasi masing-masing motor, tunggu di artikel selanjutnya.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });