window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cari Skutik Yang Bisa Terhubung Smartphone? Pilihannya Tak Hanya Yamaha Nmax 155 Connected Loh

Harry · 5 Apr, 2021 17:00

Dahulu fitur konektivitas yang mampu menghubungkan kendaraan dengan smartphone pengendaranya, hanya tersedia untuk kendaraan roda empat. Kini teknologi tersebut mulai merambah sepeda motor.

Pada motor, fitur konektivitas ini umumnya mampu menginformasikan pada pengendara jika ada panggilan atau pesan masuk, seperti sms, Whatsaap atau email. Jika penting, pengendara bisa menepi untuk membaca pesan tersebut.

Cari Skutik Yang Bisa Terhubung Smartphone? Pilihannya Tak Hanya Yamaha Nmax 155 Connected Loh 01

Y-Connect pada Yamaha Nmax 155 2021.

Bahkan pada beberapa motor bisa sebagai pencari lokasi motor terparkir dan juga disematkan sistem navigasi juga loh. Ya, kinerjanya tak kalah dengan yang ada pada mobil bukan?

Baca juga : Simak Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Nmax 155 Connected 2021, Rp 31 Juta Dapat Fitur Konektivitas

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Menariknya fitur tersebut juga banyak diterapkan pada motor jenis skutik. Alhasil, Anda yang ingin merasakan fitur canggih itu, tak perlu keluar uang terlalu banyak, karena bisa dimiliki dengan harga mulai dari Rp 20 jutaan saja.

Mulai tertarik dan ingin melihat apa saja skutik dengan fitur konektivitas? Berikut daftarnya untuk Anda.

Cari Skutik Yang Bisa Terhubung Smartphone? Pilihannya Tak Hanya Yamaha Nmax 155 Connected Loh 01

Yamaha Nmax 155 dengan fitur konektivitas.

Yamaha Nmax 155 2021

Ini skutik yang cukup menghebohkan berkat kehadiran fitur konektivitas pertama untuk skutik 150 cc pabrikan Jepang. Fitur pada Yamaha Nmax 155 bisa digunakan melalui aplikasi Y-Connect yang diunduh pada smartphone pengendara.

Fitur tersebut bekerja berkat adanya komponen yang disebut Communication Control Unit (CCU) dengan basis Bluetooth. Di dalamnya, pemilik motor bisa mengetahui beragam informasi terkait status kendaraan.

Cari Skutik Yang Bisa Terhubung Smartphone? Pilihannya Tak Hanya Yamaha Nmax 155 Connected Loh 02

Penjelasan Y-Connect di Yamaha Nmax 155.

Mulai dari pengingat servis, umur oli, kondisi aki, lokasi parkir terakhir, konsumsi bahan bakar, info malfungsi motor, info panggilan dan pesan masuk serta fitur rangking untuk adu irit dan membandingksn odometer antar sesama pengguna.

Pada Yamaha Nmax 155, fitur Y-Connect hanya tersedia untuk tipe Connected seharga Rp 31,1 juta dan tipe Connected/ABS yang dilepas Rp 33,85 juta on the road Jakarta.

Baca juga : Hampir tak Dilirik, Padahal Kymco Like 150i lebih Canggih dari Yamaha NMax

Yamaha Aerox 155 Connected 2021

Skutik paling terjangkau tapi memiliki fitur konektivitas ada pada sosok Yamaha Aerox 155 Connected. Bahkan fitur canggih ini bisa dimiliki hanya dengan nominal Rp 20 jutaan saja.

Sistem yang digunakan sama dengan Yamaha Nmax 155, terdapat modul CCU yang bisa menghubungkan motor dengan smartphone pengendara. Fungsinya pun relatif sama dengan saudara satu pabriknya itu.

Cari Skutik Yang Bisa Terhubung Smartphone? Pilihannya Tak Hanya Yamaha Nmax 155 Connected Loh 03

Y-Connect pada Yamaha Aerox 155 Connected 2021.

Menariknya fitur konektivitas sudah jadi standar untuk semua tipe Yamaha Aerox 155 Connected. Harga termurah bisa didapatkan dengan nominal Rp 25,5 juta saja untuk tipe non ABS. Lalu nominal Rp 29 juta jika memilih tipe ABS. Harga on the road Jakarta ya.

Kymco Like 150i 2021

PT Smart Motor Indonesia (SMI) sebagai APM merek asal Taiwan ini mengenalkan Kymco Like 150i tahun 2019 lalu, dengan dibekali fitur Kymco Noodoe. Inilah fitur konektivitas yang ditawarkan Kymco untuk skutik stylish-nya itu.

Pada panel meter terdapat sebuah layar digital bulat, yang bisa menampilkan informasi kecepatan, jam, kondisi cuaca, GPS, kompas, notifikasi pesan dan telpon masuk bahkan galeri foto.

Cari Skutik Yang Bisa Terhubung Smartphone? Pilihannya Tak Hanya Yamaha Nmax 155 Connected Loh 04

Kymco Like 150i 2021.

Untuk penunjuk kecepatan, latar belakang layarnya bisa dicustom sesuai selera atau bisa juga pakai foto pribadi. Pengaturan latar belakang ini juga berlaku untuk penunjuk jam dan cuaca.

Untuk GPS, akan tampil berupa tanda panah sebagai penunjuk arah, dilengkapi dengan jarak tempuh, perkiraan waktu tiba hingga nama jalan yang dilalui. Sedangkan fitur kompas, akan mendeteksi tempat-tempat penting seperti SPBU, toko dan lainnya.

Tak hanya itu, lewat Kymco Noodoe Anda juga bisa melacak lokasi parkir motor, pencatat perjalanan harian hingga bisa terhubung dengan pengguna Kymco Noodoe secara global. Pastinya untuk bisa menggunakan fitur tersebut, Anda harus mengunduh aplikasi Kymco Noodoe terlebih dulu.

Baca juga : Supaya Tak Bingung, Begini Cara Pakai Y-Connect di Yamaha Aerox 155 Connected 2021

Cari Skutik Yang Bisa Terhubung Smartphone? Pilihannya Tak Hanya Yamaha Nmax 155 Connected Loh 05

Layar digital Kymco Like 150i menampilkan panggilan tak terjawab.

Untuk bisa merasakan beragam fitur canggih tersebut, Kymco Like 150i  juga dibanderol dengan harga yang masih relatif terjangkau. "Harganya Rp 35,5 juta on the road Jakarta," ujar  Chandra Permana, Public Relation SMI.

Vespa GTS Super Tech 300 2021

Kalau Vespa identik dengan motor yang bergaya retro modern, pandangan itu seakan pupus setelah mereka merilis Vespa GTS Super Tech 300. PT Piaggio Indonesia (PID) pun menghadirkan skutik tersebut tahun 2019 lalu.

Cari Skutik Yang Bisa Terhubung Smartphone? Pilihannya Tak Hanya Yamaha Nmax 155 Connected Loh 06

Vespa GTS Super Tech 300 tembus Rp 150 juta.

Sedikit berbeda dengan lainnya, konektivitas Vespa GTS Super Tech 300 bisa digunakan melalui aplikasi Vespa MIA. Jika sudah terhubung, ada banyak sekali fungsi yang bisa digunakan pengendaranya.

Misalnya perintah suara, karena antara smartphone, motor dan interkom pada helm bisa saling terhubung. Perintah suara tadi bisa untuk melakukan perintah memutar musik atau menghubungi seseorang.

Cari Skutik Yang Bisa Terhubung Smartphone? Pilihannya Tak Hanya Yamaha Nmax 155 Connected Loh 07

Navigasi Vespa GTS Super Tech 300 2021.

Panel meter dengan layar TFT juga berfungsi untuk menampilkan navigasi, yang berupa penunjuk jalan, kecepatan, jarak tempuh dan estimasi kedatangan. Menarik bukan?

Vespa GTS Super Tech 300 ini dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi, seharga mobil LCGC karena dijual Rp 153,3 juta on the road Jakarta. Tapi selain fitur tadi, Anda juga akan mendapatkan Vespa paling bertenaga saat ini.

Baca juga : Vespa GTS Super Tech 300 Bisa Dicicil Tanpa Bunga, Masih Ada Untungnya?

BMW C400GT 2021

Masuk kelas premium, PT Maxindo Moto Nusantara selaku distributor BMW Motorrad memiliki skutik canggih, dengan sokodangan fitur konektivitas. Pertama adalah BMW C 400 GT.

Skutik berdesain sporty nan mewah ini memiliki fungsi konektivitas untuk melakukan panggilan, menerima pesan masuk hingga navigasi. Tentunya setelah Anda mengunduh aplikasi BMW Motorrad Connected.

Cari Skutik Yang Bisa Terhubung Smartphone? Pilihannya Tak Hanya Yamaha Nmax 155 Connected Loh 08

BMW C400GT.

Setelah melakukan pairing, smartphone dengan motor, interkom pada helm juga harus terhubung. Pihak BMW Motorrad sendiri juga menyediakan interkom yang dijual terpisah.

Enaknya layar TFT pada panel meter BMW C400GT ini sangat lebar, sehingga saat fungsi navigasi di jalankan, akan sangat memudahkan. Informasi yang ditampilkan berupa penunjuk arah, jarak tempuh tiap tikungan, estimasi tiba dan jarak yang harus ditempuh.

Masuk kasta premium, Anda yang ingin memilikinya harus menebus dengan harga Rp 279 juta off the road Jakarta. Tambahkan 15% untuk mendapatkan nominal on the road Jakarta.

Cari Skutik Yang Bisa Terhubung Smartphone? Pilihannya Tak Hanya Yamaha Nmax 155 Connected Loh 09

Navigasi pada BMW C400X dan C400GT.

BMW C400X 2021

Memiliki penampilan yang agak berbeda karena mengusung gaya-gaya ala keluarga BMW GS. Tentunya dengan fitur konektivitas akan semakin menambah value dari motor ini.

Cara kerjanya sama dengan milik BMW C400GT, Anda harus terlebih dulu mengunduh aplikasi BMW Motorrad Connected. Layar TFT berukuran besar dan pengaturan panel meter yang mudah akan membuatnya nyaman digunakan.

Jika BMW C400GT masih terlalu mahal untuk Anda, namun hati tetap ingin skutik dari BMW, maka BMW C400X ini bisa menjadi pilihan. Harganya dijual lebih murah yakni Rp 259 juta off the road Jakarta.

Cari Skutik Yang Bisa Terhubung Smartphone? Pilihannya Tak Hanya Yamaha Nmax 155 Connected Loh 10

BMW C400X bergaya ala BMW GS Series.

Kesimpulan

Perlahan tapi pasti, teknologi yang dulu hanya ada pada mobil kelas atas, kini mulai merambah pada sepeda motor. Bahkan dengan Rp 20 jutaan Anda sudah bisa mendapatkan motor dengan fitur konektivitas.

Tentu harapannya fitur seperti ini akan lebih banyak digunakan oleh pabrikan, khususnya untuk motor kelas menengah. Sehingga semakin banyak kalangan yang bisa menikmati kecanggihan teknologi ini pada roda dua.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });