window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Impresi Pertama Mengendarai Yamaha Fazzio 2022, Enteng Dan Lincah!

Fariz · 5 Feb, 2022 08:30

Impresi Pertama Mengendarai Yamaha Fazzio 2022, Enteng Dan Lincah! 01

Impresi pertama mengendarai Yamaha Fazzio Hybrid-Connected
  • Terasa ringan dan lincah dengan berat isi hanya 95 kg
  • Karakter suspensi terasa cukup untuk pengendara 60 kg
  • Posisi berkendara santai ala skutik perkotaan

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengadakan event kelanjutan dari kehadiran Yamaha Fazzio Hybrid-Connected. Jika sebelumnya acara launching resmi, kali ini YIMM mengundang beberapa media juga komunitas untuk mencicipi Yamaha Fazzio 2022.

Acara yang dilaksanakan di sebuah café di bilangan Bogor, Jabar (3/2/2022) ini berlangsung sejak pagi hari yang dimulai dengan antigen pada semua panitia dan peserta yang hadir. “Setelah kami luncurkan keluarga terbaru Classy Yamaha yaitu Yamaha Fazzio Hybrid-Connected pada 17 Januari 2022 yang lalu langsung mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat.”

“Kali ini kami mengundang awak media dan komunitas untuk dapat merasakan secara langsung pengalaman berkendara dengan gaya hidup yang lebih berkelas, dengan merasakan langsung ketangguhan mesin Blue Core Hybrid 125cc yang ebih bertenaga, ramah lingkungan dan handal. Serta fitur Y-Connect yang dapat menghubungkan smartphone dengan motor pengendara melalui aplikasi Y-Connect, sehingga dapat mendukung mobilitas konsumen yang semakin aktif saat ini,” ungkap Antonius Widiantoro, Manager Public Relation & YRA YIMM.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Bobot Ringan

Yang paling terasa saat beberapa meter pertama berkendara menggunakan Fazzio adalah bobotnya yang ringan! Jadi di balik bodinya yang terlihat gendut, membulat, dan terlihat berisi ternyata cukup ringan saat dikendarai.

Impresi Pertama Mengendarai Yamaha Fazzio 2022, Enteng Dan Lincah! 01

Bobot yang ringan membuat Yamaha Fazzio cocok untuk digunakan di perkotaan

Baca juga: Yamaha Fazzio 2022 Jadi Incaran Buat Modifikasi, Keluar Dealer Langsung Dioprek!

Tentu saja ini sesuai dengan berat isi yang terdapat pada data spesifikasinya, hanya 95 kg. dengan motor yang ringan tentu memiliki beberapa kelebihan, pertama tentu saja pengendara tidak perlu tenaga ekstra untuk mengendalikan Fazzio.

Ini membuat motor terasa lincah, seperti saat ingin berbelok atau ketika ingin menghindari lubang di jalan secara cepat. Yang paling terasa tentu saat bermacet-macetan, motor bisa selap-selip dengan mudah dan kaki pengendara tidak terlalu lelah menahan motor.

Sehingga bisa dikatakan kalau Fazzio ini cukup cocok untuk dikendarai sehari-hari, terutama bagi kaum hawa. Yakin banyak wanita yang pakai motor ini nantinya.

Karakter Suspensi Yamaha Fazzio 2022

Suspensi belakang punya karakter yang lebih lembut jika dibanding FreeGo atau Gear 125. Untuk pengendara 60 kg masih tergolong nyaman, walaupun ketika melewati jalan bergelombang atau tambalan secara cepat akan terasa hentakan yang agak keras, tapi masih dalam batas wajar.

Impresi Pertama Mengendarai Yamaha Fazzio 2022, Enteng Dan Lincah! 02

Suspensi depan terkadang bottoming ketika melewati jalan rusak dengan cepat

Baca juga: DDS Jakarta Kenalkan Yamaha Fazzio 2022, Sasar Konsumen Anak Muda

Sedangkan suspensi depannya ternyata punya karakter yang mirip dengan FreeGo. Di mana suspensi langsung amblas ketika dinaiki, ini membuat sisa travel (jarak main) saat dikendarai sudah tidak terlalu banyak.

Memang saat dikendarai di kontur jalan yang mulus serta bergelombang tidak ada masalah berarti, tapi ketika menghantam lubang jalanan atau polisi tidur yang agak lancip barulah terasa jedug alias bottoming akibat suspensi yang menekan sampai habis.

Posisi Berkendara Yamaha Fazzio 2022

Di segi posisi berkendara rasanya tidak ada masalah berarti, posisi badan dibuat santai akibat posisi setang tinggi. Desain setang juga cenderung melebar, tidak sampai menekuk ke dalam, sehingga cukup nyaman bagi pergelangan tangan.

Handgrip yang digunakan serupa dengan milik Fino, di mana desainnya klasik dengan diameter handgrip tebal membuat cengkraman telapak tangan lebih presisi saat mengendarai Fazzio.

Impresi Pertama Mengendarai Yamaha Fazzio 2022, Enteng Dan Lincah! 03

Fazzio menyuguhkan posisi berkendara yang santai dan nyaman

Baca juga: Alasan Yamaha Fazzio 2022 Diseting Punya Kompresi Mesin Tinggi

Tinggi jok 750 mm tergolong pas untuk rata-rata postur orang Indonesia. Tapi sayang, desain jok lebar yang sebenarnya nyaman jadi kurang terasa menyenangkan akibat karakter busa yang keras.

Bokong jadi terasa sedikit pedas jika berkendara lama.
Pengendara 170 cm pun bisa menapakan kaki dengan baik, ditambah dek pijakan kaki pengendara terbilang luas. Ukuran sepatu 43 masih punya ruang untuk maju mundur bahkan kanan dan kiri. 

Panel Meter Yamaha Fazzio 2022

Saat melihat area panel meter dari posisi pengendara, memang rasanya cukup unik dan butuh waktu untuk menerima desainnya. Itu karena desainnya begitu lonjong, padahal layar panel meternya sendiri tidak terlalu besar.

Sudah digital dengan latar gelap alias negative display, bikin informasi yang tersuguhkan lebih jelas dilihat. Seperti saat pengetesan di siang hari yang terik, informasi masih dapat dilihat dengan jelas.

Impresi Pertama Mengendarai Yamaha Fazzio 2022, Enteng Dan Lincah! 04

Desain batok Fazzio melonjong dengan spidometer persegi

Baca juga: Yakin Mau Beli Yamaha Fazzio 2022? Honda Scoopy 2022 Punya 5 Kelebihan Ini Lho

Ketika smartphone sudah terkoneksi melalu Y-Connect, indikator App dan indikator kapasitas baterai akan langsung muncul. Ketika ada pesan masuk pun indikator pesan langsung berkedip untuk memberi tanda.

Pengereman Yamaha Fazzio 2022

Fazzio hanya dibekali rem cakram untuk sisi depan, sedangkan yang belakang masih menggunakan tromol. Yang depan andalkan cakram mungil sekitar 200 mm yang diapit kaliper 1 piston.

Karakter pengeremannya khas akan matic 125 Yamaha, di mana tekanan master rem terasa empuk namun ampuh menahan laju Fazzio dengan baik.

Kesimpulan

Desain yang nampak membulat ternyata memiliki bobot isi yang sangat ringan, membuat Yamaha Fazzio 2022 menyenangkan dikendarai. Tinggi jok 750 mm tentu akan memudahkan siapa saja untuk bisa mengendarainya.

Sistem hybridnya meski buat berjenis full time, namun mampu menambah daya dorong saat berakselerasi awal. Hal ini sangat membantu untuk pengendaraan sehari-hari di kota yang padat.

Spesifikasi Yamaha Fazzio Hybrid – Connected 2022
Tipe mesin 4-tak, SOHC, 2 katup, pendingin udara
Diameter X langkah 52,4 mm x 57,9 mm
Kapasitas mesin 124,8 cc
Perbandingan kompresi 11:1
Tenaga maksimal 8,4 ps @6.500 rpm
Torsi maksimal 10,6 Nm @4.500 rpm
Kapasitas oli mesin 0,84 liter
Tipe transmisi Automatic
Tipe rangka Underbone
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Unit Swing
Ban depan Dunlop Scoot Smart 110/70-12 tubeless
Ban belakang Dunlop Scoot Smart 110/70-12 tubeless
Rem depan Cakram
Rem belakang Tromol
P x L x T 1.820 mm x 685 mm x 1.125 mm
Jarak sumbu roda 1.280 mm
Jarak terendah ke tanah 135 mm
Tinggi tempat duduk 750 mm
Berat isi 95 kg
Kapasitas tangki bensin 5,1 liter
Tipe busi CR6HSA
Sistem pengapian TCI
Battery YTZ6V

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });