window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kelistrikan dan Rangka Yamaha Lexi Jadi Awet, Ini Rahasianya!

Fariz · 2 Jul, 2023 08:00

Kelistrikan dan Rangka Yamaha Lexi Jadi Awet, Ini Rahasianya! 01

Sepatbor Yamaha Lexi jadi panjang
  • Perlu melubangi sepatbor untuk memasang 3 baut pengencangnya.
  • Jadi lebih ampuh menahan cipratan air dari ban.

Cipratan air dari sepatbor jika dibiarkan, punya dampak negatif terhadap motor. Misalnya saja setelah melibas genangan air. Sisa kotoran yang kalau tidak dibersihkan, berpotensi merusak komponen kelistrikan. Kenyataannya, masalah demikian bisa mengancam pemilik Yamaha Lexi (Spesifikasi | Berita)

Untuk motor matic, umumnya dibekali dengan sepatbor depan lebih pendek di sisi belakang. Model ini pun dapat ditemui pada Yamaha Lexi. Yang dikhawatirkan adalah cipratan air dari roda bisa masuk hingga ke dalam bodi atau rangka utama.

Jika dibiarkan tentu cukup berbahaya, mengingat banyaknya komponen kelistrikan di balik bodi depan matic buatan Yamaha ini. Sebut saja reflektor lampu utama hingga Engine Control Unit atau ECU.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tambahan Sepatbor Yamaha Lexi

Namun, bukan berarti kondisi tersebut tidak ada solusinya! Salah satu cara untuk mengantisipasi hal ini bisa dengan memasang sambungan tambahan di sisi belakang sepatbor depan.

Kelistrikan dan Rangka Yamaha Lexi Jadi Awet, Ini Rahasianya! 01

Satu paket dibanderol Rp 50 ribuan

Baca juga: Viral Yamaha RX-King Ahmad Sahroni, Modif Hedon Bertema Iron Man

Penambahan item yang membuat sepatbor Yamaha Lexi lebih panjang, diharapkan lebih maksimal menghalau cipratan air dari roda. Selain itu, area kolong motor juga bisa lebih bersih.

Cuma Rp 50 Ribu dan Mudah Dipasang

Seperti sambungan sepatbor untuk Yamaha Lexi yang disediakan Ihsan Motoshop ini. “Harganya cuma Rp 50 ribu sudah berikut 3 baut, mur dan ring. Bahannya dari fiberglass,” buka Ihsan Mulya Yusuf owner Ihsan Motoshop.

Kelistrikan dan Rangka Yamaha Lexi Jadi Awet, Ini Rahasianya! 02

Sepatbor harus dilubangi terlebih dulu

Sementara untuk pemasangan, langkah pertama yang harus dilakukan ialah melepas sepatbor dengan membuka keempat baut pengunci menggunakan kunci L 5. Setelah semua bautnya terlepas, cukup tarik sepatbor lalu ukur dan bor 3 titik untuk baut penguncinya tadi.

Terakhir, aplikasikan sepatbor tambahan lengkap dengan baut pengencangnya. Pasang menggunakan obeng kembang dan tahan mur di sisi belakang dengan kunci ring 8 mm. Lalu, pastikan ketiga penguncinya kencang agar tidak lepas ketika berkendara.

Kelistrikan dan Rangka Yamaha Lexi Jadi Awet, Ini Rahasianya! 03

Pastikan ketiga bautnya kencang

Baca juga: 5 Fakta Yamaha New Jupiter MX, Murah dan Cocok Buat Bahan Modif

Kelistrikan dan Rangka Yamaha Lexi Jadi Awet, Ini Rahasianya! 04

Sisi belakang sepatbor Lexi kini lebih panjang

Setelah sambungan sepatbor depan terpasang, terlihat jelas bahwa dimensi sepatbor depan Yamaha Lexi kini lebih panjang. Namun yang terpenting, area kolong sisi depan akan lebih bersih dibanding sebelumnya.

Jadi lebih bersih dan awet deh…

Ihsan Motoshop 0812-1888-9018

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });