window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Meluncur di Thailand, Harga Yamaha NMax Connected Tembus Rp42 Jutaan

Ary · 24 Mar, 2021 11:00

Konektivitas yang ditawarkan Yamaha Indonesia merambah ke negeri Gajah Putih. Bukan sekadar mengusung "Smart Connected Life" sebagai tema utama pada keikutsertaannya di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2021. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkannya untuk memperkenalkan Yamaha NMax Connected 2021. 

Yamaha NMax Connected 2021 Meluncur di Thailand

Yamaha NMax Connected 2021 meluncur di Thailand pada ajang Bangkok Internation Motor Show (BIMS).

Seperti disampaikan melalui keterangan rilisnya, NMax terbaru kini memiliki konektivitas gawai. Sama seperti kelengkapannya di Indonesia, ia pun sudah mendapatkan perangkat CCU (communication Control Unit). Ya, peranti yang dipasang untuk sarana menghubungkan smartphone dengan Yamaha NMax via jaringan Bluetooth.

Notifikasi Telepon, Email dan Pesan Singkat

Setelah terhubung melalui aplikasi Y-Connect, pemilik dapat mengetahui jika ada panggilan telepon, pesan singkat bahkan email masuk. Pemberitahuan tersebut akan muncul di panel meter digital Yamaha NMax 2021 ini. 

Rekomendasi Perawatan

Informasi lain seputar rekomendasi perawatan juga tersedia di aplikasi tadi. Hal utama yang bisa dilihat adalah mengenai status oli mesin dan aki motor. Jika logo keduanya sudah berwarna merah, maka harus segera dilakukan penggantian.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga: Semenggugah Apa Konektivitas Gawai Yamaha NMax 2021, Siapa saja Rivalnya di Indonesia?

Fitur Yamaha NMax Connected 2021

Melalui aplikasi Y-Connect, pemilik Yamaha NMax Connected bisa mengetahui panduan perawatan berkala.

Notifikasi Malfungsi

Dari smartphone itu pula pemilik Yamaha NMax Connected di Thailand, bakal diberitahu jika ada malfungsi. Ketika adanya masalah, ECU motor bakal menginformasikannya ke CCU, untuk kemudian diteruskan aplikasi Y-Connect. Disaat bersamaan, ada pemberitahuan ke email yang berisi notifikasi malfungsi. 

Konsumsi Bahan Bakar dan Ranking

Ada lagi hal lain yang bisa dimanfaatkan dari Y-Connect. Sebut saja informasi mengenai konsumsi bahan bakar. Selain dari panel meternya, konsumen dapat mengetahui seberapa irit cara berkendaranya via aplikasi itu. Menariknya lagi, pencapaiannya bakal ditampilkan lewat peringkat (ranking) antar sesama pengguna NMax Connected. 

Yamaha NMx Connected Thailand 2021

Di Thailand, Yamaha NMax Connected Hadir dalam dua pilihan warna.

Baca juga: Lawan makin Tangguh, Ini Ragam Jurus Yamaha NMax Connected untuk Hadapi Honda PCX 160 2021

Revs Dashboard

Salah satu fitur paling atraktif adalah revs dashboard. Di smartphone akan muncul accelerometer digital berupa spidometer dan takometer. Jika koneksi berjalan baik, penunjukannya bakal akurat sesuai bukaan gas. Dari aplikasi tadi pula, pelanggan NMax bisa mencari kontak dari diler-diler yang ada di Thailand. 

Desain Sama seperti Yamaha NMax Connected versi Indonesia

Sebetulnya, tak ada yang baru soal tampang. Toh, versi basic Yamaha NMax generasi terbaru juga sudah hadir sejak tahun lalu di Thailand. Sama seperti sebelumnya, NMax Connected jua menggunakan fasad anyar yang terkesan kompak dan aerodinamis. Tengok saja desain windshield yang sekarang. Rumah lampu utamanya pun sedikit lebih kecil. Namun, makin berkarakter karena terdapat list di bagian tengahnya.

Perubahan paling mencolok, tentu saja mengenai relokasi lampu sein. Sinyal belok padanya kini berpindah ke bagian bawah - mirip seperti penempatan sein pada Yamaha XMax. Perbedaan tak kalah keren, justru tampak pada bagian buritan. Selain bodi yang lebih melengkung, desain lampu belakang NMax 2021 jua lebih atraktif. 

Varian Warna Yamaha NMax Connected Thailand

Desain Yamaha NMax Connected versi Thailand sama dengan NMax di Indonesia.

Suguhan kokpit serbabaru pun disajikan Yamaha NMax anyar. Panel meter miliknya sekarang terkesan lebar. Informasi fundamental sepenuhnya ditampilkan dengan latar negatif display. Sementara untuk indikator yang ditandai dengan lampu, berpindah ke bagian atas layar utama. 

Baca juga: Bedanya Banyak Banget, Ini Perbandingan Yamaha NMax baru dan NMax Lama

Kebaruan terlihat karena di kedua bagian kini terdapat beberapa informasi tambahan. Pada panel meter, kedapatan indikator misalnya, lambang VVA (variable valve actuation) bakal menyala ketika teknologi pada jantung mekanis itu aktif. Di situ pula Anda dapat melihat, keterhubungan antara smartphone dengan NMax tadi. Ditandai oleh munculnya logo baterai smartphone dan App.

Fitur Stop & Start System Yamaha NMax 2021

Stop & Start System menjadi fitur baru yang dibawa Yamaha NMax 2021.

Sementara di atas layar utama, ada indikator Traction Control System (TCS), Anti-lock Braking System (ABS), Stop & Start System (SSS) hingga lambang telepon. Di bagian ini pun tak ada lagi tombol untuk mengatur tampilan layar seperti di NMax lama. Bukannya dihilangkan, karena tombol pengatur pada NMax terbaru itu sekarang berpindah ke area setang sebelah kiri. Memudahkan pengendara saat mengganti informasi, tanpa harus melepaskan tangan dari kemudi. 

Hal baru lain tersaji pada setang sebelah kanan. Di sini lah fitur penyala-mati mesin otomatis NMax ditemui. Saat tombol tersebut aktif, pemilik bisa mengoptimalkan penggunaan bahan bakar. Pasalnya, mesin akan mati otomatis saat idle dalam waktu 3-5 detik. 

Hanya Ada Dua Varian Yamaha NMax di Thailand

Selain itu, sistem pengunciannya juga sudah menggunakan jenis keyless. Kontak berupa knop itupun bersanding dengan tombol pembuka jok dan cover tangki bensin. Lalu di konsol sebelah kiri, sudah tersedia power outlet untuk mengisi daya ulang gawai.

Baca juga: Lirik Pasaran Harga Bekas Yamaha NMax

Seperti sebelumnya (versi non-connected), di Thailand juga hadir dengan kelengkapan rem ABS (anti-lock braking system). Opsi tersebut pun kembali ditawarkan pada Yamaha NMax Connected. Namun, selain sensor pengereman di kedua roda, varian ini juga mendapatkan fitur keselamatan tambahan berupa TCS. Dengan begitu, risiko roda belakang mengalami slip dapat diminimalisasi saat melalui jalan licin.

Traction Control Yamaha NMax Connected 2021

Traction Control pada Yamaha NMax Connected mencegah roda belakang mengalami slip.

Dari hal inipun terlihat, hanya ada dua varian Yamaha NMax di Thailand (Yamaha NMax dan Yamaha NMax Connected). Sementara kita ketahui Yamaha Indonesia menyediakan tiga opsi terdiri dari Yamaha NMax, Yamaha NMax Connected dan Yamaha NMax Connected ABS. 

Perbedaan Warna Yamaha NMax Thailand dan Indonesia

Begitu pula dengan pilihan warna. di Thailand, Yamaha NMax hadir dalam tiga varian warna yakni biru, hitam dan merah. Sedangkan Yamaha NMax Connected tersedia dalam dua opsi: Gray dan Gray-Blue. Khusus untuk kombinasi abu dan biru pada NMax Connected ini sama seperti penyajian pada Yamaha XMax di Indonesia yang belum lama ini dirilis. Sementara Yamaha NMax untuk pasar Indonesia, total menyediakan 10 warna.

Spesifikasi Yamaha NMax Connected Thailand

Varian Gray-Blue menjadi penawaran paling berbeda dari Yamaha NMax Connected di Thailand.

Harga Yamaha NMax Connected di Thailand lebih Mahal

Faktanya, tak hanya warna saja yang berbeda. Lantaran Yamaha NMax diimpor dari Indonesia, maka wajar jika Yamaha Thailand menetapkan harga lebih mahal dibanding harga Yamaha NMax di Indonesia. Di sana Yamaha NMax versi standar saja sudah 87.400 Baht atau setara Rp40 jutaan. Sedangkan Yamaha NMax Connected dipatok 91.900 Baht yang jika dikonversi menjadi Rp42,8 jutaan. 

Spesifikasi Yamaha NMax Connected 2021
P x L x T 1.935 x 740 x 1.160 mm
Sumbu Roda 1.340 mm
Tinggi Jok 765 mm
Jarak Terendah 124 mm
Kapasitas Tangki 7,1 liter
Berat 131 kg
Tipe Mesin 4-tak, SOHC 4 katup VVA, Blue Core
Kapasitas 155 cc
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Tenaga Maksimal 15,3 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimal 13,9 Nm @ 6.500 rpm
Transmisi Otomatis CVT
   
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda, dengan tabung
Ban Depan 110/70-13
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });