window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Motor Matic Lawas Gak Mesti Pakai Oli Mesin Kental, Ini Alasannya

Ary · 30 Nov, 2021 10:30

Perawatan motor matic lawas tak bisa disamakan dengan motor matic baru. Misalnya saja dalam hal penggunaan pelumas mesin. Sebagai contoh motor matic berusia di atas 5 tahun yang cenderung membutuhkan oli mesin lebih kental. 

Bukan tanpa alasan. Kebutuhan akan pelumas demikian diperlukan untuk menyiasati besarnya tingkat keausan pada komponen mesin. Seperti dilansir dari Federaloil.co.id, gap atau celah antara piston dan linier akan tercipta seiring usia dan pemakaian motor. 

Oli Mesin Motor Matic 5 Tahun Ke Atas

Motor Matic lawas tak mesti menggunakan oli mesin kental.

Baca juga: Yamaha NMax Gak Haram Pakai Federal Racing, Tapi?

"Bumbu" Khusus Dalam Pelumas 

Meski begitu, pemandangan tersebut tak sepenuhnya berlaku terutama pada oli mesin Federal Oil. Pada salah satu pelumas yang ditawarkan seperti Federal Matic Ultratec, kode SAE yang disajikan yakni 10W-30 sejatinya serupa dengan kebutuhan oli mesin Honda Beat baru. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Hanya saja, Federal Matic Ultratec yang memiliki spesifikasi lengkap API SJ dan JASO MB ini telah dilengkapi teknologi Double Act Cleaner. Soal fungsi, keberadaannya ditujukan agar pembersihan terhadap komponen mesin berlangsung lebih efektif. 

Dikatakan pula jika Federal Matic Ultratec mampu menjaga mesin dan gesekan berlebih dengan adanya Active Moly. Dan, dengan teknologi itu pula efisiensi bahan bakar dapat terjaga (klaim). 

Federal Matic Ultratec

Federal Matic Ultratec cocok untuk motor matic usia 5 tahun ke atas.

Baca juga: Mantap! Federal Oil Bakal Ramaikan MotoGP 2022, Gabung Gresini Racing Ducati

Dengan begitu, Federal Oil menghadirkan solusi terhadap kebutuhan para pemilik motor matic di atas 5 tahun.  Pasalnya, ada "bumbu" yang ditambahkan pihak pabrikan demi mengadaptasi perubahan pada mesin motor tersebut. 

Bukti Kepercayaan Masyarakat Terhadap Federal Oil

Tentu saja terapan teknologi-teknologi tersebut bisa ditemui pada oli mesin Federal Oil lain. Dan, berkat konsistensi memberikan produk yang sesuai kebutuhan motor itu pula Federal Oil diganjar penghargaan Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2021, kategori pelumas kendaraan bermotor khususnya sepeda motor matic. 

Disampaikan melalui keterangan rilis, penghargaan ini diberikan berdasarkan survei yang dilakukan pihak penyelenggara di kota-kota besar di Indonesia. Survei-nya sendiri menggunakan metode multistage random sampling terhadap 10 ribu responden dalam kurun waktu 3 bulan. 

Alhasil, Federal Oil dengan sub-merek Federal Matic muncul sebagai mereka terbaik versi IBBA 2021. Perlu diketahui pula, ini merupakan penghargaan keenam yang diraih Federal Oil bersama Federal Matic-nya.

Federal Oil IBBA 2021

Untuk keenam kalinya Federal Oil meraih penghargaan IBBA.

Baca juga: Naik Kelas dari Moto2, Federal Oil Resmi Jadi Sponsor Gresini Racing MotoGP Tahun Depan

"Kami terus berusaha membuat komunikasi yang relevant dengan situasi para pengendara motor matic saat ini, tantangan di masa pandemic membuat Federal Oil™ mencari cara supaya bisa tetap menghadirkan solusi bagi para pengendara motor matic. Kami menghadirkan produk yang sesuai kebutuhan, lebih aktif menjangkau konsumen melalui platform digital dan mengahadirkan berbagai macam program yang juga membantu masyarakat, bagi kami pandemi bukan halangan untuk tetap dekat dengan konsumen setia Federal Oil," ungkap Hasril Arsyad, Federal Oil Brand Marketing General Manager. 

Pada kesempatan serupa, Pablo Conrad selaku Marketing Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia mengaku keberhasilan merek Federal Oil merupakan konsistensi Federal Oil dalam membangun hubungan yang baik dengan konsumen setia Federal Oil dan pengendara motor di Indonesia. 

"Terimakasih kepada seluruh konsumen setia Federal Oil dan pengendara motor di Indonesia, penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan terhadap Federal Oil™ sebagai merek yang dipercaya mampu menjawab kebutuhan konsumen terlebih di masa pandemic ini," ujar Pablo usai menerima penghargaan, Kamis (25/11). 

Bukan cuma itu. Federal Oil pun kembali memboyong pengharagaan di ajang Top Brand Award 2021. Penghargaan ini juga merupakan bentuk penerimaan masyarakat, terhadap beragam upaya serius Federal Oil dalam memberikan produk pelumas yang sesuai dengan kebutuhan sepeda motor Tanah Air. Bukan saja peruntukkan motor matic, melainkan juga segmen lain yakni motor bebek sampai motor sport.

Federal Oil Raih Top Brand Award 2021

Federal Oil mendapatkan penghargaan Top Brand Award 2021.

Baca juga: Lupa Ganti Oli Mesin, WFH Dijamin bikin Kantong Jebol!

Patrick Adhiatmadja selaku Executive Chairman PT Federal Karyatama dan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia mengatakan, keberhasilan Federal Oil meraih penghargaan ini tersebut menjadi kebanggaan bagi Federal Oil. Menurutya, itu berarti Federal Oil sebagai sebuah brand dianggap mampu secara konsisten dalam memberikan solusi kepada konsumen di Indonesia. 

"Top Brand Award ini sendiri merupakan penghargaan kepada merek-merk yang berhasil mepertahankan brand equity-nya, sehingga kami terus terang bangga menjadi salah satu bagian salah satu merk yang telah bisa mempertahankan konsistensi awarness dari brand kita. Melalui Top Brand Award ini Federal Oil membuktikan kepada masyarakat, konsumen, bahwa kita adalah brand yang bisa dipercaya," pungkas Patrick. 

Sedikit informasi, Top Brand Award diberikan berdasarkan hasil survei yang melibatkan 14.040 responden di 15 kota besar di seluruh wilayah Indonesia. Metodologi pengumpulan data menggunakan wawancara langsung dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Survei ini menggunakan tiga paramater penilaian yaitu top of mind share, top of market share dan top of commitment share.

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });