Pakai Mesin Lama, Segini Catatan Performa Yamaha R15M Connected-ABS 2022
Harry · 19 Mei, 2022 08:30
0
0
Mesin lawas tetap dipertahankan.
Ada tambahan fitur Quick Shifter.
Bobot lebih berat darii versi biasa.
Persaingan segmen motor sport 150 cc semakin sengit. Kompetisi kelas ini melibatkan tiga pabrikan asal Jepang, dengan andalannya masing-masing. Setiap produk pun memiliki daya tarik berbeda-beda.
Yamaha sebagai salah satu pabrikan yang meramaikan, terus memanaskan persaingan. Setelah kehadiran Suzuki GSX-R150 dan update yang dilakukan Honda pada Honda CBR150R, Yamaha melawan balik.
Tahun lalu pabrikan garpu tala itu menghadirkan generasi terbarunya yakni Yamaha R15 Connected dan Yamaha R15M Connected-ABS. Yup, motor sport tersebut akhirnya hadir dengan dua varian dan ada teknologi ABS-nya.
Tentunya update yang dilakukan Yamaha terhadap jagoannya ini terhitung besar. Desain misalnya, tampangnya kini merujuk pada gaya desain R Series terbaru yang terinspirasi dari Yamaha R7.
Fascia depannya diisi sebuah lampu projector dengan LED, juga sepasang LED DRL yang mengapit. Bentuk fairingnya semakin menegaskan kesan sporty khas motor full fairing.
Meski begitu perubahan yang diberikan masih menyisakan desain lawas pada bagian tengah sampai belakang motor. Bentuk buritan masih mirip Yamaha R15 generasi sebelumnya, yang ala-ala Yamaha R1.
Masih Andalkan Mesin Lawas
Dan begitu pula saat melongok area dapur pacunya, yang masih percayakan mesin lawas. Spesifikasinya 155 cc, 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan dengan sokongan teknologi VVA.
Mesin ini pakai diameter piston 58 mm dan panjang langkah 58,7 mm, sehingga menghasilkan kapasitas mesin 155,1 cc. Perbandingan kompresinya 11,6:1 dengan klaim tenaga masikmal 19,3 ps di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm.
Sistem kopling manual dengan sokongan Assist & Slipper Clutch masih dipertahankan. Tapi kini ketambahan Quick Shifter khusus Yamaha R15M Connected-ABS, agar perpindahan gigi lebih cepat tanpa perlu harus menarik tuas kopling.
Tapi Quick Shifter yang digunakan hanya bisa untuk menaikan gigi saja, sedangkan menurunkan gigi tetap pakai kopling. Ini karena throttle body masih pakai kabel konvensional, belum throttle by wire jadi tidak bisa auto blipping.
Akselerasi Masih Mumpuni
Nah dengan ubahan desain dan penambahan fitur, seperti apa performa mesinnya ini? Diukur menggunakan Racebox yang berbasis satelit, dan dikendarai test rider berpostur 172 cm dan bobot 75 kg hasilnya tergolong impresif.
Dari posisi diam sampai 60 km/jam hanya butuh waktu 4,68 detik. Kemudian 0-80 km/jam butuh 7,87 detik. Lalu dari 0-100 km/jam memerlukan waktu 12,73 detik. Untuk jarak 0-402 meter tercatat 18,43 detik.
Tapi soal top speed, di spidometer motor bisa tembus 138 km/jam. Sedikit lebih lambat dibanding saat kami mencobanya di sirkuit Sentul beberapa waktu lalu yang sentuh 140 km/jam. Lalu top speed dari Racebox terbaca 126,23 km/jam.
Data Akselerasi Yamaha R15M Connected-ABS
0-60 km/jam
4,68 detik
0-80 km/jam
7,87 detik
0-100 km/jam
12,73 detik
0-100 meter
7,43 detik
0-200 meter
11,53 detik
0-402 meter
18,43 detik
Top Speed Racebox
126,23 km/jam
Top Speed Spidometer
138 km/jam
Kesimpulan
Meski pakai jantung pacu lawas, namun kinerjanya masih mumpuni untuk menggerakkan generasi terbaru Yamaha R15 ini. Apalagi pada versi teratas juga sudah dijejalkan fitur Quick Shifter dan Traction Control.
Tapi patut diingat, hal itu pula yang membuat motor ini jadi lebih berat dibandingkan versi R15 Connected biasa. Dan tentunya berdampak pada raihan top speed, seperti yang kami alami saat test ride di sirkuit Sentul.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil