window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pasang Switch Standar Samping Suzuki Nex II, Mesin Jadi Otomatis Mati!

Fariz · 16 Jul, 2023 09:00

Pasang Switch Standar Samping Suzuki Nex II, Mesin Jadi Otomatis Mati! 01

Memasang switch standar samping pada Suzuki Nex II
  • Pakai standar samping dan switch milik Suzuki Hayate.
  • Lebih aman karena mesin otomatis mati saat standar samping terbuka.

Suzuki Nex II (Spesifikasi | Berita) jadi salah satu motor matic yang masih belum punya fitur side stand switch, untuk keamanan ketika parkir.

Fitur ini cukup penting bagi sebuah motor matic, pasalnya motor tipe ini tidak memiliki posisi neutral seperti motor manual, artinya motor akan langsung jalan ketika gas diputar.

Memang beberapa motor matic Suzuki bisa dikatakan masih minim fitur jika dibandingkan dengan kompetitor, seperti spidometer yang masih analog dan lampu belum full LED.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Ini pun dikeluhkan oleh Mamet Rahardi salah satu pemilik Nex II dengan warna matte black, yang juga eks penunggang Suzuki Skywave. 

“Dulu Skywave ada fitur ini aman kalau punya anak kecil. Tapi makin ke sini kok fitur ini malah hilang, karena penting ya sudah pasang sendiri aja,” ujarnya.

Mamet yang senang oprek motor di rumahnya ini pun memasang fitur side stand switch pada Suzuki Nex II, dengan memanfaatkan komponen milik matic Suzuki lainnya.

Pakai Milik Suzuki Hayate

"Standar sampingnya Rp 71.500 pakai punya Hayate atau Skywave. Switch standar samping bisa pakai punya Hayate Rp 175 ribu lebih murah dibanding Skywave."

Pasang Switch Standar Samping Suzuki Nex II, Mesin Jadi Otomatis Mati! 01

Switch standar samping milik Hayate

"Standar samping Nex II lebih panjang sedikit, habis itu per pengait Hayate ada di belakang,” tunjuknya.

Baca juga: Touring Pakai Suzuki V-Strom 250SX Anti Nyasar! Coba Pakai Ini

Setelah komponen yang diperlukan sudah terkumpul, langkah selanjutnya bisa dengan melepas 2 baut pengunci bodi bawah dulu menggunakan obeng kembang, lalu lepas standar samping pakai kunci 14 mm. 

Karena ada perbedaan posisi cantolan per standar samping, maka harus dibuatkan dudukan baru di sisi belakang dan tidak lupa membuat dudukan untuk switch standar samping.

Pasang Switch Standar Samping Suzuki Nex II, Mesin Jadi Otomatis Mati! 02

Standar samping milik Hayate (atas) punya posisi per di belakang lengkap dengan tonjokan switch

“Cantolan per dipindah ke belakang. Lalu tambah pelat dan sambung pakai las, tukang las paham kok yang penting bawa switch sama standarnya untuk ngepasin,” tambah Mamet.

Kalau hal tersebut sudah rampung, berikutnya perlu memasang switch standar samping menggunakan baut serta kunci ring 10 mm, pasang per dan pasang standar samping pada posisinya.

Pasang Switch Standar Samping Suzuki Nex II, Mesin Jadi Otomatis Mati! 03

Perlu membuat dudukan switch standar samping dan per pada rangka Nex II

Baca juga: Aleix Espargaro Dapat Kado Suzuki GSX-RR, Masih Belum Pakai Winglet!

Lalu sambung kabel switch standar samping dengan kelistrikan pada Nex II agar bisa berfungsi normal.

“Yang paling simpel sambung di 1 kabel kontak untuk pemutus. Soket kontak kan ada 2 kabel, pilih salah satu aja terus dipotong dan sambung ke switch,” tunjuknya.

Pasang Switch Standar Samping Suzuki Nex II, Mesin Jadi Otomatis Mati! 04

Switch akan mematikan mesin ketika tidak ditekan atau ketika posisi standar samping terbuka

Kurang lebih seperti itu penampakan standar samping Nex II yang kini dilengkapi dengan side stand switch, mesin akan mati ketika switch tidak tertekan atau standar terbuka sehingga lebih aman.

Nambah 1 fitur deh!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });